Dikuasai oleh Roh

Banyak sekali orang-orang Kristen dewasa ini yang mengaku telah dikuasai oleh Roh sehingga bisa menyembuhkan orang sakit, mengusir setan, berbicara dalam bahasa lain, dll. Mari kita lihat lebih jauh apa yang dikatakan Alkitab tentang hal ini. Buka Kisah 2:17 “Akan terjadi pada hari-hari terakhir-demikianlah firman Allah- bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat, dan teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan, dan orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi”.
Jelas dikatakan pada hari-hari terakhir, yaitu pada zaman kita ini, jadi ini adalah pekabaran Rasul Petrus bagi kita yang hidup saat ini. Saya percaya Roh akan dicurahkan dan orang-orang akan bernubuat, karena ini adalah Firman Allah. Tapi kita juga harus bijaksana, membandingkan ayat yang satu dengan yang lain, agar kita bisa mendapatkan pengertian yang seutuhnya.
Apakah setiap roh berasal dari Allah? 1 Yohanes 4:1 “Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.” Jadi kita harus hati-hati, tidak semua pendeta/evangelist/pembicara/pengkhotbah Alkitab memiliki roh yang berasal dari Allah, karena Matius 7:21-23 mengatakan: (21) “Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. (22) Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? (23) Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!” Bukan main! Ini adalah konfirmasi yang paling keras dan tegas kepada kita. Bukan setiap orang yang berseru kepada Tuhan!? Lalu, apa ketentuannya? Melakukan kehendak Bapa!! Percuma buat mujizat, usir Setan, berdoa panjang lebar, menyembuhkan orang sakit, dll, semua akan diusir oleh Allah bila tidak ada penurutan! Hati-hati, Wahyu 13:13 bahkan lebih dahsyat lagi menegaskan bahwa kuasa binatang itu dapat menurunkan api dari langit! Jadi, jangan latah percaya orang yang sanggup berbuat hal-hal yang dahsyat! Bukan jaminan!
Saudara akan bertanya, bagaimana mengetahui kehendak Bapa? Bagaimana mengenal kebenaran? Yohanes 17:17 “Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran”. Artinya kalau kita membaca/mempelajari akan Alkitab, maka pikiran kita akan diarahkan oleh Roh Kebenaran, karena Firman itu sendirilah kebenaran. Kalau kita benar-benar ingin belajar Alkitab, maka kita tidak usah khawatir, Roh akan memimpin kita kepada kebenaran. Yohanes 16:13 “Roh yang benar akan memimpin kepada kebenaran.” Kehendak Allah yaitu ajaran murid-murid Yesus, baca 1 Yohanes 4:6 “Kami berasal dari Allah: barangsiapa mengenal Allah, ia mendengarkan kami; barangsiapa tidak berasal dari Allah, ia tidak mendengarkan kami. Itulah tandanya Roh kebenaran dan roh yang menyesatkan”. Dengan kata lain, ada dua roh disini, roh yang benar dan roh yang menyesatkan, kalau saudara mendengarkan murid-murid Yesus, maka saudara dan saya memiliki roh kebenaran, kalau tidak mendengarkan, maka dalam kita sebetulnya ada roh yang menyesatkan. Lalu, bagaimana caranya mengetahui kita telah menerima Roh yang benar dan bukan roh yang meyesatkan? Baca Kisah 2:38 “Jawab Petrus kepada mereka: ”Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.” Bertobat dan dibaptiskan, adalah awal mendapatkan karunia Roh Kudus. Sekali lagi, syarat dikaruniakan Roh yang benar adalah taat, baca Kisah 5:32 “Dan kami adalah saksi dari segala sesuatu itu, kami dan Roh Kudus, yang dikaruniakan Allah kepada semua orang yang mentaati Dia”. Ada benang merah yang bisa kita tarik dari ayat-ayat diatas, yakni: penurutan/ketaatan kepada kehendak Allah, adalah faktor yang sangat mendasar! Tentunya Roh bekerja di seluruh dunia untuk membawa manusia kepada Yesus. Tapi Roh akan hanya akan diam didalam hati orang-orang yang percaya dan melakukan kehendak-Nya.

Sehubungan dengan topik “dikuasai oleh Roh”, ada yang menarik dari prosesi ibadah “dikuasai oleh roh” dalam gereja Kristen teristimewa dalam gereja-gereja karismatik. Pada klimaks prosesi tersebut, tampak jemaat berjatuhan kebelakang ketika “dikuasai oleh roh.” Kalau kita melihat kisah-kisah dalam Alkitab tentang ‘dikuasai oleh Roh’, kita akan terkejut oleh karena apa yang terjadi bertolak belakang dengan apa yang kita lihat saat ini. Coba kita baca Keluaran 34:8 “Segeralah Musa berlutut ke tanah, lalu sujud menyembah.” Joshua 5:13,14 “Ketika Yosua dekat Yerikho, ia melayangkan pandangnya, dilihatnya seorang laki-laki berdiri di depannya dengan pedang terhunus di tangannya. Yosua mendekatinya dan bertanya kepadanya: ”Kawankah engkau atau lawan?” (14) Jawabnya: ”Bukan, tetapi akulah Panglima Balatentara TUHAN. Sekarang aku datang.” Lalu sujudlah Yosua dengan mukanya ke tanah, menyembah dan berkata kepadanya: ”Apakah yang akan dikatakan tuanku kepada hambanya ini?” Daniel 10:9 “Lalu kudengar suara ucapannya, dan ketika aku mendengar suara ucapannya itu, jatuh pingsanlah aku tertelungkup dengan mukaku ke tanah.” 1 Korintus 14:25 “segala rahasia yang terkandung di dalam hatinya akan menjadi nyata, sehingga ia akan sujud menyembah Allah dan mengaku: ”Sungguh, Allah ada di tengah-tengah kamu.” Bukankah tampak bahwa bila seseorang dikuasai oleh Roh Kebenaran, maka mereka akan jatuh kedepan seraya menyembah Allah? Perjanjian Baru dan Perjanjian Lama, tidak terkecuali, keduanya menuliskan hal yang sama. Ingin tahu kisah-kisah orang-orang yang jatuh kebelakang dalam Alkitab? Semua berakhir buruk, coba baca Johanes 18:5,6: “Jawab mereka: ”Yesus dari Nazaret.” Kata-Nya kepada mereka: ”Akulah Dia.” Yudas yang mengkhianati Dia berdiri juga di situ bersama-sama mereka. (6) Ketika Ia berkata kepada mereka: ”Akulah Dia,” mundurlah mereka dan jatuh ke tanah.”
Ujilah roh yang ada, jangan hanya sekedar percaya kepada pengkhotbah-pengkhotbah populer, baik di televisi, digereja, maupun ditempat umum dimana ribuan atau jutaan umat berkumpul dan ketika dipanggil kedepan, diawasi oleh kamera televisi, merekapun jatuh kebelakang. Pada hari-hari terakhir akan ada kecurahan Roh Kebenaran, namun untuk mendapatkannya kita harus bertobat, percaya kepada Yesus, taat pada firman-Nya agar Roh Kebenaran akan kita terima dan tinggal dalam kita sehingga kita boleh mendapatkan karunia-karunia untuk menyelesaikan tugas penginjilan diseluruh dunia dan Yesus akan segera datang untuk menjemput kita masuk dalam kerajaan-Nya dan hidup kekal selama-lamanya.

Leave a Reply