MARI BERIKRAR CIPTAKAN SUASANA DAMAI DIBUMI

December 19, 2013 - Sammy Lee

Menjelang akhir tahun 2013, saya menghimbau kepada sdr2ku sekalian umat Kristiani, marilah kita sama2 berikrar dan membuat resolusi di penghujung tahun yang penuh konflik, bencana dan derita ini, agar tahun depan dengan berkat dan rahmat Tuhan Yesus, yang mengajarkan kita untuk mengasihi sesame kita manusia, bahkan musuh kita sekalipun, untuk menggenapi kerinduan seluruh penghuni sorga agar terdapat: “DAMAI SEJAHTERA DAN ITIKAT BAIK DIANTARA MANUSIA DIATAS BUMI INI, dan dengan demikian, KEMULIAAN BOLEH DINAIKKAN KE TAKHTA ALLAH YANG DI SORGA!”

KITA INI HIDUP ATAU BERASAL DARI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA, DENGAN MOTO BHINNEKHA TUNGGAL IKHA. SEDANGKAN TERHADAP SAUDARA2 KITA DARI SUKU2 LAIN DAN AGAMA2 LAIN KITA HARUS SALING MENGHORMATI DAN MENGASIHI, APALAGI DIANTARA KITA SESAMA UMAT KRISTEN, ANAK2 TUHAN YANG SEBENARNYA HARUS LEBIH AKRAB DAN SALING MENGASIHI DARI PADA HANYA SAUDARA2 SEKANDUNG YANG MUNGKIN HANYA AKAN HIDUP BERSAMA SELAMA BEBERAPA PULUH TAHUN LAMANYA. ORANG KRISTEN PERCAYA KITA AKAN HIDUP SELAMANYA DALAM SORGA DAN DUNIA BARU NANTI TANPA ADA AKHIRNYA. BUKANKAH SANGAT TIDAK LUCU, KALAU KITA TIDAK BELAJAR MENGASIHI SATU SAMA LAIN SEDANGKAN SEBAGAI UMAT SESAMA AGAMA DAN KEPERCAYAAN KITA AKAN HIDUP SELAMANYA DALAM SATU DUNIA(SORGA) DIMANA TIDAK ADA PERCERAIAN DAN PERPISAHAN LAGI? ARTINYA KITA AKAN HIDUP BERGAUL MESRA UNTUK KEKEKALAN, TRILIUNAN TAHUN TANPA AKHIRNYA?

KITA PASTI SADAR BAHWA PIHAK SETERU KEBENARANLAH YANG MENGINGINKAN SUPAYA KITA BERTENGKAR DAN TETAP KONFLIK SATU SAMA LAIN, KARENA MOTONYA ADALAH “DIVIDE ET IMPERA” YANG ARTINYA “PECAH BELAH MEREKA KEMUDIAN JAJAH”. TAKTIK BUSUK INI TAMPAK NYATA DALAM DUNIA INI, DAN BERHASIL MENCAPAI TUJUAN PARA PENJAJAH DAN TERUTAMA SEKALI PENJANJAH ROHANI, MUSUH ROHANI KITA, PENGHULU DUNIA INI, SEHINGGA TERJADI PERPECAHAN YANG TIDAK HENTI2NYA DIANTARA UMAT2 BERAGAMA DI DUNIA INI. SUDAH WAKTUNYA KITA SADAR DAN SIUMAN, SERTA MENENTANG USAHA UNTUK DIPERHAMBAKAN TERUS OLEH BAPAK PEMBOHONG DAN PEMBUNUH ITU.

SEBAB ITU MARILAH KITA MENGAMBIL TEKAD, MENGADAKAN RESOLUSI, KITA AKAN HENTIKAN USAHA BEJAT DARI SETERU TUHAN KITA ITU DAN SUKSESKAN RENCANA SEMESTA DAN AMANAT AGUNG TUHAN KITA MEMPERSATUKAN UMAT TUHAN MENJADI SATU KELUARGA BESAR DALAM KASIH KRISTUS. INI ADALAH DOA TUHAN KITA DALAM YOHANES 17:1-3 DAN TERUTAMA SEKALI AYAT 21-26. DLM BAHASA INGGRISNYA AYAT2 TERAKHIR ITU MENGANDUNG 5 X UCAPAN “THAT THEY MAY BE ONE”, AGAR MEREKA ITU MENJADI SATU! TAPI TENTU SAJA SI BAPAK PEMBOHON DAN PEMBUNUH, SERTA BAPAK PENUDUH YANG PALING ULUNG, TIDAK MAU INI TERJADI. KALAU BEGITU SAUDARA MAU MENURUTI KEMAUAN SIAPA? TUHAN, PEMBELA, PENEBUS, DAN RAJA KITA, ATAU LUCIFER BAPAK PENDUSTA DAN PENGANIAYA SERTA PEMBINASA SEJAGAD RAYA ITU?

SEMOGA ANDA TIDAK MENGADAKAN PILIHAN YANG SALAH. MARILAH KITA DI HARI2 YANG DI DEPAN INI JANGAN MAU DITIPU SANG ULAR NAGA, MUSUH BEBUYUTAN YESUS KRISTUS DAN SEMUA ANAK2 TUHAN! MARI KITA TURUT MENJAWAB DOA TUHAN KITA YANG SUDAH MENGORBANKAN DIRINYA BAHKAN MELETAKKAN NYAWANYA UNTUK MENYELAMATKAN KITA. MARILAH KITA BERIKAN HATI KITA SEPENUHNYA KEPADANYA UNTUK TEMPATNYA BERSEMAYAM GANTINYA HANYA MEMBIARKAN YESUS LAHIR DI KANDANG SETAHUN SEKALI, LALU KITA BIARKAN IBLIS BERSEMAYAM DI HATI KITA PADA SISA HARI2 LAINNYA SEPANJANG TAHUN BERIKUT!

BAGAIMANAKAH UMAT MANUSIA DI DUNIA INI BISA PERCAYA KITA ADALAH ANAK2 TUHAN YANG DIUTUS DARI SORGA UNTUK MENJADI JURU SELAMAT MANUSIA, KALAU KITA TIDAK BISA BERSATU DALAM KASIH KARUNIANYA, DIPIMPIN OLEH SATU ROH YANG SAMA, PERCAYA PADA SOLA SCRIPTURA, SATU SAJA ALKITAB, SATU IMAN DAN SATU BAPTISAN! ITU ADALAH MAHA NGAWUR DAN AMBURADUL NAMANYA.

MARILAH KITA SALING MEMPRAKTEKKAN SEMANGAT DAN TEKAD “TORSAMBA” “Torang Samua Basudara!” Bayangkan KITA BERSAUDARA BAHKAN HANYA BERTETANGGA SAJA DI DUNIA INI, LALU MELIHAT TETANGGA KITA SEDANG DALAM BAHAYA DILALAP MATI DALAM API YANG MULAI BERKOBAR DISAMPING RUMAHNYA. KEBANYAKAN TETANGGA YANG MANUSIAWI, PASTI AKAN BERUSAHA DENGAN SEKUAT TENAGA MEMBANGUNKAN DAN MENOLONG MEMBAWA KELUAR SEMUA ANGGOTA KELUARGA TETANGGA KITA ITU. BAHKAN SUDAH BANYAK KEJADIAN MENGHARUKAN DIMANA TETANGGA MENGORBANKAN NYAWANYA SENDIRI MATI TERBAKAR, KARENA BERUSAHA MENYELAMATKAN TETANGGANYA YANG BUKAN SAUDARA KANDUNGNYA.

NAH, SEKARANG COBA PIKIRKAN LOGIKANYA. KITA INI BERSUDARA DALAM KRISTUS. KITA AKAN MENJADI TETANGGA KEKAL ABADI SELAMANYA DI SORGA DAN DUNIA BARU. MASA KETIKA MENGETAHUI SAUDARA2 KITA AKAN MENGALAMI MATI TERBAKAR HABIS DALAM API NERAKA YANG LEBIH FATAL DARI API DIDUNIA INI, KITA BUKANNYA PRIHATIN DAN BERUSAHA MENOLONGNYA DENGAN PENUH KASIH SAYANG, MALAH BERTERIAK: “MAMPUS LU! RASAIN LU, NGAK MAU NGIKUT PAHAM KAMI! DASAR BANDEL LU. BIARLAH KAMU BINASA KARENA KEKERASAN HATIMU SENDIRI! NYE NYE NYE NYE!!!!

SAUDARA2 KU YANG KEKASIH. MAUKAH ANDA DENGAN SAYA MENGAMBIL TEKAD UNTUK JANGAN BIARKAN IBLIS SUKSES TERUS MEMECAH BELAHKAN DAN MEMPORAK PORANDAKAN KELUARGA BESAR KRISTUS DI DUNIA INI! SAY: NO! KATAKAN “TIDAK!” KEPADA SI DALANG PENIPU DAN PERUSAK KEBAHAGIAAN DAN KEHIDUPAN DAMAI SEJAHTERA DIATAS BUMI INI!” MARI KITA TUNJUKKAN BAHWA KITA DIPIMPIN OLEH ROH KRISTUS, GANTINYA ROH KARDUS ATAU ROH KUDIS! MARI KITA SALING MEMAAFKAN APA YANG SUDAH LALU. DAN MULAI SAAT INI MARI KITA BERTEKAD DENGAN KASIH DAN KUASA KRISTUS UNTUK MENGIKRARKAN KERINDUAN HATINYA DAN KEINGINANNYA YANG TERAKHIR SEBELUM DIA MATI DISALIBKAN UNTUK MENEBUS KITA, SEBAGAIMANA DOANYA DALAM YOHANES 17 ITU!

KENAPA KITA MUSTI MEMBENCI TETANGGA KITA YANG BERKEYAKINAN BAHWA SEBAGAI ORANG KRISTEN KITA HARUS MENURUT SEMUA HUKUM DAN PERINTAH MORALNYA. KARENA ITU ADALAH HUKUM KASIH YANG ABADI, (ULANGAN 6:5; DAN IMAMAT 19:18, YANG DITEGUHKAN DALAM YAKOBUS 2:8-12) MENURUT ALKITAB DAN PAHAM MEREKA. BUKANKAH ANDA HARUS MERASA LEBIH AMAN TINGGAL DENGAN TETANGGA YANG PATUH KEPADA HUKUM DUNIA, BAHWA MENCURI, MENIPU, MEMBUNUH, DAN BERZINAH DENGAN ISTERI ATAU ANAK PEREMPUANMU ITU SALAH DAN MEREKA BERTEKAD UNTUK MENURUTNYA?

BUAT SAYA, SAYA LEBIH SENANG DAN TENTERAM MEMPUNYAI TETANGGA YANG TIDAK BERPIKIR BAHWA KARENA KITA SUDAH MERDEKA TIDAK DIJAJAH OLEH BELANDA LAGI, MAKA SEKARANG KITA SUDAH BEBAS UNDANG2 DUNIA YANG BERLAKU DI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA INI. BAHWA KARENA KITA ADALAH ORANG2 MERDEKA, BOLEH MELANGGAR SEMUA PERATURAN YANG ADA DI NEGARA INI, ASAL KITA LAKUKAN ITU BERDASARKAN KASIH!

SEBALIKNYA ANDA YANG MERASA YAKIN YESUS TIDAK MERUBAH ATAU MEROMBAK HUKUM SEPULUH PERINTAH ITU, MALAH MENYEMPURNAKANNYA DAN MENGGENAPKANNYA MENJADI LEBIH LUHUR DAN LUAS RUANG LINGKUPNYA DAN LEBIH KUDUS, MARILAH USAHAKAN DENGAN LEMAH LEMBUT MENERANGKANNYA KEPADA SAUDARA2 KITA YANG MEMPUNYAI LATAR BELAKANG YANG MENENTANG FAKTA ALKITAB ITU. BERIKANLAH TELADAN DENGAN MENIRU BAHASA TUBUH YESUS YANG SEDANGKAN BAGI ORANG YANG MENYALIBKAN DIA PUN, DIA BERDOA, “YA BAPA AMPUNILAH MEREKA ITU, SEBAB MEREKA TIDAK TAHU APA YANG MEREKA PERBUAT!” SALAM SEJAHTERA DARI ALLAH BAPA YANG DI SORGA, DAN KASI KEMURAHAN DARI TUHAN YESUS KRISTUS, DAN PERSATUAN DIDALAM ROH KUDUS YANG MENJADI PENGHIBUR DAN PENGAJAR KITA MENUJU SEMUA KEBENARAN, KIRANYA BOLEH MENGIKAT, MEMPERSATUKAN KITA SEMUA, SEKARANG DAN SELAMANYA, ADALAH DOA SAYA DIDALAM NAMA TUHAN YESUS KRISTUS JUNJUNGAN DAN RAJA DAMAI KITA. AMIN.
Like · · Share

Leave a Reply