Aku-Kristus-Pasti Datang!

aku

Teks Wahyu 22:7, 12, 20—
Terjemahan Baru

22:7 “Sesungguhnya Aku datang segera. Berbahagialah orang yang menuruti perkataan-perkataan nubuat kitab ini!
22:12 “Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya.
22:20 Ia yang memberi kesaksian tentang semuanya ini, berfirman: “Ya, Aku datang segera!” Amin, datanglah, Tuhan Yesus!

Tiga kali Yesus Kristus menyatakan kepada Yohanes Kekasih se waktu dia berada di Pulau Patmos sebuah Janji tentang Kedarangan-Nya (Wahyu 1:9; 22:7,12,20). Berbicara tentang Kedatangan Kristus ini pasti sangat erat dengan pernyataannya kepada kesebelas murid-Nya di ruang atas setelah Perjamuan Tuhan, yang Yohanes saksikan dan tulis di Yohanes 14:1-3.
Ungkapan yang digunakan di Alkitab Terjemahan Baru sebanyak tiga kali adalah ”Sesungguhnya, Ya, AKU DATANG SEGRA.” Dalam Bahasa Inggris, King James Version, disebut ”Behold—Surely, I come quickly.” Ada dua kata yang digunakan dalam teks itu tentang Kedatangan-Nya. Yang pertama, ”Sesungguhnya atau Surely,” dan yang kedua, ”segra atau quickly.”
Kata yang pertama, ”sesungguhnya atau surely” menekankan kepastian Kedatangan-Nya. Sedangkan, yang kedua, ”segra” berhubungan dengan waktu. Bilamana kedua kata ini dipadukan dalam satu kalimat, maka salah satu terjemahan yang sering dikumandangkan adalah KRISTUS PASTI DATANG SEGRA. Namun ungkapan ini sepertinya berlawanan dengan pernyataan Kristus di Yohanes 14:1-3 yang menekankan KEPASTIAN KEDATANGAN-NYA dan juga Matius 24:36 serta Kisah 1:7 dimana Kristua menyatakan bahwa soal waktu Kedatangan Kristus adalah wewenang Bapa sebagai ”Tuan dari Ilmu Keselamatan.” Yesus Kristus menegaskan di Matius 24:36 bahwa ”Yesus Kristus sebagai Anak dalam arti Hamba Ilmu Keselamatan, sama sekali tidak tahu soal WAKTU KEDATANGAN-NYA, KECUALI BAPA SENDIRI—TUAN DARI ILMU KESELAMATAN.”
Bagaimanakah pembaca Wahyu 22:7,12,20 dapat direkonsiliasi dengan Matius 24:36 dan Kisah 1:7, sehingga maknanya sama dengan yang di Yohanes 14:1-3 yang membicarakan KEPASTIAN KEDATANGANNYA. Untuk menjawabnya, BACALAH 2 PETERUS 1:19-21, dengan demikian BIARKANLAH ROH KUDUS YANG MENGARAHKAN PIKIRAN PEMBACA KEPADA ALKITAB SEBAGAI FIRMAN KEBENARAN.
Arahan yang penting yang patut dilakukan adalah mari kita menganalisis Wahyu 22:7,12,20 secara seksama dan menghubungkannya dengan Wahyu 16:15 yang menyatakan bahwa ”Lihatlah, Aku datang seperti pencuri. Berbahagialah dia, yang berjaga-jaga dan yang memperhatikan pakaiannya, supaya ia jangan berjalan dengan telanjang dan jangan kelihatan kemaluannya.”
Berdasarkan realita pernyataan Kristus kepada Yohanes Kekasih se waktu di pulau Patmos, maka kata ”segra” dihubungkan dengan ungkapan ”seperti pencuri.” Pengertian istilah ”seperti pencuri” adalah ”secara tiba-tiba, tanpa pemberitahuan tentang waktu.” Itulah sebabnya Wahyu 16:15 menyatakan: ”Berbahagialah dia, yang berjaga-jaga.” Hal ini tentunya erat hubungannya dengan Matius 24:42-44 setelah Matius 24:36, yaitu ”Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pada malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar. Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga.”
Dengan menggunakan konsep ”Biarkan Alkitab menerangkan dirinya sendiri, maka sebutan ”segra” di Wahyu 22:7,12,20 bila dihubungkan dengan Wahyu 16:15 dan Matius 24:36-44, penegertiannya adalah sebagai berikut:
(1) ”segra” artinya ”seperti pencuri.”
(2) ”segra” dihubungkan dengan ”berjaga-jaga”
(3) ”mengapa berjaga-jaga, karena ”kita tidak tahu pada hari mana Tuhan kita datang.”
(4) ”segra” dihubungkan dengan sikap ”siap sedia, karena Kedatangan Tuhan terjadi pada saat yang tidak dapat diduga.”
Rangkuman dan kesimpulan, berdasarkan realita ini, maka terjemahan WAHYU 22:7,12,20 YANG ALKITABIAH ADALAH ”SESUNGGUHNYA AKU—YESUS KRISTUS PASTI DATANG.” Untuk itu, BEBAHAGIALAH MEREKA YANG SELALU SIAP SEDIA, SEPERTI 5 GADIS YANG BIJAKSANA DI MATIUS 25—SEBAGAI HAMBA YANG SETIA DI MATIUS 25 –SEBAGAI PELAYAN TUHAN BAGAIKAN DOMBA YANG SELALU AKTIF MEMBUDAYAKAN GALATIA 5:22-23. Oleh sebab itu: MARI MENGINJIL—TELL THE WORLD—BERITAHU KEPADA SEMUA ORANG BAHWA ”YESUS KRISTUS PASTI DATANG—MULIAKANLAH DIA.”

-PDT. HOTMA SILITONGA

Leave a Reply