NUBUBUATAN KERAJAAN-KERAJAAN YANG BERKUASA DI DUNIA

Daniel 2: 31-35
Ya raja, tuanku melihat suatu penglihatan, yakni sebuah patung yang amat besar! Patung ini tinggi, berkilau-kilauan luar biasa, tegak di hadapan tuanku, dan tampak mendahsyatkan. Adapun patung itu, kepalanya dari emas tua, dada dan lengannya dari perak, perut dan pinggangnya dari tembaga, sedang pahanya dari besi dengan kakinya sebagian dari besi dan sebagian lagi dari tanah liat. Sementara tuanku melihatnya, terungkit lepas sebuah batu tanpa perbuatan tangan manusia, lalu menimpa patung itu, tepat pada kakinya yang dari besi dan tanah liat itu, sehingga remuk. Maka dengan sekaligus diremukkannyalah juga besi, tanah liat, tembaga, perak dan emas itu, dan semuanya menjadi seperti sekam di tempat pengirikan pada musim panas, lalu angin menghembuskannya, sehingga tidak ada bekas-bekasnya yang ditemukan. Tetapi batu yang menimpa patung itu menjadi gunung besar yang memenuhi seluruh bumi.

1. KEPALA EMAS – Kerajaan Babilonia (605-539 Sebelum Masehi)

“Ya tuanku raja, raja segala raja, yang kepadanya oleh Allah semesta langit telah diberikan kerajaan, kekuasaan, kekuatan dan kemuliaan, dan yang ke dalam tangannya telah diserahkan-Nya anak-anak manusia, di manapun mereka berada, binatang-binatang di padang dan burung-burung di udara, dan yang dibuat-Nya menjadi kuasa atas semuanya itu–tuankulah kepala yang dari emas itu.” Dan 2: 37-38

Keterangan:
Penemuan Arkelologi menunjukkan bahwa kerajaan Babel adalah kerajaan yang makmur dan jaya. Telah lama dikenal dunia (+ 3000 Sebelum Masehi, jaman Nimrod). Keliling kota Babel ada sekitar 10 mil. Bagian dalam kota dilapisi oleh 2 lapis tembok. Tembok sebelah dalam kira-kira 12 kaki tebalnya, tembok luar kira-kira 22 kaki tebalnya. Diantara kedua tembok itu terdapat parit. Perbentengan luar juga mempunyai 2 tembok, masing-masing 24 dan 26 kaki tebalnya. Tiap 55 yar terdapat menara, 250 buah semuanya. Persediaan makanan mereka cukup untuk satu juta penduduknya selama 20 tahun.
Beberapa . Raja Babilonia yang memerintah dalam kurun waktu nubuat Daniel antara lain
– Raja Nebukadnezar (604 – 562 Sebelum Masehi).
– Amal Mardukh (562 – 560 Sebelum Masehi).
– Neriglissar (560 – 556 Sebelum Masehi).
– Laborosoachod (556 – 555 Sebelum Masehi).
– Nebonidus (555 – 540 Sebelum Masehi).
– Belsyazar (540 – 539 Sebelum Masehi)
Belsyazar adalah cucu Raja Nebukadnezar yang disebut dalam Daniel 5. Pada masa pemerintahannya, ibukota Babilonia diserbu dan direbut Raja Darius dari Medo dan Raja Koresy dari Parsia tahun 539 Sebelum Masehi. Kemaharajaan Babilonia runtuh, berdirilah kemaharajaan Medo-Parsia.

Betapapun kuatnya kerajaan Babel, sesuai nubuatan Alkitab kerajaan ini akan runtuh.
Daniel 5:28 juga menerangkan dengan jelas bahwa, “Kerajaan tuanku dipecah dan diberikan kepada orang Media dan Persia.” Melalui pengepungan yang cukup lama, Koresy, raja Persia, dapat mengalihkan aliran sungai Efrat ke tempat lain. Melalui sungai yang telah dikeringkan itu tentara Persia menyerang masuk kota Babel dan mengalahkannya.

2. DADA & LENGAN PERAK – Kerajaan Medo-Parsia (539-331 Sebelum Masehi)

“Tetapi sesudah tuanku akan muncul suatu kerajaan lain, yang kurang besar dari kerajaan tuanku; kemudian suatu kerajaan lagi, yakni yang ketiga, dari tembaga, yang akan berkuasa atas seluruh bumi.” Dan 2:39

Keterangan :
Alkitab menceritakan wilayah kerajaan ini meliputi 120 propinsi dari India sampai Etiopia (Ester 1:1).
Beberapa penguasa kerajaan ini yang terkait dengan nubuat Nabi Daniel antara lain
– Raja Darius dari Medo (539 – 536 Seb. TM) Ezra 6:1.
– Raja Koresy dari Parsia (536 – 529 Seb. TM) Ezra 1:1
– Cambyses dan 9 raja keturunan Parsia termasuk Raja Xerxes I (485 – 465 Sebelum Masehi) dan Raja Arthasasta 1 (465 Sebelum Masehi) Ezra 7:7
– Raja Darius Codomanus (336 – 331 Sebelum Masehi). Raja ini keturunan Medo yang dikalahkan Aleksander Zulkarnaen di Arbela tahun 331 (Sebelum Masehi) meskipun kekuatannya 20 kali lebih besar dari kekuatan bangsa Makedonia/Yunani. Tercatat pengkhianatan punggawa-punggawa raja.

3. PERUT & PINGGANG TEMBAGA – Kerajaan Yunani (331-168 Sebelum Masehi)

Keterangan :
Kerajaan Yunani (Gerika) mengikuti kerajaan Medo-Parsia sebagai suatu kerajaan dunia, memerintah selama 163 tahun. Aleksander Agung (Iskandar Zulkarnaen) hidup antara 354-323 Sebelum Masehi, hanya berusia 32 tahun, meninggal di puncak kemenangannya menaklukkan Mesir. Kemaharajaan Gerika tidak diwarisi keturunannya, tapi-menjadi lemah dan terbagi atas 4 Panglima yang menjadi Gubernur tapi berlaku sebagai raja. Ke 4 Panglima itu adalah
– Cassander di Barat meliputi Makedonia/Yunani.
– Lysimachus di Utara meliputi Thrace, Asia Kecil-Bosphorus
– Ptolemy di Selatan meliputi Mesir, Arab dan Palestina.
– Seleucus di Tin-bur meliputi Syria, Babilonia. Keturunan-keturunan para panglima itu berusaha menyatukan seluruh bekas wilayah Gerika tapi untuk waktu cukup lama tidak satu pun yang berhasil.

4. PAHA DARI BESI – Kerajaan Romawi (168 Sebelum Masehi – 476 M)

Daniel 2 : 40-42 Sesudah itu akan ada suatu kerajaan yang keempat, yang keras seperti besi, tepat seperti besi yang meremukkan dan menghancurkan segala sesuatu; dan seperti besi yang menghancurluluhkan, maka kerajaan ini akan meremukkan dan menghancurluluhkan semuanya.Dan seperti tuanku lihat kaki dan jari-jarinya sebagian dari tanah liat tukang periuk dan sebagian lagi dari besi, itu berarti, bahwa kerajaan itu terbagi; memang kerajaan itu juga keras seperti besi, sesuai dengan yang tuanku lihat besi itu bercampur dengan tanah liat.
Tetapi sebagaimana jari-jari kaki itu sebagian dari besi dan sebagian lagi dari tanah liat, demikianlah kerajaan itu akan menjadi keras sebagian dan rapuh sebagian.

Keterangan:
Keturunan Lysimachus di Utara bertambah kuat dan akhirnya pada tahun 168 Sebelum Masehi, mengalahkan Raja Philipus V dari Makedonia, Raja Antiokus III dari Syria dan menaklukkan Mesir. Berdirilah kerajaan “ROMA”. Kekaisaran Roma bertambah luas dan kuat. Kaisar Julius Caesar menaklukkan Mesir. Beberapa Kaisar lain menjadikan Emperium Roma menjadi superpower dunia.
Kaisar Diocletianus (283 – 305 TM) mulai memindahkan pemerintahan ke bagian timur. Kemudian Kaisar Konstantin menetapkan Konstantinopel (Istambul, di Turki) sebagai Ibukota Kekaisaran. Bagian Timur berkembang dan disebut Byzantium, bagian barat kurang berperan dan terpecah-pecah. Sejarah menyebutnya Rom Barat dan Rom Timur, menjadi 2 seperti kaki patung.manusia dalam Daniel 2.

5. KAKI DARI BESI & TANAH LIAT – Kerajaan-kerajaan Eropa (476 M s/d Kedatangan Yesus II)

Tahun 476 M adalah tahun yang dikenal sebagai kejatuhan Kerajaan Romawi, perpecahan kerajaan itu sebenarnya mengalami proses yang lama, lebih dari 200 tahun. Antara th 350 – 500 M, wilayah Romawi berhasil dimasuki oleh penyerang dari Jerman. Beberapa suku Barbar yang menyerang cepat menghilang tanpa meninggalkan bekas. Suku-suku Barbar lain berhasil menaklukkan dan menguasai kerajaan yang sudah kalah itu. Berikut dari sepuluh di antara kerajaan Barbar yang kuat dan lebih permanen dari kerajan lain. Namun perbatasan kerajaan tersebut selalu berubah hingga tak ada peta yang bisa menggambarkan secara tepat tentang suksesi yang cepat dan perubahan-perubahan yang terjadi selama pergolakan politik waktu itu.

I. Alemani (Jerman)
II. Anglo-Saxons (England)
III. Burgundians (Switzerland)
IV. Franks (Perancis)
V. Lombards (Italia)
VI. Suevi (Portugal)
VII. Visigoths (Spanyol)
VIII. Ostrogoth (Hilang dari sejarah)
IX. Vandals (Hilang dari sejarah)
X. Heruli (Hilang dari sejarah)

Kemewahan membuat Kekaisaran Roma melemah, lahirlah kerajaan-kerajaan walau masih bernaung di bawah kekaisaran Roma, besar-kecil, kuat lemah seperti dinubuatkan Daniel 2, kakinya terdiri besi bercampur tanah liat. Dapat dilihat sekarang: Vatikan, Inggris, Jerman yang kuat; Yunani, Perancis yang krisis, lemah; dsb. Mata uang Euro sepertinya bisa menjadi awal yang baik untuk persatuan mereka dari segi moneter, tapi Inggris dan beberapa negara yang tergabung di Uni Eropa tidak menyetujuinya.
Wilayah Romawi di Eropa, Asia dan Afrika tidak pernah bisa dipersatukan lagi, saat ini bekas wilayah Romawi itu menjadi puluhan negara.
Daniel 2:43 Seperti tuanku lihat besi bercampur dengan tanah liat, itu berarti: mereka akan bercampur oleh perkawinan, tetapi tidak akan merupakan satu kesatuan, seperti besi tidak dapat bercampur dengan tanah liat.
Usaha menyatukan Eropa melalui perkawinan terjadi diantara putar-putri Raja Christian IX dari Denmark. Raja-raja Ingris, Rusia, Yunani, Norwegia, Jerman dan Denmark adalah kakak beradik dan kemenakan satu sama lain. Namun usaha ini gagal. Charles Martel mencoba menyatukan Eropa menjadi negara Kristen yang besar pada abad ke-8, tetapi gagal. Kaisar Kareal IV (1500-1558) dari Holy Roman Empire berusaha mempersatukan bangsa-bangsa Eropa tetapi ia juga gagal. Nama-nama lainnya yang telah berusaha menyatukan Eropa: Louis XIV (1638-1715), Napoleon Bonaparte (1769-1821), Kaisar Wilhelm (1859-1941), Mussolini (1883-1945) dan bahkan Hitler (1889-1944).

Dari kerajaan Eropa yang terpecah inilah muncul 666: “VICARIUS VILII DEI”, kepausan (paus, pemimpin kerajaan Vatikan yang kecil yang penuh kuasa dari Setan + pemimpin agama Katolik yang mendunia), dialah pemimpin semua agama-agama sesat (agama yang menyimpang ajarannya dari Alkitab baik seluruhnya maupun hanya bagian terkecil dari kebenaran: pemakan yang haram baik salah satu atau semuanya, pelanggar Sabat hari ketujuh yang kudus kepunyaan Tuhan dan menggantikannya dengan Minggu, Jumat atau hari lainnya, tidak percaya Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, pembohong, pezinah, tidak suka mengampuni dan mengasihi musuh, penghalang dan pembenci amaran yang datang dengan kuasa Roh Kudus, sombong rohani, pembual, penyembah patung, menyebut nama Tuhan dengan sia-sia, mencintai apapun lebih daripada Tuhan, dsb), dan yang akan bersatu dengan raja-raja dunia (pemerintah-pemerintah yang tidak mau menerima kebenaran dari seluruh negara dan kerajaan dunia dari yang kecil sampai yang besar seperti Amerika Serikat) untuk menganiaya umat-umat Tuhan pewaris kerajaan Surga yang kekal – aniaya terbesar yang belum pernah ada sejak dunia dijadikan dan tidak akan ada lagi selama-lamanya.

Matius 24:20-22 Berdoalah, supaya waktu kamu melarikan diri itu jangan jatuh pada musim dingin dan jangan pada hari Sabat. Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi. Dan sekiranya waktunya tidak dipersingkat, maka dari segala yang hidup tidak akan ada yang selamat; akan tetapi oleh karena orang-orang pilihan waktu itu akan dipersingkat.

6. BATU DARI LANGIT – Kerajaan Allah

Daniel 2:44-45 Tetapi pada zaman raja-raja, Allah semesta langit akan mendirikan suatu kerajaan yang tidak akan binasa sampai selama-lamanya, dan kekuasaan tidak akan beralih lagi kepada bangsa lain: kerajaan itu akan meremukkan segala kerajaan dan menghabisinya, tetapi kerajaan itu sendiri akan tetap untuk selama-lamanya, tepat seperti yang tuanku lihat, bahwa tanpa perbuatan tangan manusia sebuah batu terungkit lepas dari gunung dan meremukkan besi, tembaga, tanah liat, perak dan emas itu. Allah yang maha besar telah memberitahukan kepada tuanku raja apa yang akan terjadi di kemudian hari; mimpi itu adalah benar dan maknanya dapat dipercayai.
Kita hidup dalam zaman bangsa-bangsa Eropa yang digambarkan oleh kaki dan kari-jari kaki patung yang besar itu. Kerajaan Kristus akan segera menjadi kenyataan. Janji-Nya pada penutupan Kitab yang telah diberikan pada kita “Aku datang segera!”
Persiapkan diri kita masing-masing dengan memegang Juruselamat yang agung itu. Biarlah mata kita tertuju hanya kepada-Nya dan jangan melihat kepada manusia rohani manapun juga, karena tidak ada nabi Tuhan dan malaikat suci sekalipun yang dapat menyelamatkan kita dari murka Allah yang menyala-nyala itu. Bertobatlah, waktunya tidak lama lagi. Dia memanggil kita sekarang! Akuilah segala dosa, mintalah pengampunan dan biarlah Roh Kudus yang menyucikan agar seturut dengan tabiat Yesus Kristus yang adalah Tuhan dan Juruselamat manusia. Tidak ada seorangpun yang benar dihadapan Tuhan, tetapi kebenaran dan kesempurnaan akan diberikan kepada semua yang mau meninggalkan yang jahat dan segala penyesatan.
Wahyu 22:20,21 Ia yang memberi kesaksian tentang semuanya ini, berfirman: “Ya, Aku datang segera!” Amin, datanglah, Tuhan Yesus!..

Like ·  · Share

Leave a Reply