Antikristus dalam Alkitab

 

Pendapat popular saat ini mengatakan bahwa Antikristus adalah seseorang yang benar benar jahat, Mr. Super Dosa, yang akan muncul pada akhir zaman, sesudah apa yang mereka sebut sebagai “rapture” dan akan menganiaya umat-umat Allah selama masa 7 tahun, hingga kedatangan Kristus!

Banyak film-film yang dibuat berdasarkan doktrin ini, misalnya: Apokalipse, Revelation, Tribulation & Judgement, Megido dan Omega Code II. Kalau kita selidiki, paham ini berasal dari seri buku cerita “Left Behind”.  Apakah hal ini benar? Apakah memang Antikristus itu hanya 1 orang? Apakah memang Antikristus akan muncul pada akhir zaman? Mari kita lihat apa yang Alkitab katakan!

Hanya ada 5 kali istilah Antikristus disebutkan dalam Alkitab. Istilah ini pertama kali digunakan pada 1 Johanes 2:18 “Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir”.  Ini adalah surat Yohanes kepada gereja mula mula, jadi sekitar 2000 tahun yang lalu. Jelas sekali Antikristus ini sudah ada sejak 2000 tahun yang lalu, bukan nanti muncul pada akhir zaman. Lalu bukan hanya 1 saja Antikristus, ada banyak. Kalau kita baca ayat 19  “Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita”. Saudara jangan kaget, karena dikatakan mereka berasal dari “kita”, artinya Antikristus itu berasal dari Yohanes dan orang-orang Kristen yang ada pada saat itu. Dengankata lain, Antikristus itu lahir dari dalam gereja Kristen itu sendiri dan bukan satu orang saja, tapi ada banyak orang.

Mari kita baca 1 Yohanes 2:22 “Siapakah pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus? Dia itu adalah antikristus, yaitu dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak”. Disebutkan Antikristus menyangkal Yesus sebagai Kristus, menyangkal Allah Bapa dan menyangkal Anak-Nya, jadi mereka ini pendusta. Pada ayat 26 “Semua itu kutulis kepadamu, yaitu mengenai orang-orang yang berusaha menyesatkan kamu”.  Jadi disebutkan Antikristus ini akan menyesatkan. Dalam 1 Yohanes 4:3 “dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia”. Disebutkan juga istilah “roh Antikristus”, yaitu mereka yang tidak mengakui Yesus sepertinya sudah ada saat itu. Jadi ada 2 kelompok orang Kristen, orang Kristen yang benar dan orang Kristen yang palsu. Akan terjadi peperangan diantara kedua kelompok ini dan orang Kristen yang benar akan menang. Roh antikristus ini sudah aja sejak dulu, artinya sudah ada sejak zaman Yohanes

Dalam 2 Yohanes 7 “Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus”.  Disebutkan bahwa roh antikristus bukan hanya satu, artinya tidak mengacu pada 1 orang saja.

Kesimpulan:

Antikristus itu bukan hanya  1 orang. Disinggung hanya 5 kali didalam Alkitab dan kesemuanya mengacu kepada banyak orang. Antikristus itu tidak mengakui Yesus dan Allah Bapa. Antikristus itu tidak sungguh-sungguh beribadah, atau palsu. Antikristus itu lahir dari dalam gereja itu sendiri. Akan terjadi perang dalam gereja itu sendiri antara Kristus dan Antikristus, perang antara kebenaran dan kepalsuan/kesalahan tradisi dan pengertian akan Alkitab.

Baiklah kita dengan rajin memohon petunjukNya, belajar dengan sungguh-sungguh, meminta Roh Kudus, agar kita mengetahui kebenaran yang sejati.

 

Leave a Reply