BERHENTI BERDEBAT DAN MULAI SERIUS BELAJAR FIRMAN ALLAH

Setan mau kita semua saling menuduh, mengigit dan membunuh. (Wah 12:10) Dia adalah Bapa Pembohong dan Pembunuh, dan juga penuduh dan pendakwa, pemfitnah ulung!

Yesus ingin kita bersatu didalam Dia, dan BapaNya. Seperti Dia juga bersatu dengan BapaNya. (Yoh 17:20,21) “Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; SUPAYA MEREKA SEMUA MENJADI SATU, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.”

Yesus juga berkata dalam Yoh 10:16 Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.

Dan kepada Petrus yang sudah menyangkal Dia tiga kali, Dia memaksa Petrus mengakui dihadapan murid-murid yang lain menurut perintahNya: Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?”* Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: /”Apakah engkau mengasihi Aku?”* Dan ia berkata kepada-Nya: “Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: /”Gembalakanlah domba-domba-Ku!”
SI ANDEREAS DERMAWAN, TERUS MENERUS MENYANGKAL UNTUK MELAYANI DOMBA-DOMBA KRISTUS ATAU ANGGOTA AWAM GEREJANYA! DIA HANYA MAU MELAYANI PENDETA-PENDETA ATAU PEMIMPIN JEMAAT, ATAU GEMBALA2. ITU ADALAH BERLAWANAN 180 DERAJAD DARI PERINTAH YESUS!

YESUS MAU KITA MENJADI SATU, ADA DOMBA-DOMBANYA DI KANDANG-KANDANG LAIN! SI ANDEREAS DERMAWAN BERKATA: SEMUA PENDETA ADALAH ANTKRIS. DAN TENTU SAJA KALAU SEMUA PENDETA ADALAH ANTIKRIS, MAKA DOMBA-DOMBANYA JUGA ADALAH DOMBA-DOMBA ANTIKRIS! INI LOGIS. GEMBALA-GEMBALA ANTIKRIS, TENTU MEMPUNYAI DOMBA-DOMBA ANTIKRIS! JADI KALAU MEREKA ITU DOMBA-DOMBA ANTIKRIS, BAGAIMANA MEREKA BISA DISEBUT DOMBA-DOMBA YESUS?

ADALAH FAKTA KENYATAAN SETIAP DOMBA DIDUNIA INI MENGENAL SUARA GEMBALA MEREKA. MEREKA MUNGKIN MAKAN RUMPUT BERCAMPUR BAUR DIATAS SEBUAH BUKIT ATAU LEMBAH YANG BERUMPUT. TETAPI BEGITU GEMBALA2 ITU MENERIAKKAN SUARA MEREKA, DOMBA-DOMBA ITU LANGSUNG MENINGGALKAN TEMPAT ITU DAN MENGIKUTI GEMBALA MEREKA.

JADI SEKALI LAGI: YESUS KATAKAN ADA DOMBA2NYA DI KANDANG LAIN… BUKAN DOMBA ANTIKRIS!

KECUALI YESUS PENDUSTA SEPERTI ANDEREAS DERMAWAN YANG SELALU PUTAR BALIK DAN BERUBAH-UBAH PERKATAANNYA! INI ADALAH FAKTA!

OK MARI KITA TINGGALKAN SI ANDEREAS DERMAWAN MENJILAT-JILATIN CAKAR SERIGALANYA YANG SUDAH TERLUKA. KITA KEMBALI KEPADA GEMBALA AGUNG DAN BAIK KITA!

YESUS MENGUCAPKAN SAMPAI 5 x DALAM AYAT2 TERAKHIR DARI YOHANES 17 ITU. DOA YANG SANGAT PENTING SEBELUM DIA DISALIBKAN. DOA INI BEGITU PENTING SEHINGGA TANPA PENGGENAPAN DARI PERMOHONANNYA INI MAKA KEDATANGANNYA KEDUNIA AKAN SIA-SIA. DENGAR PERKATAAN YANG KELUAR DARI MULUTNYA SENDIRI: “SUPAYA MEREKA SEMUA MENJADI SATU, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, SUPAYA DUNIA PERCAYA, BAHWA ENGKAULAH YANG TELAH MENGUTUS AKU.” (YOH 17:20)

KALIMAT ITU DIULANGINYA LAGI DALAM AYAT 22: “supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku”

INILAH SYARAT MUTLAK DAN KUNCI TUNGGAL KEPADA SUKSESNYA MISI KRISTUS DATANG KEDUNIA SEBAGAI UTUSAN ALLAH BAPA UNTUK MENJADI JURUSELAMAT KITA.

TAPI TENTU SAJA JURUSIALAMAT DAN RAJA DUSTA DAN PENDAKWA ULUNG ITU, TIDAK MAU ITU AKAN TERJADI, DAN SEPERTI SI ANDEREAS BIN SI NAGA TUA, ULAR DENGAN LIDAH BERCABANG ITU, DIA TIDAK MAU KITA SEMUA BERSATU. DIA MAU KITA BELAJAR DAN BERTOBAT KEPADANYA, SESUAI 5 SUBSTANSI/ESSENSI SERUAN GOMBALNYA: BAHWA SEMUA PENDETA DAN PEBISNIS DAN ORANG KAYA ADALAH ANTIKRIS, DAN HANYA DIA DAN YANG MAU PRO ATAU SETUJU DENGAN OPINI, DAN ASUMSINYA, YANG ADALAH PENGIKUT KRISTU YANG BENAR! CAMKANLAH BAIK-BAIK HAL ITU.

OK. SEKARANG KITA MULAI PELAJARAN ALKITAB DENGAN SERIUS. KITA MEMBAHAS MASALAH THEOLOGY, ATAU TEOLOGIA. TENTU SEMUA TAHU, ARTINYA “ILMU KETUHANAN”. DALAM ILMU KETUHANAN TIDAK ADA SEORANG PUN YANG BOLEH BERKATA: APA YANG SAYA PAPARKAN ADALAH MUTLAK BENAR, SEMUA YANG MELAWAN OPINI SAYA ADALAH SALAH, SESAT, NGAWUR!
SEEKOR KODOK LEBIH ADA KEMUNGKINAN MENYELIDIKI MANUSIA DAN MEMBUAT BUKU TENTANG MANUSIA YANG 100 % BENAR, TANPA SALAH SEDIKIT PUN JUGA, WALAUPUN ITU, SANGAT KURANG KEMUNGKINANNYA. TAPI BISA SAJA. KENAPA KARENA KODOK DAN MANUSIA SAMA-SAMA DICIPTAKAN SEBAGAI MAKHLUK, WALAUPUN MANUSIA PUNYA NALAR, OTAK, DAYA PIKIR, SEDANGKAN KODOK HANYA PUNYA INTUISI.

TAPI UNTUK SEORANG MANUSIA UNTUK MEMPUNYAI PENGETAHUAN YANG ABSOLUT, MUTLAK 100 % TENTANG ALLAH, ITU ADALAH MUSTAHIL BIN MUSTAHAK BIN IMPOSSIBLE.

TUHAN ALLAH SENDIRI BERKATA: (YES 55:8,9)
Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN.
Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.

NAMUN DEMIKIAN DIA JUGA MENGUNDANG KITA UNTUK MENCARI DAN MENYELIDIKI DALAM FIRMANNYA TENTANG DIA: (YES 5:6; YOH 5:39) Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!

Kamu menyelidiki isi Alkitab, karena pada sangkamu di dalamnya itu kamu beroleh hidup yang kekal; maka kitab itu juga menyaksikan dari hal-Ku;

KEDUA AYAT DIATAS MENDORONG KITA UNTUK MENYELIDIKI ALKITAB UNTUK ENCARI TAHU TENTANG TUHAN!

DAN AYAT BERIKUT DALAM YOHANES 17:3 BERBUNYI: Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus. DALAM TERJEMAHAN LAMA DIKATAKAN: “YESUS KRISTUS YANG ENGKAU SURUHKAN.”

JADI JELAS, ADA PERBEDAAN DIANTARA ALLAH BAPA DAN YESUS KRISTUS WALAUPUN KEDUA-DUANYA ADALAH ALLAH. SEPERTI YANG DITEGASKAN DALAM YOHANES 1:1-3
Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.
Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

SIAPA YANG LEBIH TINGGI SEORANG YANG DIUTUS ATAU DISURUHKAN ATAU SEORANG YANG MENGUTUS ATAU MENYURUHKAN. JELAS YANG MENYURUH ATAU MENGUTUS. DAN INI JUGA DIAKUI OLEH YESUS SENDIRI, BAHWA DIA TIDAK BISA MELAKUKAN SESUATU PUN KALAU ITU TIDAK DISURUH OLEH BAPANYA.

KEMUDIAN GANDENGKAN ITU DENGAN YOHANES 17:3 TADI: Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.

JADI DENGAN KATA LAIN: KEHIDUPAN YANG KEKAL ITU BERGANTUNG PADA PENGENALAN ALLAH YANG BENAR ATAU ESA, (ECHAD BHS IBRANINYA) DAN YESUS KRISTUS YANG DIUTUS DAN DISURUHKANNYA DATANG KE DUNIA INI.

OLEH SEBAB ITU ESENSI, SUBSTANSI YANG PALING PENTING BUKANLAH MENYELIDIKI DAN MENDISKUSIKAN APALAGI MEMPERDEBATKAN 5 SERUAN PERTOBATAN MASSAL, SEMUA PENDETA ADALAH ANTIKRIS, SEMUA ORANG MISKIN AKAN MASUK SORGA DAN SEMUA ORANG KAYA AKAN MASUK NERAKA, DAN SEBAGAINYA. ITU SEMUA ADALAH ISSUE SAMPINGAN.

POKOK ATAU ISSUE YANG UTAMA DAN PALING PENTING ADALAH: MENGETAHUI SIAPA ALLAH ITU DAN SIAPA YESUS KRISTUS YANG DIUTUS-NYA!

MENGATAKAKAN “SEMUA PENDETA DAN ROMO ADALAH ANTIKRIS, DAN SEMUA ORANG MISKIN AKAN MASUK SORGA DAN SEMUA ORANG KAYA AKAN MASUK NERAKA,” ADALAH JELAS AKAL BUSUK DAN TIPU DAYA IBLIS MENGALIHKAN PIKIRAN KITA DARI ISSUE YANG PALING PENTING: “MENGENAL ALLAH BAPA DAN YESUS KRISTUS.”

MENGENAI SIAPA YANG AKAN MASUK SORGA DAN SIAPA YANG AKAN DIBAKAR DALAM API NERAKA BUKANLAH URUSAN KITA SAMA SEKALI.

LAGI PULA UNTUK MENGATAKAN SEMUA ORANG MISKIN AKAN PASTI MASUK SORGA DAN SEMUA ORANG KAYA PASTI AKAN MASUK NERAKA ADALAH PEMELINTIRAN YANG BLAK-BLAKAN DARI FIRMAN ALLAH. COBA PERHATIKAN BAIK-BAIK AYAT BERIKUT INI (MATIUS 5:3)

“Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga. DALAM BHS INGGRISNYA: “Blessed [are] the poor in spirit, For theirs is the kingdom of heaven.” DAN DALAM TERJEMAHAN INDONESIA LAMA DAN LAINNYA: “Berbahagialah segala orang yang rendah hatinya, karena mereka itu yang empunya kerajaan surga.” JUGA PERHATIKAN: MISKIN DIHADAPAN TUHAN BUKAN MENURUT STANDARD DUNIA! MENURUT STANDARD DUNIA KALU SAYA PUNYA 1 TRILIUN SAYA ORANG KAYA RAYA. DAN KALAU SAYA HANYA DAPAT GAJI 1 JUTA SEBULAN , SAYA ADALAH ORANG MISKIN! TAPI BAGI TUHAN LAIN, BOSS! DIHADAPAN TUHAN SI BILL GATES, WARREN BUFFIT DAN LAIN-LAIN KALAU TIDAK MENGENAL ALLAH YANG ESA DAN YESUS KRISTUS YANG DIUTUSNYA ADALAH ORANG KERE, JEMBEL, CALON PUPUK ORGANIK!

WOW! POOR IN SPIRIT, RENDAH HATI, HUMBLE, INILAH SALAH SATU DARI 9 KATEGORI MENGENAI ORANG YANG MEMILIKI KERAJAAN SORGA, PAK! SAMA SEKALI BUKAN SEKEDAR KARENA “MISKIN SECARA MATERI SAJA”. KALAU MEMANG BETUL BEGITU, BERARTI KITA SEMUA HARUS MENJADI PEMULUNG DAN PENGEMIS DI PINGGIR JALAN DAN PENGHUNI KOLONG JEMBATAN ATAU EMPERAN RUMAH ORANG.

NO WAY, HOSEY! ALKITAB FIRMAN ALLAH KALAU KITA BACA BAIK-BAIK JANGAN DITAFSIRKAN SEENAK UDEL KITA SENDIRI, BUKAN BEGITU BUNYINYA: ORANG YANG RENDAH HATI, BUKAN HANYA SEKEDAR MISKIN MATERI SAJA, TAPI POOR IN SPIRIT, RENDAH HATI. BUKAN SEBALIKNYA MERASA HANYA SENDIRI YANG PUNYA TUGAS, ATAU DIPILIH LANGSUNG OLEH YESUS MEWAKILINYA DAN HARUS MENGAJAR SEMUA PENDETA DAN PEMIMPIN JEMAAT, KARENA SEMUANYA MEREKA ITU ANTIKRIS! WOW! TIDAK ADA ORANG LEBIH ANGKUH BIN SOMBONG DAN NGAWUR BIN KEBLINGER DARI INI!

Leave a Reply