Jauh Sebelum Israel Ada, Tiongkok Sudah Mengenal Allah

700 TAHUN SEBELUM BANGSA ISRAEL BERDIRI, DI TIONGKOK SUDAH ADA KERAJAAN YANG BERDAULAT. TULISAN MEREKA YANG SUDAH BERUMUR 4000 TAHUN MENUNJUKKAN BAHWA MEREKA PADA ZAMAN PURBAKALA SUDAH MENGENAL ADONAI ELOHIM, ATAU YAHWEH, YANG MEREKA PANGGIL SEBAGAI SHANGDI (RAJA LANGIT, ATAU RAJA DIATAS) ATAU “TIAN” (LANGIT) DAN “SHEN” (ALLAH/DIVINITY.)
PADA ZAMAN ITU BAHKAN SAMPAI TAHUN 1911, RAJA-RAJA TIONGKOK SETIAP TAHUN HARUS MENGADAKAN UPACARA PERSEMBAHAN KORBAN BAKARAN, YANG TERDIRI DARI LEMBU DAN DOMBA DI KUIL LANGIT (天壇TIAN TAN) YANG ADA DI BEIJING. ADA TIGA BANGUNAN PEMUJAAN DI TAMAN YANG LUAS ITU, DAN PADA BANGUNAN YANG DITENGAH, YANG DISEBUT EMPEROR’S VAULT, ATAU SERAMBI RAJA, DIA HARUS MENGADAKAN DOA YANG BUNYINYA DEMIKIAN:
“KepadaMu ya Shang Ti , Pembuat Mujizat yang Ajaib, aku memandang dalam renungan. Betapa agungnya lengkung mahligai Mu dimana Engkau bersemayam. Dengan upacara besar ini aku memuja Engkau dengan penuh penghormatan. HambaMu ini hanyalah laksana sebatang buluh yang terkulai, atau cabang pohon Yang Liu yang merunduk, hatiku seperti seekor semut yang kecil, namun Engkau telah menakdirkan Aku untuk menjadi pemerintah kerajaan ini. Aku menyadari kebodohanku dan kebutaanku, dan aku takut jangan sampai aku tidak layak terhadap karuniaMu yang besar ini. Sebab itu aku berjanji akan mentaati peraturan-peraturanMu dan perintah-perintahMu, dan berusaha, sungguhpun aku ini tak berarti, untuk melaksanakan tugasku dengan setia. Dari kejauhan dibawah ini aku memandang keatas ke istanaMu yang disorga. Datanglah hadir keatas medzbah ini. HambaMu menyembah ke bumi dengan penuh penghormatan, mengharapkan rahmatMu yang limpah. Semua pegawai-pegawaiku ada di sini hadir bersamaku dengan suka cita untuk menyembah Engkau. Kiranya Engkau rela menerima persembahan kami dan menilik kami sementara kami menyembah Engkau, yang kebaikanNya tidak pernah ada habisnya ” James Legge, The Notions of the Chinese Conserning God and Spirits (Hong Kong: Hongkong Register Office, 1852), pp. 24-25.
Kong Hu Tsu sendiri merasa kagum dan tidak habis heran memikirkan mengapakah raja-raja Tiongkok untuk ribuan tahun menyembah Shang Ti dan : siapakah Shang Ti yang disembah raja-raja Tiongkok itu., sehingga dia menuliskan di dalam bukunya The Doctrine of the Mean pasal 19: “Dengan upacara korban bagi Langit dan Burni, mereka (raja¬-raja Tiongkok melayani Tuhan Allah, dan dengan upacara-upacara di kuil leluhur rnereka mengadakan korban bagi leluhur-leluhur mereka. Barang siapa yang mengerti upacara korban bagi Langit dan Bumi, akan merasa bahwa pemerintahan sesuatu kerajaan itu sama mudahnya seperti melihat kepada telapak tangannya sendiri.”
Memang tanpa bantuan penjelasan dari Alkitab tidak ada. seorang pun akan bisa mengerti rahasia atau teka-teki ini mengenai siapakah Shang Ti yang disembah raja-raja Tiongkok selama lebih 4000 tahun di Kuil Langit atau Tian Tan itu. Sebaliknya, dengan mempelajari Aksara Tiongkok Kuno, mereka yang percaya akan Alkitab akan semakin diteguhkan imannya terhadap buku ini karena huruf-huruf atau Aksara Tionghoa itu, menunjang dan menjelaskan Alkitab ini.
SEKARANG PERHATIKAN AYAT-AYAT ALKITAB INI: YESAYA 49:11-16
49:11
Aku akan membuat segala gunung-Ku menjadi jalan dan segala jalan raya-Ku akan Kuratakan.
49:12
Lihat, ada orang yang datang dari jauh, ada dari utara dan dari barat, dan ada dari tanah Sinim.”
49:13
Bersorak-sorailah, hai langit, bersorak-soraklah, hai bumi, dan bergembiralah dengan sorak-sorai, hai gunung-gunung! Sebab TUHAN menghibur umat-Nya dan menyayangi orang-orang-Nya yang tertindas.
49:14
Sion berkata: “TUHAN telah meninggalkan aku dan Tuhanku telah melupakan aku.”
49:15
Dapatkah seorang perempuan melupakan bayinya, sehingga ia tidak menyayangi anak dari kandungannya? Sekalipun dia melupakannya, Aku tidak akan melupakan engkau.
49:16
Lihat, Aku telah melukiskan engkau di telapak tangan-Ku; tembok-tembokmu tetap di ruang mata-Ku.
TANAH SINIM ATAU NEGERI SINIM ADALAH CHINGUO, ATAU TIONGKOK, YANG DALAM BAHASA PERANCIS, BELANDA DAN LATIN, DISEBUT “SINOAS, SINEIS, DAN SINOS” WALAUPUN DITULISKAN DENGAN HURUF CH, SEBAGAI CHINOISE, CHINESE, DAN CHINOSE. KEMUDIAN PERHATIKAN BETAPA TUHAN MENGATAKAN BAHWA LEBIH DARI SEORANG IBU DIDUNIA, DIA JUGA TIDAK DAPAT MELUPAKAN ANAK YANG DIKANDUNGNYA. BANGSA CINA ADALAH BANGSA KETURUNAN LANGSUNG DARI NUH, SAMA JUGA DENGAN BANGSA SUMERIA, BABILON, MESIR DAN YAHUDI. HANYA SAYANG MEREK KEMUDIAN MURTAD DI TAHUN 1800 SM, PADA SAAT MANA TUHAN MEMANGGIL ABRAHAM DAN KETURUNANNYA SEBAGAI UMAT PILIHANNYA.
TAPI PADA AKHIR ZAMAN SESUAI DENGAN NUBUATAN INI, TUHAN AKAN MEMANGGIL KEMBALI SEHINGGA MEREKA BERDUYUN-DUYUN DATANG KE RUMAH SEMBAHYANG BAGI SEGALA BANGSA. INI SEDANG DIGENAPI SEKARANG. SEBAGAI SATU BANGSA ATAU ETNIS, ORANG TIONGHOA ADALAH PALING BANYAK JUMLAHNYA YANG MENJADI KRISTEN DIDUNIA INI. DI TIONGKOK SAJA ADA 150 JUTA. BELUM YANG BERADA NEGARA-NEGARA LAIN, SAMPAI DI INDONESIA INI.
KEMUDIAN PERHATIKAN, AYAT INI:
49:16
Lihat, Aku telah melukiskan engkau di telapak tangan-Ku; tembok-tembokmu tetap di ruang mata-Ku. BETUL DI YERUSALEM JUGA TERDAPAT TEMBOK-TEMBOK YANG MENYOLOK, TAPI SEJAK TAHUN 70 TM, SAMPAI SEKARANG TEMBOK-TEMBOK YERUSALEM ITU SUDAH LAMA AMBRUK DAN TIDAK PERNAH DIPERDIRIKAN LAGI. TAPI TEMBOK-TEMBOK BESAR TIONGKOK DARI TAHUN 100 SEBELUM TARIKH MASEHI SAMPAI SEKARANG, SUDAH LEBIH DARI 2100 TAHUN MASIH BERDIRI DENGAN TEGAK DAN MERUPAKAN BANGUNAN YANG DIBUAT TANGAN MANUSIA YANG TERPANJANG SEHINGGA ADALAH BENDA DIDUNIA YANG TERAKHIR BISA DILIHAT DARI PARA ASTRONOT YANG MENGADAKAN PERJALANAN KE LUAR RUANG ANGKASA!

1 thought on “Jauh Sebelum Israel Ada, Tiongkok Sudah Mengenal Allah

Leave a Reply