Nasib Orang Kaya

ORANG KAYA SUKAR MASUK SORGA? AH NYANG BENAR AJA, TUHAN! NGAWUR ANDA, PENDETA!

Matius 19:16-26,
Ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: “Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?” Jawab Yesus: “Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah SEGALA PERINTAH ALLAH.” Kata orang itu kepada-Nya: “Perintah yang mana?” Kata Yesus: “Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, hormatilah ayahmu dan ibumu dan KASIHILAH SESAMAMU MANUSIA SEPERTI DIRIMU SENDIRI!” JELAS DISINI YESUS KATAKAN HUUM KE 5 – 10 RINGKASANNYA ADALAH: KASIHILAH SESAMAMU MANUSIA SEPERTI DIRIMU SENDIRI. ITU SUDAH DIKETAHUI DAN DIAJARKAN MUSA SEJAK 3400 TAHUN YANG LALU: IMAMAT 1:18 DAN ULANGAN 6:5
TAPI BANYAK YANG HANYA OMDO, MENGAKU SUDAH LAKUKAN TAPI HANYA SEKEDAR YANG TAMPAK DILUAR:
Kata orang muda itu kepada-Nya: “Semuanya itu telah kuturuti, apa lagi yang masih kurang?” Kata Yesus kepadanya: “Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku.” Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya.
Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sukar sekali bagi seorang kaya untuk masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Sekali lagi Aku berkata kepadamu, lebih mudah seekor unta masuk melalui lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah.”
ORANG KAYA MUDAH MEMBERIKAN MILYARDAN RUPIAH SUMBANG SINI SUMBANG SANA. SAMPAI SETENGAH DARI DIA PUNYA HARTA? MUNGKIN! WALAUPUN SANGAT JARANG! TAPI UNTUK MEMBERIKAN SELURUH HARTANYA? NO WAY , HOSEY! DAN DALAM HATI MEREKA KATAKAN: SO NGAWUR ITU TUHAN!
MASA AKU JADI MISKIN SETELAH BERUSAHA SETENGAH MATI BANTING TULANG UNTUK KUMPUL INI HARTA!
TAPI JANDA-JANDA MISKIN, DIMINTA BERIKAN SELURUH KEHIDUPAN MEREKA, PUN RELA KALAU DIMINTA OLEH TUHAN! CONTOH JANDA DENGAN PERSEMBAHAN DI KAABAH, DAN JANDA DI SAREFAT. MEREKA MEMBERIKAN DARI KEKURANGAN MEREKA BAHKAN RELA UNTUK MELETAKKAN NYAWA MEREKA!
KALU CUMA SUMBANG BIKIN RUMAH JATIM PIATU, RUMAH JOMPO, BANGUN GEREJA, BANGUN RUMAH SAKIT, BANGUN SEKOLAH. YES, BANYAK ORANG BUKAN KRISTEN PUN RELA. NAMA MEREKA JADI LEBIH TERSOHOR, DIDOAKAN SEMUA SUPAYA MAKIN LEBIH KAYA, DARI MILLIONER SETELAH MENYUMBANG, JADI MILYARDER, DARI MILYARDER SETELAH MENYUMBANG JADI TRILIUNER, SIAPA TAKUT? DAN SIAPA TIDAK MAU?

Leave a Reply