Cawan yang Mana yang akan Kita Minum?

November 18, 2012 - Steve Wholberg

Ada 3 cawan misterius yang akan dipakai minum oleh manusia hingga akhir zaman. Cawan yang pertama berisikan anggur Babilon, cawan yang kedua berisikan murka Allah dan cawan yang ketiga adalah cawan pengampunan yang ditawarkan Yesus Kristus melalui darah-Nya yang telah tercurah di kayu salib. Cawan manakah yang akan saudara pakai minum?
Mari kita buka Wahyu 14:8 Dan seorang malaikat lain, malaikat kedua, menyusul dia dan berkata: ”Sudah rubuh, sudah rubuh Babel, kota besar itu, yang telah memabukkan segala bangsa dengan anggur hawa nafsu cabulnya.’
Babel disini adalah sistim agama yang salah yang telah menyesatkan dunia sepanjang sejarah hingga pada akhir zaman. Anggur identik dengan ajaran atau doktrin. Yesus dalam Markus 2:22 mengatakan, anggur baru harus dituang kedalam bejana yang baru, artinya ajaran Yesus tidak boleh dicampur dengan ajaran orang-orang Farisi/Saduki/Pemimpin-pemimpin agama pada saat itu. Dengan kata lain, ajaran Yesus harus mendapatkan tempat yang baru yaitu hati yang baru agar bisa dicerna dengan baik.

Wahyu 17:2 menjelaskan tentang anggur yang sama yaitu anggur percabulan Babel. Jadi anggur Babilon adalah ajaran atau pandangan yang menyimpang dari Alkitab. Mereka yang meminum anggur ini sedang meracuni tubuh mereka sendiri yang pada akhirnya akan membawa mereka kepada kematian kekal. Anggur Babilon adalah ajaran yang bertentangan dengan 10 hukum Allah. Anggur Babilon menolak keselamatan lewat pengampunan dosa akibat melanggar hukum Allah melalui iman kepada Yesus Kristus. Kebanyakan orang meminum anggur ini tanpa sadar. Itu sebabnya sangat penting bagi kita untuk mempelajari Alkitab secara pribadi agar kita tidak terjerumus dalam doktrin yang salah yang tidak sesuai dengan Alkitab. Seluruh dunia sedang meminum anggur ini. Inilah anggur yang paling laku dibeli orang. Jauhilah cawan ini.
Cawan yang kedua terdapat dalam Wahyu 14:10 maka ia akan minum dari anggur murka Allah, yang disediakan tanpa campuran dalam cawan murka-Nya; dan ia akan disiksa dengan api dan belerang di depan mata malaikat-malaikat kudus dan di depan mata Anak Domba.
Inilah sebetulnya jantung pekabaran tiga malaikat. Kalau saudara baca dengan seksama, mereka yang meminum anggur Babilon (Wahyu 14:8) akan juga meminum anggur ini yaitu anggur murka Allah. Jadi ada cawan yang berisi ajaran-ajaran yang sesat dan ada cawan yang berisi anggur murka Allah. Cawan yang kedua ini juga yang Yesus minum pada malam sebelum Dia mati. Saudara bisa baca Matius 26:39. Dia sangat mengasihi kita sehingga Dia lebih suka meminum dari cawan ini dan mati, agar kita yang seharusnya meminumnya, bisa selamat. Ini adalah cawan yang berisikan anggur murka Allah terhadap dosa seluruh dunia dimana hukum Allah telah dilanggar.
Cawan yang ketiga terdapat didalam Mat 26:27,28
(27) Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur lalu memberikannya kepada mereka dan berkata: ”Minumlah, kamu semua, dari cawan ini. (28) Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.
Cawan ini berisikan darah Yesus yang merupakan cawan pengampunan dosa, ditawarkan kepada umat manusia agar semua pelanggaran mereka boleh dibasuhkan dengan darah Anak Domba. Cawan yang berisikan kuasa pengampunan dosa ini sangat mahal harnganya.
Kiranya Allah menolong kita agar kita boleh menolak anggur Babel, menolak anggur murka Allah, namun meminum sebanyak-banyaknya dari cawan yang berisikan darah pengampunan Yesus Kristus yang telah mati di kayu salib agar kita bisa memperoleh kehidupan yang kekal.

Leave a Reply