Kebangkitan pada Awal dan Akhir Masa 1000 Tahun

November 3, 2012 - Steve Wholberg

Pada waktu yang lampau kita sudah pernah membahas tentang masa 1000 tahun, ini adalah lanjutannya. Saya cantumkan disini link tulisan tentang 1000 tahun sebelumnya: http://www.kadnet.org/web/index.php?option=com_content&view=article&id=4587:dahsyatnya-kebinasaan-orang-jahat&catid=37:wawasan-perspective&Itemid=66
http://www.kadnet.org/web/index.php?option=com_content&view=article&id=4573:1000-tahun-dan-kebangkitan-manusia&catid=37:wawasan-perspective&Itemid=66
Mengapa kita mempelajari masa 1000 tahun/masa Milenium? Supaya kita bisa membedakan apa yang Akitab katakan tentang 1000 tahun dengan apa yang dikatakan manusia, dengan kata lain, agar kita tidak disesatkan oleh ajaran manusia. Dunia sekarang ini penuh dengan kebingungan, buktinya ada sekitar 1000 gereja dan lebih kurang 1000 kepercayaan saat ini, artinya satu Alkitab tapi memiliki 1000 interpretasi. Melalui pembahasan ini, kami berharap untuk bisa memperjelas pengertian akan topik yang misterius dan kontroversial ini. Mari kita mulai.
Seribu tahun hanya dituliskan dalam buku Wahyu pasal 20. Kalau kita baca Wahyu 20:6, kita bisa pastikan bahwa pada awal masa 1000 tahun ada peristiwa kebangkitan umat-umat Allah yang telah mati. Kalo kita baca 1 Tesalonika 4:16,17, dikatakan bahwa kebangkitan umat-umat Allah ini terjadi pada waktu Yesus datang pada kali yang kedua. Kedatangan ini adalah untuk mengangkat orang-orang yang dibangkitkan tersebut dan bersama umat-umat Allah yang masih hidup, diangkat ke angkasa. Yohanes 14:1-3 mengatakan bahwa Yesus akan membawa umat-umatNya itu ke rumah Bapa atau ke Surga, dimana sudah dipersiapkan tempat bagi mereka. Jadi inilah awal dari masa 1000 tahun.
Paulus dalam 1 Tesalonika 5:2,3 menyebutkan tentang adanya satu kelompok lagi, yaitu mereka yang tidak siap ketika Yesus datang, dimana mereka ini akan dibinasakan dan kebinasaan ini berlaku global. Lukas 17:26-30 mengatakan bahwa kebinasaan ini akan sama seperti bencana air bah pada zaman Nuh dan juga sama seperti malapetaka turunnya api dari Sorga, pada zaman Lot. Wahyu 16:17-20 menjelaskan tentang situasi pada waktu Yesus datang, yakni gempa yang dahsyat, kota terbelah, pulau lenyap, gunung tenggelam. Yeremiah 4:23-26 lebih lanjut menjelaskan bahwa kota-kota akan hancur dan tidak ada orang yang akan tertinggal hidup di bumi.
Pada tulisan terdahulu kita sudah tahu bahwa akan ada perjamuan besar burung-burung di dunia, dimana burung-burung ini akan memakan daging orang-orang yang telah mati, baca Wahyu 19:17,18. Jadi bumi saat itu tidak lagi berpenduduk. Wahyu 19:21 mengatakan bahwa semua orang lain dibunuh dan semua burung kenyang oleh daging mereka.

Wahyu 20:1-3 mengatakan bahwa Setan akan diikat selama 1000 tahun dan tidak dapat menyesatkan bangsa-bangsa selama periode ini. Kenapa Setan dikatakan terikat? Karena tidak adalagi manusia yang hidup di dunia pada saat itu, yang benar sudah diangkat ke Surga dan yang jahat telah mati. Tidak ada yang tertinggal untuk ditipu/disesatkan selama masa 1000 tahun itu. Ironisnya, ajaran populer tentang Milenium mengatakan bahwa Setan akan pergi ke suatu tempat selama masa 1000 tahun dan masa itu adalah masa yang paling damai, dimana Yesus akan memerintah diatas dunia ini dan akan ada banyak sekali orang yang hidup.
Setan memang sedang menyesatkan bangsa-bangsa saat ini, coba baca baik baik Wahyu 20:3, Setan tidak bisa menyesatkan orang orang pada masa 1000 tahun, namun setelah masa 1000 tahun, Setan kembali dapat menyesatkan bangsa-bangsa tapi hanya untuk waktu sebentar saja. Wahyu Pasal 20 tidak sekalipun menyebutkan bahwa masih ada bangsa bangsa yang hidup diatas dunia ini apalagi tinggal bersama Yesus diatas dunia ini pada masa 1000 tahun tersebut. Wahyu 20:8 dengan jelas mengatakan bahwa bangsa bangsa ini adalah orang orang yang dibangkitkan setelah masa 1000 tahun, di dunia ini, dimana Setan akan menyesatkan mereka kemudian mengumpulkan mereka kembali bagi peperangan yang terakhir melawan Allah.
Jadi kalau saya bisa ringkaskan kembali ayat demi ayat: Wahyu 19:11-16: Menuliskan tentang kedatangan Yesus. Perhatikan Wahyu 19:15 Yesus akan memukul segala bangsa pada waktu kedatangan-Nya ini. Wahyu 19:17-21 Perjamuan besar burung burung, yang akan memakan daging orang orang yang mati yaitu orang orang yang tidak diangkat ke Surga pada waktu kedatangan-Nya yang kedua. Wahyu Pasal 20: Memasuki masa 1000 tahun/Milenium, dimana Setan akan dipenjara selama 1000 tahun. Istilah jurang maut adalah istilah yang mengacu kepada dunia ini yang dalam keadaan tidak berpenghuni dan terbiarkan. Wahyu 20:3 Setan tidak dapat menyesatkan bangsa-bangsa karena semua telah mati, namun pada akhir masa 1000 tahun Setan akan dilepaskan. Wahyu 20:5 Ada kebangkitan kedua (disebut kedua, sebab sudah ada kebangkitan pertama orang-orang benar; ayat ini mengatakan kebangkitan pertama, memang baru yang pertama bagi orang jahat) pada akhir masa 1000 tahun. Wahyu 20:7 Setan akan dilepaskan dan pergi menyesatkan bangsa bangsa.
Jadi garis besarnya adalah, pada ujung masa 1000 tahun, akan ada kebangkitan kedua dan pada akhir masa itu Setan akan ‘dilepaskan’. Kebangkitan orang-orang yang hilang inilah yang membuat Setan ‘dilepaskan’. Wahyu 20:8, menjelaskan bahwa inilah orang orang yang hilang, yang dibangkitkan pada ayat yang ke 5, dimana Setan akan mendatangi mereka untuk menyesatkan dan mengumpulkan mereka bagi peperangan terakhir melawan Allah.
Semoga kita luput dari penyesatan Setan, tetap berpegang pada apa yang Alkitab katakan, tetap mengikuti Yesus Kristus, agar bila akhir masa 1000 tahun itu tiba, tujuan kekal kita adalah berada di bumi yang baru dan bukan di lautan api.

Leave a Reply