1000 Tahun dan Kebangkitan Manusia

November 1, 2012 - Steve Wholberg

Banyak pertanyaan tentang masa 1000 tahun. Kapan dimulainya periode ini? Apa yang terjadi selama masa ini, lalu apa yang akan terjadi pada akhir periode ini? Kapan umat-umat Allah dibangkitkan untuk diselamatkan? Kapan orang-orang jahat dibangkitkan untuk dihukum? Ada yang berpendapat periode 1000 tahun dimulai sejak Yesus mengatakan: “Sudah selesai!” diatas kayu salib. Jelas 1000 tahun bagi mereka adalah simbol oleh karena sampai sekarang sudah ada 2000 tahun lebih. 1 Petrus 5:8 ditulis jauh sesudah Yesus mati di kayu salib dan 2 Korintus 11:3 juga ditulis sesudah salib, ayat ayat ini telah membuktikan bahwa doktrin ini salah. Jadi doktrin ini tidak sesuai dengan perjanjian baru.
Mari kita dalami topik ini agar kita tidak ragu ragu dalam memahami nubuatan, oleh karena kita saat ni hidup pada hari-hari terakhir menjelang kedatangan Yesus yang kedua kali, dimana nubuatan ini sangat mempengaruhi iman umat-umat Allah yang akan diselamatkan pada saat kedatangan-Nya tersebut.
Kata-kata 1000 tahun hanya terdapat dalam satu pasal saja didalam Alkitab, yaitu di Wahyu Pasal 20, tidak tertulis dalam pasal-pasal lainnya. Mari kita baca Wahyu 20:1-3 “Lalu aku melihat seorang malaikat turun dari sorga memegang anak kunci jurang maut dan suatu rantai besar di tangannya; (2) ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya, (3) lalu melemparkannya ke dalam jurang maut, dan menutup jurang maut itu dan memeteraikannya di atasnya, supaya ia jangan lagi menyesatkan bangsa-bangsa, sebelum berakhir masa seribu tahun itu; kemudian dari pada itu ia akan dilepaskan untuk sedikit waktu lamanya”. Dari ayat diatas kita tahu bahwa Alkitab menubuatkan adanya masa 1000 tahun. Pada saat itu Setan akan dilempar dalam jurang maut lalu ditutup/dimeteraikan, artinya Setan disini tdak dapat lagi menipu/menyesatkan bangsa-bangsa, dia seakan-akan dirantai/dipenjara selama masa tersebut. Namun setelah masa 1000 tahun, Setan akan dilepaskan. Apakah kita sudah tiba pada masa itu? Tentu tidak! Sebab Setan masih sangat aktif menggoda Saudara dan saya bukan?!

Mari kita baca Wahyu 20:6 “Berbahagia dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu. Kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka, tetapi mereka akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus, dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya”. Berbahagia dan kudus ini mengacu pada orang-orang yang setia kepada Allah, namun telah mati sebelum kedatangan Kristus. Merekalah yang akan dibangkitkan pada kebangkitan yang pertama dan mereka tidak akan mati lagi tapi akan menjadi imam-imam Allah, memerintah sebagai raja bersama-sama Yesus selama 1000 tahun. Oleh sebab mereka akan memerintah bersama Yesus selama 1000 tahun, maka mereka inilah yang dibangkitkan sebelum masa 1000 tahun. Jika ada kebangkitan pertama, maka tentu ada kebangkitan yang kedua. Mari kita baca Wahyu 20:5 “Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu. Inilah kebangkitan pertama”. Jadi mereka yang tidak bangkit pada kebangkitan pertama, atau masih tetap mati, akan dibangkitkan setelah masa 1000 tahun. Inilah kebangkitan yang kedua. Kalau kita baca Yohanes 5:28,29, Yesus membicarakan kedua kebangkitan ini. Jadi, ada kebangkitan bagi mereka yang berbuat baik yang kemudian memperoleh hidup kekal dan ada kebangkitan bagi mereka yang berbuat jahat yang kemudian akan dihukum. Dapat kita simpulkan bahwa masa 1000 tahun ada diantara 2 kebangkitan, kebangkitan orang yang berbuat baik diawal 1000 tahun dan ada kebangkitan kedua bagi orang-orang jahat diakhir 1000 tahun.

Tentu timbul pertanyaan, kapan kebangkitan pertama itu? Yang pasti sebelum masa 1000 tahun tentunya. Mari kita baca 1 Tesalonika 4:16,17 “Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; (17) sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan”. Jadi kapan kebangkitan pertama itu? Pada waktu kedatangan Yesus Kristus. Dalam ayat ini, kebangkitan pertama identik dengan mereka yang akan bangkit lebih dahulu. Buku Wahyu dan Tesalonika memastikannya. Siapakah mereka ini yang dibangkitkan lebih dahulu? Yang mati dalam Kristus! Atau Yohanes 5:29 mengatakan: “dan mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum”, bukankah ini sama dengan Wahyu 20:6 yang sudah kita baca diatas? Yaitu mereka yang berbahagia dan kudus. Kapan mereka bangkit? Sebelum masa 1000 tahun (Wahyu 20:6) Kapan kebangkitan orang jahat atau kebangkitan kedua? Sesudah masa 1000 tahun (Wahyu 20:5). Siapa mereka yang dibangkitkan pada kebangkitan yang kedua? Menurut Wahyu 20:5 yaitu mereka yang tidak dibangkitkan pada kebangkitan pertama. Yohanes 5:29 mengatakan mereka yang berbuat jahat. 1 Tesalonika 4:17 menjelaskan bahwa inilah orang orang yang bangkit setelah orang orang yang mati dalam Kristus diangkat ke sorga.
Lalu kemana kita akan pergi setelah diangkat ke awan menyongsong Tuhan diangkasa? Baca Yohanes 14:1-3. Jadi rumah Bapa itu ada di Sorga. Sekarang Dia ada disana, lalu Dia akan datang dan menjemput kita. Kalau kita baca 1 Tesalonika 5:2,3,4 Rasul Paulus menasehatkan agar kita senantiasa bersedia supaya kita tidak binasa, supaya kedatangan-Nya tidak mendatangi kita seperti pencuri. Supaya kita menjadi anak-anak terang, kita harus berjaga-jaga dan sadar, mengerti akan nubuatan Alkitab. Semoga kita bisa menjadi bagian kelompok orang-orang yang berbuat baik, bukan berada pada kelompok yang berbuat jahat, karena Yesus akan datang bagaikan pencuri bagi mereka yang jahat, oleh karena mereka tidak siap dan so pasti akan dibangkitkan pada kebangkitan kedua setelah masa 1000 tahun. Orang-orang benar yang bangkit pada kebangkitan pertama akan diangkat kedalam kerajaan Surga, bila Yesus datang nanti pada kali yang kedua, lalu memerintah bersama Dia selama 1000 tahun, lalu hidup kekal selama-lamanya di dunia baru.

Leave a Reply