Antikristus dan Kemurtadan

 

Topik ini menyangkut urutan peristiwa akhir zaman sebelum kedatangan Yesus yang kedua. Coba kita baca 2 Tesalonika 2:1,3 “Tentang kedatangan Tuhan kita Yesus Kristus dan terhimpunnya kita dengan Dia kami minta kepadamu, saudara-saudara, 2:2 supaya kamu jangan lekas bingung dan gelisah, baik oleh ilham roh, maupun oleh pemberitaan atau surat yang dikatakan dari kami, seolah-olah hari Tuhan telah tiba 2:3 Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa.” Jadi kalau kita urutkan lagi peristiwa itu sesuai ayat ini adalah: murtad, muncul Antikristus, kedatangan Yesus. Jangan sampai terbalik seperti pendapat-pendapat populer saat ini yang didasarkan oleh seri buku Left Behind dan dikhotbahkan di TV-TV AS oleh pendeta-pendeta masa kini yang memiliki jutaan anggota.  Jadi dengan kata lain, Antikristus muncul oleh karena telah terjadi kemurtadan didalam gereja.

Banyak orang berpikir bahwa Antikristus itu datang dari luar gereja dan sama sekali tidak mengira kalau Antikristus muncul dari dalam gereja. Saya berikan ilustrasi supaya lebih mudah dimengerti. Ada seorang anak yang naik keatas pohon lalu kemudian terjatuh dengan kepala yang terlebih dahulu mengenai tanah. Akibatnya kepala anak tersebut bengkak. Kejatuhan anak inilah yang kita umpamakan sebagai kemurtadan, bengkak kita ilustrasikan sebagai Antikristus. Jadi ada sebab akibat dan tidak bisa dibalik.

Sebenarnya Paulus banyak sekali mengamarkan tentang kemurtadan yang akan terjadi pada gereja dalam tulisan-tulisannya. Mari kita lihat sebagian amaran Paulus tersebut. Baca Kisah 20:30,31 “Bahkan dari antara kamu sendiri akan muncul beberapa orang, yang dengan ajaran palsu mereka berusaha menarik murid-murid dari jalan yang benar dan supaya mengikut mereka. 20:31               Sebab itu berjaga-jagalah dan ingatlah, bahwa aku tiga tahun lamanya, siang malam, dengan tiada berhenti-hentinya menasihati kamu masing-masing dengan mencucurkan air mata.”  Mari  kita baca 2 Tesalonika 2:3 “Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa.” Coba kita baca 1 Timotius 4:1 ”Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan.” Jadi disini arti murtad adalah mereka mengikuti ajaran Setan, mereka yang tadinya memiliki iman kepada Yesus Kristus namun kemudian murtad dan ini terjadi didalam gereja. Coba kita buka 2 Timotius 4:3,4 “Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. 4:4 Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng.” Jadi jelas mereka ini tidak lagi mau menerima ajaran yang benar, yang sesuai dengan apa yang tertulis dalam Alkitab, malah mengumpulkan guru guru yang sesuai dengan selera mereka. Jadi murtad artinya, memalingkan teliga dari kebenaran, lebih menyukai dongeng atau cerita-cerita yang membuat orang tertawa.

Dari kemurtadan inilah maka lahir Antikristus. Jadi Antikristus ini keluar dari dalam gereja itu sendiri sesuai dengan ayat inti kita pada saat ini yaitu 2 Tesalonika 2:3. Kalau kita membaca kembali  1 Yohanes 2:18,19 “Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir. 2:19    Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita.” Disini Yesus memberikan amaran kepada gereja mula-mula yaitu gereja Efesus. Baca Wahyu 2:1, 4. “Tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Efesus: Inilah firman dari Dia, yang memegang ketujuh bintang itu di tangan kanan-Nya dan berjalan di antara ketujuh kaki dian emas itu. 2:4 Namun demikian Aku mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula.”  Jadi mereka meninggalkan kasih yang mula-mula alias murtad, sama dengan 2 Tesalonika 2:1,3.

Jadi kalau kita simpulkan, sebelum kedatangan Kristus akan ada kemurtadan. Dari kemurtadan ini akan lahir Antikristus. Kita harus mengalahkan Antikristus dengan memastikan bahwa kita tidak murtad/lari dari kebenaran Alkitab, meninggalkan kasih mula-mula kepada Yesus. Bilamana saudara merasa telah meninggalkan kasih yang mula mula, telah memalingkan telinga dari kebenaran, tertarik kepada jalan yang salah, tangan Tuhan terbuka lebar, Dia tetap mencintaimu. Datanglah kepada-Nya, datanglah kepada kaki salib Yesus. Dia akan mengampunimu, membersihkanmu lalu mempersiapkan engkau bagi kedatangan-Nya.

Leave a Reply