BANGGA & HARU….PERAWAT TERBAIK DI INDONESIA TERNYATA ADA DI MANADO

1 1 perawat

Kalau Dokter Teladan, Bidan Teladan, Guru Teladan atau Kepala Desa Teladan itu banyak kali diberitakan. Tapi, kalau perawat  agak kurang diperbincangkan. Nah,

masyarakat yang memanfaatkan jasa layanan kesehatan perawat seperti ini, pasti akan senang minta ampun. Termasuk, sekiranya kalau anda adalah anggota korps tenaga kesehatan yang bekerja di institusi kesehatan, mulai dari Posyandu, Klinik/Puskesmas sampai Rumah Sakit, dengan pelayanan kemanusiaan total kepada masyarakat yang membutuhkan, anda pun pasti ikut bangga dengan sejawat seperti ini.

 

Apa pasal? Perawat yang satu ini, kerap mempertunjukkan sikap yang luar dari biasa. Tidak dibuat-buat, tapi memang sudah mendarah daging atau jadi dengan sendirinya. Luar biasa, karena memang tidak biasa. Malah, untuk skala lebih luas di bumi pertiwi ini Indonesia, baru dirinya yang melakukan. Kalau tugas perawatan lainnya, sebetulnya tidak ada bedanya.

 

Hebatnya lagi, peristiwa itu terjadi di ‘Bumi Nyiur Melambai’, Provinsi Sulawesi Utara yang saat ini dipimpin oleh pasangan Gubernur Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Drs. Steven O. E. Kandouw. Tepatnya, di Rumah Sakit Advent Manado. Perawat yang dimaksudkan itu adalah Ns. Jhondry Komaling Munaiseche, S.Kep.

 

Perbedaan pelayanan Jhondry yang merupakan lulusan Universitas Klabat (Unklab) dengan perawat lainnya, berlaku tatkala pasien yang dirawat hendak minum obat di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSAM. Saat seorang ibu mengambil obat untuk diminum, tiba-tiba Jhondry berkata ”Eitttssss, ibu berdoa dulu”, katanya dengan wajah serius. Tentu saja, sang pasien malah menahan tawa karena sedikit malu.

 

Tidak itu saja, ada peristiwa yang boleh dikata biasa saja, tapi ternyata sangat bermakna. Sahabat dari Jackson Umboh dan Cynthia Siahaya ini, melakukan hal tidak jauh berbeda dan dilihat langsung Dr. Merry Rawung-Togalami, yang saat itu sementara melayani di saat yang sama. Dirinya sedang melakukan asuhan perawatan kepada pasien yang Muslim. Pasien tersebut menderita sesak nafas. Meski Nasrani, pria jangkung penolong itu malah membacakan doa “Bismillah……”.

 

Alangkah mulianya hati sang Perawat ini.  Sebab, soal menyarankan kepada pasien supaya berdoa dulu sebelum meminum obat, itu dimana-mana ada. Tapi kalau menginterupsi pasien yang lupa berdoa atau malah mendoakan secara khusus pasien di sela-sela pelayanan, apalagi yang berbeda kepercayaan, itu baru Ners Jhondry namanya.

1 thought on “BANGGA & HARU….PERAWAT TERBAIK DI INDONESIA TERNYATA ADA DI MANADO

Leave a Reply