👩🏻‍💼 PELAYAN TUHAN👨🏻‍💼

July 8, 2017 - Renungan

KATA ‘HAMBA’ DI DALAM BAHASA IBRANI ‘EBED’ DI DALAM BAHASA YUNANI ‘DOULOS’ ARTINYA ‘SERVANT’ ATAU ‘SLAVE’ DALAM BAHASA INDONESIA ARTINYA HAMBA, PELAYAN ATAU BUDAK.

DOULOS ATAU EBED BUKANLAH ORANG-ORANG YANG DILAYANI ATAU MEREKA YANG MENERIMA PELAYANAN TETAPI MEREKA ADALAH ORANG-ORANG YANG MEMILIKI PEKERJAAN MELAYANI TUANNYA SETIAP HARI SEUMUR HIDUP MEREKA.

KITA HARUS MENJADI HAMBA-HAMBA TUHAN YANG BAIK HAMBA-HAMBA TUHAN YANG MEMBERIKAN PELAYANAN YANG TERBAIK BAGI TUHAN❗

BAGAIMANA KITA MENGETAHUI BAHWA KITA ADALAH HAMBA-HAMBA YANG BAIK YANG MEMBERIKAN PELAYANAN YANG TERBAIK BAGI TUHAN❓

KITA BISA MELIHAT DAN MENGETAHUI DARI TOKOH-TOKOH DI DALAM ALKITAB. SALAH SATUNYA KITA BISA LIHAT CIRI-CIRI HAMBA TUHAN YANG BAIK YAITU DARI SEORANG MARIA. CIRI-CIRI HAMBA TUHAN YANG BAIK ADALAH MEREKA YANG:

1⃣✨ SIAP DAN TIDAK MALU MELAYANI SEPERTI SEORANG HAMBA/BUDAK.

PADA ZAMAN YESUS MEMINYAKI ATAU MEMBASUH KAKI ADALAH PEKERJAAN SEORANG PELAYAN/HAMBA/BUDAK (DOULOS)

✅YOHANES 12:3-5 Maka Maria mengambil setengah kati minyak narwastu murni yang mahal harganya, lalu MEMINYAKI KAKI YESUS DAN MENYEKANYA DENGAN RAMBUTNYA; dan bau minyak semerbak di seluruh rumah itu. Tetapi Yudas Iskariot, seorang dari murid-murid Yesus, yang akan segera menyerahkan Dia, berkata: “Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?”

2⃣✨ SIAP BERKORBAN MATERI.

MARIA MEMBELI MINYAK NARWASTU SEHARGA 300 HARI UPAH KERJA. GAJI 1 HARI KERJA WAKTU ITU ADALAH 1 DINAR. MARIA MEMBERIKAN PEMBERIAN YANG TERBAIK BAGI YESUS MELALUI MINYAK NARWASTU YANG NILAINYA SETARA DENGA GAJI 1 TAHUN KERJA.

✅YOHANES 12:3-5 Maka Maria mengambil setengah kati MINYAK NARWASTU MURNI YANG MAHAL HARGANYA, lalu meminyaki kaki Yesus dan menyekanya dengan rambutnya; dan bau minyak semerbak di seluruh rumah itu. Tetapi Yudas Iskariot, seorang dari murid-murid Yesus, yang akan segera menyerahkan Dia, berkata: “Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual TIGA RATUS DINAR dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?”

3⃣✨ SIAP MENERIMA KERITIKAN.

MARIA DIKERITIK OLEH YUDAS DAN DIMARAHI OLEH BANYAK ORANG AKIBAT MELAYANI TUHAN. MARIA MENDAPATKAN KERITIKAN DARI ORANG-ORANG YANG LEBIH ‘DEKAT’ DENGAN YESUS. DI DALAM SETIAP PELAYANAN YANG KITA LAKUKAN, KITA HARUS SELALU SIAP DIKERITIK OLEH ORANG LAIN, BAHKAN OLEH ORANG-ORANG YANG KITA ANGGAP ‘ROHANI’ YANG ‘LEBIH MENGERTI AKAN FIRMAN TUHAN’.

✅YOHANES 12:3-5 Maka Maria mengambil setengah kati minyak narwastu murni yang mahal harganya, lalu meminyaki kaki Yesus dan menyekanya dengan rambutnya; dan bau minyak semerbak di seluruh rumah itu. Tetapi YUDAS ISKARIOT, SEORANG DARI MURID-MURID YESUS, yang akan segera menyerahkan DIA, BERKATA: “MENGAPA MINYAK NARWASTU INI TIDAK DIJUAL TIGA RATUS DINAR DAN UANGNYA DIBERIKAN KEPADA ORANG-ORANG MISKIN?!”

✅MARKUS 14:4-5 ADA ORANG YANG MENJADI GUSAR dan berkata seorang kepada yang lain: “UNTUK APA PEMBOROSAN MINYAK NARWASTU INI? Sebab minyak ini dapat dijual tiga ratus dinar lebih dan uangnya dapat diberikan kepada orang-orang miskin.” LALU MEREKA MEMARAHI PEREMPUAN ITU.

4⃣✨ SIAP MENERIMA PUJIAN DAN PENGHARGAAN DARI TUHAN YESUS.

WALAUPUN KITA TIDAK MENERIMA PENGHARGAAN DAN PUJIAN DARI MANUSIA. BAHKAN MUNGKIN SEBALIKNYA PEKERJAAN KITA KURANG DIHARGAI, JANGAN KITA KECEWA, KARENA YANG KITA LAYANI ADALAH TUHAN. INGAT ADA TUHAN YANG SELALU MENGHARGAI SETIAP PELAYANAN DARI HAMBA-HAMBA-NYA YANG TULUS MELAYANI. BIARLAH PUJIAN ITU BERASAL DARI TUHAN SENDIRI.

✅MARKUS 14:8-9 IA TELAH MELAKUKAN APA YANG DAPAT DILAKUKANNYA. Tubuh-Ku telah diminyakinya sebagai persiapan untuk penguburan-Ku. AKU BERKATA KEPADAMU: SESUNGGUHNYA DI MANA SAJA INJIL DIBERITAKAN DI SELURUH DUNIA, APA YANG DILAKUKANNYA INI AKAN DISEBUT JUGA UNTUK MENGINGAT DIA.

➡MATIUS 20:28 “SAMA SEPERTI ANAK MANUSIA DATANG BUKAN UNTUK DILAYANI, MELAINKAN UNTUK MELAYANI dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.”✔

▶KOMENTAR ROH NUBUAT:

🔺”Kerinduan yang ada pada Maria untuk melakukan pelayanan ini bagi Tuhannya lebih bernilai bagi Kristus daripada segala Minyak yang berharga di Dunia ini, karena hal itu menyatakan penghargaannya akan Penebus dunia. Kasih Kristuslah yang menggerakkan dia. Keistimewaan tabiat Kristus yang tiada taranya memenuhi Hatinya. MINYAK ITU MELAMBANGKAN HATI SI PEMBERI.”🔻
(Ellen G White, Alfa & Omega, jld. 6, hlm. 183-184)

✅1 KORINTUS 15:58 Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, BERDIRILAH TEGUH, JANGAN GOYAH, DAN GIATLAH SELALU DALAM PEKERJAAN TUHAN! Sebab kamu tahu, bahwa DALAM PERSEKUTUAN DENGAN TUHAN JERIH PAYAHMU TIDAK SIA-SIA.

MARILAH KITA MENJADI HAMBA-HAMBA YANG BAIK! HAMBA-HAMBA TUHAN YANG SELALU GIAT DI DALAM PELAYANAN, HAMBA-HAMBA TUHAN YANG SELALU MAU MEMBERIKAN PELAYANAN YANG TERBAIK BAGI TUHAN ❗

SELAMAT SABAT DAN SELAMAT MELAYANI TUHAN YESUS MEMBERKATI 😊🙏
Royke Maringka

Leave a Reply