Antikristus dan Rapture

October 10, 2012 - Steve Wholberg

 

Pandangan populer saat ini, yang didasarkan pada seri buku “Left Behind” (Buku fiksi, terjual 50 juta copy dan dipercaya oleh jutaan orang Kristen), yang menyatakan bahwa peristiwa rapture atau pengangkatan umat Allah ke awan ketika Yesus datang nanti (yang menurut buku Left Behind terjadi secara rahasia dan diam-diam), akan terjadi terlebih dahulu baru muncul Antikristus, tepatnya  pada 7 tahun masa penganiayaan akhir, sebelum kedatangan Yesus. Apa benar demikian?

Sebelum kita masuk kepada pembahasan inti, mari kita lihat apa pengertian rapture, dan Antikristus. Mari kita baca 1 Tesalonika 4:17: “sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.”  Rapture disini adalah peristiwa pengangkatan umat Allah ke awan, menyongsong Tuhan di angkasa. Kita buka 2 Tesalonika 2:3,4: “Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa, Jangan kamu tertipu oleh seorang jua pun dengan barang sesuatu daya, karena tiada akan jadi kelak sebelum orang banyak berpaling daripada iman itu dahulu, dan dinyatakan kelak si Orang yang mengamalkan dosa itu, yaitu anak jahanam, 2:4 yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah”.  Manusia durhaka adalah lawan yang meninggikan diri dari segala yang disebut/disembah sebagai Allah , duduk di bait Allah, menyatakan diri sebagai Allah atau istilah populernya, Antikristus.

Apa benar rapture yang tejadi terlebih dahulu baru mucul Antikristus? Atau sebaliknya , Antikristus dulu baru rapture? Ayat-ayat diatas ini adalah surat Paulus kepada gereja mula- mula di kota Tesalonika sekitar 2000 tahun yang lalu. Kalau saudara baca keseluruhan surat pertama dan kedua dari buku Tesalonika, saudara akan mengambil kesimpulan sebagai berikut:  Ada masalah yang muncul setelah jemaat membaca surat yang pertama. Ini kita ketahui dari surat Paulus yang kedua yang dituliskan khusus untuk meredam akan masalah yang timbul oleh karena salah pengertian terhadap surat Paulus yang pertama.  Coba baca surat Paulus yang kedua. Paulus panjang lebar menjelaskan tentang masalah itu agar jemaat Tesalonika tidak ragu dan mengerti dengan jelas pengertian surat yang pertama. Bahkan Paulus secara khusus mengamarkan pentingnya orang untuk bekerja, karena akibat dari salah pengertian surat Paulus yang pertama, orang-orang sudah tidak lagi mau bekerja dan sibuk dengan hal hal yang tidak berguna! Coba saudara tebak masalah apakah itu? Ya benar! Tentang kedatangan Kristus.

Coba baca 1 Tesalonika 4:17 sekali lagi. Ada masalah dengan penggunaan kata “kita” yang masih hidup, yang masih tinggal. Jemaat mengira bahwa itu adalah mereka, bersama sama dengan Paulus. Jadi mereka berpikir, Yesus sudah akan datang pada saat itu, saat mereka masih hidup dan mengangkat mereka ke surga. Makanya sebagian anggota sudah tidak mau bekerja lagi bahkan melakukan hal-hal yang tidak berguna dan tidak tertib. Sehingga Paulus secara keras memperingati mereka bahkan dengan mengatakan “jangan bergaul dengan mereka” (baca 2 Tesalonika 3:10-15).  Kalau kita baca 2 Tesalonika 2:2:  “jangan lekas pikiranmu bingung dan gentar, baik tentang karunia roh baik tentang perkataan atau tentang surat, yang dikatakan datang daripada kami, seolah-olah Hari Tuhan sudah tiba.” Paulus secara khusus menggaris-bawahi persoalan yang ada di Tesalonika.

Mari kita lihat sekarang penjelasan Paulus bagi jemaat di Tesaloika yang juga berlaku bagi kita orang-orang Kristen saat ini! Perhatikan dengan seksama urutan peristiwa- peirstiwanya agar kita boleh mendapatkan pengetahuan yang solid berdasarkan Alkitab bukan berdasarkan seri buku fiksi Left Behind. Kita harus mengikuti apa yang dikatakan oleh Alkitab, tidak perduli seberapa populer suatu doktrin yang nyata nyata tidak berlandasakan kepada Alkitab, sebaliknya, kita tetap percaya apa yang Alkitab katakan tidak perduli seberapa sedikitnya orang yang mempercayainya.

Coba kita baca kembali 2 Tesalonika 2:3 diatas. Sangat jelas urutannya bukan? Terjadi kemurtadan dahulu, baru manusia durhaka dinyatakan, setelah itu baru kedatangan Tuhan. Ini kelihatan kecil tapi sangat jelas dan masif dalam perspektif nubuatan.  Ayat ini jelas telah menggugurkan doktrin Left Behind yang menyatakan Rapture dulu baru muncul Antikristus! Jadi jelas Antikristus akan datang duluan sebelum kita diangkat bersama-sama dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Siapapun Antikristus itu, kita harus bisa kalahkan, tentu dengan nama dan kekuatan Yesus Kristus! Banyak kali terjadi orang percaya mati-matian pada sesuatu hal, lalu terbukti salah, sebagai contoh misalnya, Titanic dan Y2K. Demikian juga doktrin left behind, yang percaya rapture terjadi lebih dulu terjadi, baru muncul Antikristus. Namun kita sudah baca bersama-sama apa yang dikatakan Paulus/Alkitab bahwa Antikristus datang duluan baru kita diangkat menyongsong Tuhan di angkasa.

Apa saudara siap diangkat ke awan menyongsong kedatangan Kristus? Apa sudara termasuk dalam kelompok orang yang meninggalkan kebenaran Alkitab? Kalau Ya, larilah ke salib Kristus. Dia mati oleh karena kasih-Nya akan kita agar kita boleh mendapakan keselamatan.

› tags: antikristus / rapture /

Leave a Reply