Dalam Yesus Tidak Ada yang Mustahil

December 17, 2012 - Sammy Lee

ITU MUSTAHIL BAGI MANUSIA, TAPI BAGI ALLAH ITU TIDAK MUSTAHIL!”

BAGI MANUSIA ATAU MAKHLUK MANAPUN TIDAK MUNGKIN DIA BERUBAH MENJADI MAKHLUK LAIN. TIDAK MUNGKIN MANUSIA BERDOSA AKAN MENJADI SEPERTI MALAIKAT YANG SUCI! TAPI YESUS BILANG: BAGI ALLAH TIDAK ADA YANG MUSTAHIL.

SEEKOR ULAT TIDAK MUNGKIN BERUBAH, ATAU MENGUBAH DIRINYA SENDIRI MENJADI KUPU-KUPU! BETAPA PUN DIA BERUSAHA, BERTEKAD BULAT SEBULAT-BULATNYA, ITU MUSTAHIL. TAPI DENGAN KUASA TUHAN, KALAU SANG ULAT ITU MENYERAHKAN DIRINYA, MATI DALAM KUBURNYA ATAU KEPOMPONGNYA, TANPA BERUSAHA LAGI, NEKAD MATI UNTUK TUHAN! ITU LAH YANG DIMAKSUDKAN MEMPUNYAI IMAN YESUS, BUKAN HANYA PERCAYA KEPADA YESUS.

AYAT DALAM WAHYU 14:12 SUDAH SALAH TERJEMAHANNYA: “Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang kudus, yang menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus.” TERJEMAHAN BAHASA INGGRISNYA AYAT INI ADALAH: “Here is the patience of the saints; here [are] those who keep the commandments of God and the faith of Jesus.”

JADI SEHARUSNYA AYAT INI BERBUNYI: DISINILAH KESABARAN DARI ORANG-ORANG KUDUS, DISINILAH MEREKA YANG MEMELIHARAKAN HUKUM-HUKUM ALLAH DAN IMANNYA YESUS(IMAN DARI YESUS “FAITH OF JESUS”, BUKAN HANYA “FAITH TO JESUS, ATAU BELIEVE IN JESUS” ATAU IMAN KEPADA YESUS, ATAU PERCAYA KEPADA YESUS!

BAGAIMANA ITU IMANNYA YESUS ATAU IMAN DARI YESUS ITU? ITULAH IMAN YANG BISA BERKATA: “BAPA, KALAU BOLEH CAWAN INI LALU, TAPI BUKAN KEHENDAK AKU, TAPI KEHENDAK MULAH YANG JADI!”
INILAH ORANG YANG SUNGGUH MEMPUNYAI IMAN DARI YESUS! YANG RELA MATI KALAU PERLU TAPI DIA TIDAK AKAN MENYANGKAL KEHENDAK BAPA!
KATA BBM DAN MMT: MUSTAHIL KITA TIDAK MELAKUKAN DOSA SEKECIL APA PUN! KATA YESUS: KALAU KAMU RELA UNTUK MATI, RELA UNTUK MENDERITA SEPERTI AKU MEMIKUL SALIB DAN MATI DISALIBKAN SEPERTI AKU, MAKA KAMU AKAN RELA MELAKUKAN APA SAJA YANG DIKEHENDAKI OLEH AKU DAN BAPAKU!
ITULAH YANG SUDAH TERJADI KEPADA MARTIR-MARTIR MULAI DARI STEPANUS, YAKOBUS, PETRUS, PAULUS, DAN SEMUA RASUL-RASUL LAINNYA , YANG MENURUT BBM DAN MMT, MEREKA GAGAL MELAKUKAN PERINTAH TUHAN YESUS. INI ADALAH GEMA DARI UCAPAN IBLIS SANG ULAR TUA: “MEREKA GAGAL, TIDAK ADA SATU PUN YANG BISA BERHASIL.”

TAPI ALKITAB KATAKAN: MEREKA SUDAH BERHASIL, MEREKA SUDAH MENANG! WAHYU 12:11 “Dan mereka mengalahkan dia oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka. Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dalam maut.” INI JUGA YANG DIJANJIKAN YESUS: (WAHYU 3:21) “Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Akupun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya.”

INI JUGA DISADARI PAULUS : “Demikianlah aku dapati hukum ini: jika aku menghendaki berbuat apa yang baik, yang jahat itu ada padaku. Sebab di dalam batinku aku suka akan hukum Allah, tetapi di dalam anggota-anggota tubuhku aku melihat hukum lain yang berjuang melawan hukum akal budiku dan membuat aku menjadi tawanan hukum dosa yang ada di dalam anggota-anggota tubuhku. Aku, manusia celaka! Siapakah yang akan melepaskan aku dari tubuh maut ini?”
KEMUDIA N DALAM KALIMAT BERIKUTNYA DIA BERSERU DENGAN PEKIK KEMENANGAN SEORANG YANG MENANG DARI PEPERANGAN IMAN: “Syukur kepada Allah! oleh Yesus Kristus, Tuhan kita. (7-26) Jadi dengan akal budiku aku melayani hukum Allah, tetapi dengan tubuh insaniku aku melayani hukum dosa.” AYAT INI LEBIH TEGAS DAN JELAS LAGI TERIAKAN KEMENANGAN PAULUS ITU: “I thank God through Jesus Christ our Lord! So then, with the mind I myself serve the law of God, but with the flesh the law of sin.”

DALAM BAHASA INGGRIS DAN GERIKANYA ATAU YUNANINYA AYAT INI SUNGGUH MENUNJUKKAN PERASAAN BERSYUKUR DAN TEMPIK SORAK KEMENANGANNYA: SETELAH DIA BERKATA : “O wretched man that I am! Who will deliver me from this body of death?” SEHARUSNYA BERBUNYI: “WAHAI, BETAPA AKU INI SEORANG MANUSIA YANG SANGAT CEDLAKA! SIAPAKAH YANG AKAN MELEPASKAN AKU DARI TUBUH MAUT INI?” DIA SUSUL TERIAKAN HISTERIS DAN FRUSTRASI ITU DENGAN: “AKU BERSYUKUR KEPADA ALLAH, MELALUI YESUS KRISTUS TUHAN KITA!!!”

HANYA ORANG KRISTEN YANG DIDALAM KEBENARAN BISA MELIHAT FRUSTRASI PAULUS DAN KEMUSTAHILANNYA TAPI DALAM SEKEJAP BERIKUTNYA MERASAKAN KEMENANGAN DAN MENDENGAR PEKIK KEMENANGANNYA: “APA YANG MUSTAHIL TADI, SUDAH DIJADIKAN TIDAK MUSTAHIL… OH HALLELUJAH AKU BERSYUKUR KEPADA ALLAH, KEMENANGAN ITU DATANG MELALUI YESUS KRISTUS TUHAN KITA!!!”

WOW! THANK GOD. AKU BERSYUKUR SEPERTI PAULUS, BETAPAPUN IBLIS, SEMUA MALAIKATNYA, DAN SEMUA ORANG-ORANG YANG SEPERTI BBM DAN MMT, KATAKAN MUSTAHIL, MUSTAHIL, MUSTAHIL! TAPI AKU BERPEGANG KEPADA JANJI YESUS: DIDALAM AKU TIDAK ADA YANG MUSTAHIL, DIDALAM AKU KAMU BISA JADI PEMENANG DAN PASTI JADI PEMENANG!”

Leave a Reply