Sesudah 1000 Tahun, Langit dan Bumi yang Baru

Wahyu 19:11 menjelaskan tentang peristiwa kedatangan Yesus yang kedua kali. Wahyu 19:15 mengatakan bahwa Yesus akan memukul bangsa-bangsa dengan pedang yang tajam pada waktu kedatangan-Nya itu. Wahyu 19:17,18 menguraikan bahwa setelah bangsa-bangsa itu mati, daging mereka akan dimakan oleh burung-burung.
Wahyu 19:21 Pada waktu kedatangan Yesus, dijelaskan bahwa semua orang jahat akan mati, tidak ada lagi yang tertinggal hidup, daging mereka dimakan oleh burung-burung. Wahyu 20:1-3, menjelaskan tentang awal periode 1000 tahun/milenium, Setan diikat, dia tidak dapat menyesatkan bangsa bangsa lagi, karena orang baik telah diangkat dan semua orang jahat telah mati pada saat kedatangan Yesus yang kedua kali. Memang ayat ini mengatakan bahwa Setan diikat oleh rantai, tapi ini adalah rantai situasi, dimana tidak ada lagi orang yang tertinggal hidup untuk disesatkan. Kita tahu bahwa Setan ini berbentuk roh, dia bisa saja dengan mudah membebaskan diri dari mata rantai itu. Istilah jurang maut tidak berdasar disini mengacu kepada bumi yang pada saat tiu berada dalam kondisi hancur lebur. Tidak ada lagi manusia yang hidup, bangkai merekapun telah dimakan oleh burung.
Bagaimana dengan umat umat Allah yang kudus, dimana mereka? Wahyu 20:6 mengatakan bahwa yang mati akan dibangkitkan dan yang masih hidup akan diubahkan, mereka semua akan diangkat ke angkasa pada waktu Yesus datang. Dari angkasa mereka akan dibawa ke rumah Bapa di Surga, bisa baca Yohanes 14:1-3. Ada agama yang mengajarkan bahwa mereka/umat umat Allah yang kudus tidak akan ke Surga melainkan tinggal tetap di bumi.
Wahyu 20:6 mengatakan bahwa orang orang kudus ini akan memerintah bersama Dia (Jadi bukan memerintah dibumi, sebab bumi masih dalam keadaan hancur lebur (lihat Wahyu 19), penuh dengan jurang maut yang tidak berdasar dan tulang belulang berserakan dimana-mana. Umat-umat Allah yang kudus pada masa 1000 tahun ada bersama dengan Yesus di Surga, Setan yang berada di bumi, dia dikatakan terikat oleh karena tidak ada manusia untuk disesatkan.
Jadi pada waktu kedatangan Yesus yang kedua, akan ada kebangkitan yang pertama dan inilah kebangkitan umat umat Allah yang kudus dan berbahagia. Ini terjadi diawal 1000 tahun. Wahyu 20:5 menjelaskan bahwa orang orang mati lainnya tidak bangkit sebelum masa 1000 tahun berakhir. Jadi mereka akan dibangkitkan setelah masa 1000 tahun selesai. Inilah kebangkitan yang kedua, yakni kebangkitan orang-orang jahat. Wahyu 20:8 mengatakan bahwa akan ada orang orang yang dikumpulkan untuk berperang yang jumlahnya sama dengan pasir dilaut. Mereka inilah yang bangkit pada kebangkitan yang kedua, setelah masa 1000 tahun berakhir dimana Setan dikatakan dilepaskan (karena sudah ada orang untuk disesatkannya). Ayat Wahyu 20:9 mengatakan bahwa Setan dan orang-orangnya akan mengepung kota yang turun dari Suga yaitu kota Yerusalem Baru yang didalamnya ada umat-umat Allah yang kudus.
Wahyu 20:11 mengatakan akan ada penghakiman yang terakhir. Wahyu 20:14,15 mengatakan bahwa mereka yang namanya tidak ditemukan dalam kitab kehidupan akan dilemparkan dalam lautan api. Wahyu 20:14 menggunakan istilah kematian kedua, oleh sebab pada waktu manusia mati, itu adalah kematian yang pertama, tapi bila dibangkitakan pada akhir masa 1000 tahun, yaitu pada kebangkitan yang kedua, mereka inilah yang akan dilemparkan ke lautan api, yang merupakan kematian kedua bagi mereka.

Pasal 21:1,2,3,4 menuliskan tentang adanya langit yang baru dan bumi yang baru dan kota yang kudus, Yerusalem baru, akan turun dari Surga. Selanjutnya orang-orang kudus akan tinggal bersama Allah selama-lamanya. Tidak ada lagi air mata, isak-tangis, duka lara, perkabungan, dll.
Jadi kalau boleh saya simpulkan, akan ada kebangkitan kedua untuk semua orang yang jahat di akhir masa 1000 tahun. Setan akan mendatangi mereka untuk menyesatkan mereka lalu mengumpulkan mereka untuk peperangan yang terakhir melawan Allah. Sebelum mereka dibinasakan dengan api, ada penghakiman yang terakhir bagi mereka , catatan kehidupan mereka diperiksa, mereka sadar bahwa mereka tidak ada dalam buku kehidupan, mereka sadar bahwa mereka telah hilang, baru kemudian mereka dibinasakan oleh api yang turun dari Surga. Setelah itu pemandanganpun berubah, ada langit yang baru dan bumi yang baru. Umat umat Allah akan hidup bersama Yesus dan malaikat-malaikatnya yang suci, diatas bumi yang telah diperbaharui untuk selama-lamanya.
Dipihak manakah kita: Di dunia yang baru atau berada di lautan api? Apakah kita berada pada kebangkitan yang pertama atau ada pada kebangkitan yang kedua? Apakah kita berada dalam kota suci Jerusalem Baru atau bersama Setan dan antek-anteknya, yang bersiap untuk menggempur kota suci yang turun dari Sorga itu? Apakah kita memerintah bersama Yesus selama 1000 tahun atau mati dan bangkai kita menjadi santapan burung burung? Apakah kita mati satu kali saja dan dibangkitkan untuk diselamatkan atau kita mati lalu dibangkitkan untuk kemudian dibinasakan dalam lautan api?
Semoga dengan rahmat Allah, saudara dan saya bisa diselamatkan bila Dia datang pada kali yang kdua, hidup 1000 tahun, memerintah bersama Allah di sorga, lalu turun bersama kota suci Jerusalem Baru ke bumi dan langit yang baru ini, hidup kekal selamanya.

Leave a Reply