Satu X

October 20, 2012 - Steve Wholberg

 

Mari belajar tentang Bait Suci, agar kita dapat mengerti rahasia akhir zaman. Kita mulai dengan membaca Ibrani 8:1,2: Inti segala yang kita bicarakan itu ialah: kita mempunyai Imam Besar yang demikian, yang duduk di sebelah kanan takhta Yang Mahabesar di sorga, 8:2 dan yang melayani ibadah di tempat kudus, yaitu di dalam kemah sejati, yang didirikan oleh Tuhan dan bukan oleh manusia.
Yesus disini adalah Imam Besar, Dia duduk disebelah tahta Allah Bapa di sorga dan pekerjaan-Nya adalah melayani ibadah di tempat kudus. Kita ingat bahwa dalam perjanjian lama, ada Imam yang melayani di Bait Suci Israel. Rasul Paulus katakan bahwa kita tidak lagi memerlukan Imam di dunia, karena kita memilki imam Besar di sorga. Kita juga tidak membutuhkan Bait Suci di atas dunia ini sebab sudah ada di sorga. Jadi hanya ada satu Bait Suci sekarang ini, yaitu yang berada di sorga. Pada ayat 2 kita lihat bahwa Yesus melayani di Bait Suci di sorga, jadi Dia bekerja, melakukan sesuatu. Rasul Paulus katakan bahwa Yesus menjadi pengantara bagi kita, layaknya Imam di Bait Suci Israel dahulu. Jadi kalau kita berbuat dosa dan kita mau untuk diampuni, kita bermohon dengan sungguh-sungguh, disertai dengan pertobatan dan kepercayaan sepenuhnya kepada Yesus sebagai Imam Besar, maka Yesus akan memberikan rahmat, melalui darah-Nya yang sudah tercurah di kayu salib, untuk mengampuni dan menyucikan kita. Jadi ini adalah pekerjaan yang sangat penting dan Yesus melakukannya sejak 2000 tahun yang lalu sebagai Imam Besar di Bait Suci sorgawi.
Lalu apa kaitannya dengan judul pembahasan “Satu Kali”? Ibrani 10:10 Dan karena kehendak-Nya inilah kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan tubuh Yesus Kristus.Ibrani 10:12 Tetapi Ia, setelah mempersembahkan hanya satu korban saja karena dosa, Ia duduk untuk selama-lamanya di sebelah kanan Allah. Ibrani 10:14 Sebab oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan.Kemudian baca Ibrani 9:26b Tetapi sekarang Ia hanya satu kali saja menyatakan diri-Nya, pada zaman akhir untuk menghapuskan dosa oleh korban-Nya.Ibrani 9:28 demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia. Ibrani 9:12 dan Ia telah masuk satu kali untuk selama-lamanya ke dalam tempat yang kudus bukan dengan membawa darah domba jantan dan darah anak lembu, tetapi dengan membawa darah-Nya sendiri.
Kesimpulannya adalah, Dia mati hanya 1x saja, naik ke sorga dan masuk ke Kemah Kudus 1x lalu datang 1x saja untuk menganugrahkan keselamatan. Teologi Rasul Paulus (inspirasi Roh Kudus) ini sangat penting untuk kita mengerti dengan baik, mengapa? Pertama, sekarang ini ada satu gereja besar yang pada saat melakukan pemecahan roti, mereka menyatakan bahwa Yesus kembali dikorbankan. Padahal jelas sekali Yesus hanya 1x dikorbankan. Kedua, kalau saudara jeli mengamati khotbah-khotbah di Televisi dan pernah berbincang-bincang dengan sahabat sesama Kristen khususnya yang tinggal di AS, saudara akan tau bahwa doktrin yang popular di kalangan orang Kristen saat ini, didasarkan pada seri buku Left Behind yang pada intinya mengajarkan bahwa, setelah Yesus naik ke surga dan menjadi Imam Besar, Dia akan keluar dari kemah kudus dan datang ke atas dunia ini untuk menjemput umat-Nya, membawa mereka ke sorga lalu masuk kembali ke Kemah Suci untuk meneruskan pekerjaan-Nya sebagai Imam Besar, mengantarai manusia selama 7 tahun, lalu datang lagi ke-3x nya untuk menyelamatkan lebih banyak orang.
Jelas hal ini tidak sesuai dengan ayat-ayat yang sudah kita baca diatas. Sebenarnya sangat mudah untuk mengerti kata “satu kali”, kalaupun orang bilang matematika itu susah, namun tidak untuk yang satu ini.
Yesus datang untuk menjemput kita, setelah itu tidak ada lagi kesempatan kedua. Sejak Dia naik, kita belum melihat-Nya hingga kini, tapi kita harus terus menantikan Dia, Dia akan muncul dengan penuh kemuliaan. Sekaranglah waktunya bagi kita untuk meninggalkan dosa-dosa kita, akuilah dosa saudara kepada Yesus, yang adalah satu-satunya Imam Besar di tempat yang maha-kudus, di sorga, agar bisa diselamatkan pada saat Dia datang nanti.

› tags: satu kali /

Leave a Reply