Hari Sabat

December 19, 2012 - Sammy Lee

Oleh: Sammy Lee
BANYAK ORANG YANG HANYA MEMBEO MENDENGAR DARI ORANG LAIN YANG JUGA TIDAK TAHU SEJARAH DAN MENGATAKAN BAHWA GEREJA ADVENT DIBAWAH AJARAN NABI PALSU EGWHITE DI TAHUN 1844 LAH YANG MENGUBAH PEMELIHARAAN HARI MINGGU KE HARI SABAT HARI KETUJUH. PADAHAL DALAM SEJARAH DICATAT SALAH SATU TEMPAT IALAH DI TIONGKOK DARI ABAD KE 8 YAITU TAHUN 700AN SUDAH ADA TERBUKTI MEREKA BERBAKTI PADA HARI SABAT HARI KETUJUH, ANXIRE HUI. YANG MENGERTI BAHASA INGGRIS SILAHKAN BACA KUTIPAN INI: CHINA-A.D.781
In A.D. 781 the famous China Monument was inscribed in marble to tell of the growth of Christianity in China at that time. The inscription, consisting of 763 words, was unearthed in 1625 near the city of Changan and now stands in the “Forest of Tablets,” Changan. The following extract from the stone shows that the Sabbath was observed:

“On the seventh day we offer sacrifices, after having purified our hearts, and received absolution for our sins. This religion, so perfect and so excellent, is difficult to name, but it enlightens darkness by its brilliant precepts.” Christianity in China, M. I’Abbe Huc, Vol. I, ch.2, pp. 48, 49 INI DIKUTIP DARI SEBUAH ENSIKOPLEDIA, DAN SAMPAI SEKARANG MONUMEN ITU MASIH ADA DI DEKAT KOTA CHANG AN, RRC.
DAFTER DIATAS HANYA YANG RESMI DIDAFTARKAN OLEH PEMBUAT SITUS ITU. TAPI ADA SANGAT BANYAK ALIRAN GEREJA KRISTEN DI NEGARA-G=NEGARA LAIN DIDUNIA INI, APALAGI DI TIONGKOK, INDIA, AFRIKA, DAN AMERIKA LATIN, BAHKAN DI AUSTRALIA JUGA YANG SENGAJA MENOLAK UNTUK MENDAFTARKAN DIRI DISITU, TAPI SAYA TAHU BETUL MEREKA BERBAKTI PADA HARI SABAT HARI YANG KETUJUH SESUAI DENGAN ALKITAB DAN MEMPERCAYAI BAHWA HUKUM TAURAT SEPULUH PENYURUHAN ITU TIDAK MUNGKIN SUDAH DIHAPUSKAN ATAU DIBATALKAN!
Toar Paterson Mawuntu:
Hanya org yg sadar, ga mabok doktrin dan matanya msh bagus, bisa baca dan mengerti, hukum taurat berlaku utk org YAHUDI… Jd curiga, minum susu kedelai kah atau KELEDAI???
o NAH SIAPA DISINI YANG MABOK DAN HANYA BISA MELIHAT SATU HUKUM TAURAT. MATAKU JUGA MASIH BAGUS, MUNGKIN TIDAK SEBAGUS MATAMU, TAPI AKU TIDAK PAKAI KACA MATA KUDA BENDI. DAN KALAU BEGITU: “hukum taurat berlaku utk org YAHUDI”, SEPERTI KATAMU, ALKITAB NGAWUR SEPERTI KATA KAUM KEDAR. AMBURADUL DAN NGACO BELO. KALAU HANA SATU ITU HUKUM TAURAT. DAN HANYA UNTUK ORANG YAHUDI. SSEBELUM ADA ORANG YAHUDI, ARTINYA ORANG BOLEH MENDURHAKA KEPADA ORANG TUA, BERZINAH, MENCURI, MEMBUNUH, MENIPU TETANGGANYA DAN SEGALA KEJAHATAN LAINNYA. SAYANG KAMI TIDAK BISA MEMBELI GOMBAL SEPERTI ITU. SEJAK PERTAMA ORANG SUDAH TAHU SEMUA ITU DOSA NAMANYA, BAHKAN KEPADA HABIL PUN TUHAN SUDH KATAKAN MEMBUNUH ITU BERDOSA. DAN YUSUF JUGA SADAR BAHWA HUGEL ITU BERDOSA KEPADA ALLAH DAN MANUSIA. SAYA TIDAK MINUM SUSU KELEDAI , TAPI TIDAK JUGA BERSIKAP KELEDAI SEPERTI ANDA!
ALLAH ALKITAB JUGA SANGAT GOBLOK RUPANYA. SEBELUM ADA BANGSA YAHUDI BELUM ADA ATURAN ATAU HUKUM, LALU ORANG YAHUDI DATANG, TUHAN CEPAT-CEPAT BIKIN HUKUM DAN BILANG INI HARUS JADI PERATURAN KETERTIBAN KAMU. LALU WAKTU BERLALU 1400 TAHUN HUKUM ITU TIDAK BISA DITURUT, DAN SEKARANG DIA BATALKAN ITU, DAN BILANG: KAMU ORANG BIKIN SAJA SEKERAP DEWEK, SEENAK UDEL KAMU, ASAL INGAT SAJA, KASIH, SEMUANYA KASIH, ASAL KARENA KASIH OK OK LAH. WOW SAMA BENAR DENGAN AJARAN HARE KHRISNA, HINDUISME, BUDDHIS DAN LAINNYA, BAHKAN GEREJA SSETAN DAN SUN MYONG MOON, THE CHILDREN OF GOD JUGA SAMA AJARANNYA, ASAL BERDASARKAN KASIH, OK LAH, ATAU KAYAK KERA PUN KELAKUAN MU OK LAH, KAN KARAOKE NAMANYA, BUNG! GITU YA?

Carren , Memang kedengarannya penjelasan anda sangat masuk diakal. Tapi bukan baru, itu sudah di terapkan oleh Gereja Roma Katolik untuk lebih dari seribu lima ratus tahun lamanya.
Jadi mereka lebih cerdas dan mendahului anda! Mereka pikir Hukum 4 itu bukan bersifat moral, sebab itu mereka mengubah bunyi hukum ke empat itu dari “Ingatlah kamu untuk menguduskan Hari Sabat Hari Ketujuh Tuhan Allahmu” menjadi INGATLAH KAMU UNTUK MENGUDUSKAN HARI TUHAN. Dan bagi mereka, HARI TUHAN, adalah HARI MINGGU, SUNDAY, ZONDAG, HARI PERTAMA DALAM MINGGU.
SESUDAH ITU, MEREKA PIKIR, KARENA SATU ITU SUDAH BISA DIRUBAH YANG BUKAN MERUPAKAN HUKUM MORAL, MAKA YANG KE 2 JUGA BUKANLAH HUKUM MORAL, KARENA SUDAH ADA YANG PERTAMA YANG MELARANG MENYEMBAH ILAH LAIN. LAGIAN, KAN PATUNG-PATUNG YANG ADA DI GEREJA KATOLIK ITU ADALAH PATUNG ALLAH, YESUS DAN MARIA, IBU YESUS, JADI JUGA BUNDA ALLAH, BUKAN BERHALA! DAN MAKSUDNYA BUKAN MENYEMBAH PATUNGNYA TAPI APA YANG DIGAMBARKAN PATUNG ITU, YANG MENGINGATKAN KITA KEPADA ALLAH YANG DILAMBANGKAN OLEH PATUNG-PATUNG ITU. JUST AS A REMINDER. UNTUK MENJADI PENGINGAT. PENOLONG KITA BERKONSENTRASI KEPADA ALLAH YANG KITA SEMBAH! VERY BRILLIANT, YOU SEE. JADI DIBUANGLAH PERINTAH YANG KEDUA YANG BERBUNYI “JANGAN KAMU MEMBUAT PATUNG UKIRAN APA PUN JUGA UNTUK DISEMBAH!”

KARENA YANG KEDUA SUDAH DIBUANG, MAKA JUMLAHNYA TINGGAL 9. AHA! SUPAYA JUMLAHNYA TETAP 10 PERINTAH YANG KUDUS, DITULISKAN OLEH JARI ALLAH SENDIRI, MAKA DIBELAH DUA LAH YANG KE SEPULUH YANG BERBUNYI, “JANGAN KAMU INGIN AKAN BINI DAN BARANG ORANG LAIN” MENJADI: NOMOR 9: “JANGAN KAMU INGIN AKAN BINI ORANG LAIN!” DAN NOMOR 10: JANGAN KAMU INGIN AKAN BARANG ORANG LAIN!” VOILA! KAN JUMLAHNYA TETAP 10 JADI “TIDAK DITAMBAHKAN ATAUPUN DIKURANGKAN!” VERY BRILLIANT”

JADI MEREKA SADAR DAN TIDAK PLINTAT PLINTUT MENAFSIRKAN PERKATAAN YESUS BAHWA HUKUM TAURAT SEPULUH PENYURUHAN ITU TIDAK MUNGKIN DIHAPUSKAN, SEPERTI KATA YESUS.

MEREKA JUGA TIDAK MENYANGKAL BAHWA ITU ADALAH HUKUM KASIH YANG SUDAH ADA SEJAK ZAMAN MUSA, SEPERTI BUNYI ULANGAN 6:5, “KASIHILAH TUHAN ALLAHMU DENGAN SEGENAP HATI, AKAL BUDI DAN JIWA RAGAMU,” SEBAGAI RINGKASAN HUKUM KE 1 SAMPAI KE 4! OOPS, SUDAH DI DISCOUNT, JADI: “SEBAGAI RINGKASAN DARI HUKUM TAURAT 10 PERINTAH DARI KE 1 SAMPAI KE 3.” HEHEHE.

DAN IMAMAT 19:18. YAITU RINGKASAN DARI HUKUM TAURAT 10 PERINTAH DARI KE LIMA SAMPAI KE SEPULUH, OOPS, SUDAH DI DISCOUNT LALU DI BONUSIN, JADI HARUS: “SEBAGAI RINGKASAN DARI HUKUM KE 4 SAMPAI HUKUM KE 10” HEHEHE. KAN TETAP SAMA JUMLAHNYA 10 PERINTAH DAN TIDAK PLINTAT PLINTUT SERTA MENYANGKAL UCAPAN YESUS BAHWA SELAMA ADA LANGIT DAN BUMI KE 10 PERINTAH TUHAN, ATAU HUKUM TAURAT MORAL ITU TIDAK MUNGKIN LALU ATAU DIROMBAK. IYA KAN? GICU AZA REBOT! WHAT A GENIUS! NAH, INI SANGAT JENIUS NAMANYA.
JADI MEREKA TIDAK MELANGGAR HUKUM TAURAT SEPULUH PERINTAH!

DAN KALAU ADA ORANG BILANG: WAIT A MINUTE, BROTHER, OR FATHER! KAMU SUDAH MENGURANGI DAN MENAMBAHKAN PERINTAH TUHAN ALLAH! JAWABAN MEREKA ADALAH: “WELL, TAPI KAN YESUS SENDIRI BILANG, APA YANG KAMU IKAT DIDUNIA INI AKAN TERIKAT JUGA DI SORGA, DAN APA YANG KAMU URAIKAN , ATAU BUANGKAN, AKAN TERURAI ATAU TERBUANG ATAU TERHAPUS JUGA DISORGA. DENGAN KATA LAIN “GEREJA ATAU PEMIMPIN-PEMIMPIN GEREJA YESUS, MEMPUNYAI HAK WEWENANG ALIAS KUASA UNTUK MERUBAH ISI HUKUM ALLAH, ATAU HARI RAYA ATAU MASA PERBAKTIAN.” LALU ADA ORANG YANG MENGINGATKAN: “BROTHER, ATAU FATHER, BUKANKAH ITU SUDAH DINUBUATKAN DALAM DANIEL 7:24-25, BAHWA AKAN ADA KUASA YANG MENGUBAHKAN “MASA DAN HUKUM?” UNTUK ITU PUN MEREKA SUDAH ADA JAWABANNYA YANG SANGAT MASUK DIAKAL. “NO BROTHER!” OOPS KALAU MEREKA “FATHER” KITA ANGGOTA GEREJA NGAK BISA DISEBUT “BROTHER” , DONG! JADI: “NO CHILDREN, WE AS FATHERS, KAMI SEBAGAI BAPAK-BAPAK KAMU, DAN SEBAGAI WAKIL2 ALLAH DIDUNIA INI, KAMI BERHAK MERUBAH DAN MENGGANTIKAN HUKUM DAN MASA PERHENTIAN ITU. INI SAH, CHILDREN! SUDAH DIBERIKAN WEWENANGNYA OLEH YESUS SENDIRI , BO, I MEAN, CHO!” YANG DIMAKSUDKAN DENGAN DANIEL 7:24-25 ITU IALAH ANTIKRISTUS YANG AKAN DATANG SESUDAH YESUS KEMBALI UNTUK KEDUA KALINYA NANTI. WAKTU ITU KITA SEKALIAN AKAN DIANGKAT KE SORGA. DAN YANG TINGGAL DIDUNIA INI ADALAH MEREKA YANG MENOLAK YESUS DAN MENYALIBKAN DIA YAITU ORANG YAHUDI ATAU ISRAEL. KAMU MASA MENGERTI HAL INI.

MAKANYA KAMU ORANG NGAK BOLEH BACA ALKITAB SENDIRI, NANTI JADI BINGUNG DAN SALAH TAFSIR.
BTW, ITU ADALAH PERATURAN GEREJA ROMA KATOLIK ZAMAN DULU. AKU MASIH INGAT DIMARAHIN DAN DIHUKUM SAMA PASTOR GURU AGAMA KU DI SEKOLAH SD FRATER DI MAKASSAR, KETIKA KEDAPATAN BAWA ALKITAB DI TASKU DAN BERANI MEMBUKANYA DIKELAS DAN MENGUTIP DARI SITU DALAM PELAJARAN ALKITAB.

TAPI KEMUDIAN ITU SUDAH DIGANTI DAN BOLEH BACA ALKITAB TAPI YANG ADA IMPRIMATURNYA DARI GEREJA KATOLIK, DAN HARUS YANG INTERPRETASINYA COCOK DENGAN BUKU KATEKISMUS!

NAH, JADI SANGAT JELAS DAN LOGIS KAN! GOOD ON YOU BROTHER CARREN RONDONUWU! SILAHKAN LAKSANAKAN SESUAI DENGAN LOGIKA ANDA ITU. DAN YANG LAINNYA, BERIKAN SALUT KEPADA SAUDARA KITA INI! GBU! KAN TENANG DAN DAMAI! SEPERTI KATA SAUDARA-SAUDARA KITA, ATAU SEPUPU2 KITA KAUM MUSLIMIN: LA IKRO HAFIDDIN! TIDAK ADA PAKSAAN DALAM BERAGAMA. MASING2 LAKUKANLAH MENURUT KEYAKINAN SENDIRI-SENDIRI! GICU AZA RIBET! PEACE , BROTHERS AND SISTERS! PEACE AND LOVE, ITU YANG PENTING!

Comments

  1. Vanilio says:

    Hukum Kristus hanya 2 Hukum yakni Kasih kepada Allah dan Kasih kepada Manusia dan Kedua Hukum Kristus ini adalah merupakan Undang-Undang Kerajaan Sorgawi, dan Undang-Undang Kerajaan sorgawi ini yang menjadi Undang-undang Perjanjian Baru yang dimateraikan oleh darah Kristus sendiri….

    Didalam Kerajaan Sorgawi tidak ada kawin mawin sehingga harus membutuhkan hukum dilarang Berzinah yang diatur dalam 10 Hukum Taurat PL…

    Markus 12:23-25
    Pada hari kebangkitan, bilamana mereka bangkit, siapakah yang menjadi suami perempuan itu? Sebab ketujuhnya telah beristerikan dia.”
    Jawab Yesus kepada mereka: “Kamu sesat, justru karena kamu tidak mengerti Kitab Suci maupun kuasa Allah.
    Sebab apabila orang bangkit dari antara orang mati, orang tidak kawin dan tidak dikawinkan melainkan hidup seperti malaikat di sorga.

  2. Vanilio says:

    10 Hukum taurat secara khusus hanya diberikan kepada Umat Allah pada Jaman Perjanjian lama sebagai penerima dan pelaksana Taurat dan Umat Allah pada jaman Perjanjian lama itu bersifat Fisikal/Jasmani/Lahiriah hanya terbatas pada bangsa Israel krn Hukum taurat PL tidak pernah berlaku bagi bangsa-bangsa lain/Kafir pada jaman PL bahkan tidak mengikat nenek Moyang bangsa Israel sendiri…

    Dan yang mana 10 Hukum taurat Perjanjian lama merupakan bagian dari Hukum taurat PL yang telah dibatalkan oleh kematian Kristus di Salib…

    Hosea 2:11 (2-10) Aku akan menghentikan segala kegirangannya, hari rayanya, bulan barunya dan hari Sabatnya dan segala perayaannya.

    Efesus 2:15
    sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,

    Hukum Perjanjian lama hanya dimateraikan oleh darah binatang sebagai simbol sehingga SifatNya TERBATAS dan SEMENTARA..

    SifatNya SEMENTARA krn hanya berlaku sampai jaman Kristus dan setelah Jaman Kristus Hukum taurat tidak berlaku krn yang akan berlaku adalah Hukum Kristus yang menjadi Hukum Allah Perjanjian yang baru..

    sifatNya TERBATAS krn Hukum taurat Perjanjian PL hanya mengikat/berlaku bagi bangsa Israel krn sama sekali tidak pernah berlaku atau tidak pernah mengikat nenek moyang bangsa Israel sendiri…

    sedangkan..

    Hukum Perjanjian Baru dimateraikan oleh darah Kristus sendiri sehingga sifatNya KEKAL dan TAK TERBATAS…

    SifatNya KEKAL krn Hukum Kristus yang menjadi Hukum Perjanjian Baru merupakan undang-undang Kerajaan sorga dan yang berlaku dalam Kerajaan Sorga…

    SifatNya TAK TERBATAS krn berlaku bagi bangsa mana saja yang mau menerima Kristus sebagai Tuhan dan Allah krn TIDAK terbatas pada bangsa Israel saja…

    Dan yang menjadi Hukum Perjanjian baru hanya 2 Hukum yakni kasih kepada Allah dan Kasih kepada Manusia dan kedua hukum ini merupakan Undang-undang Kerajaan sorga SEDANGKAN 10 hukum taurat merupakan Hukum duniawi…

    Didalam Kerajaan sorgawi TIDAK ADA kawin mawin sehingga harus membutuhkan Hukum dilarang Berzinah, didalam Kerajaan sorga adalah sabat Rohani yakni perhentian dalam Pribadi Allah yang tidak dibatasi oleh hari tertentu sehingga Tidak membutuhkan Hari Sabtu..

Leave a Reply