Tanda pada Dahi dan Tangan

Kebanyakan orang mengartikan tanda binatang pada dahi dan tangan sebagai keputusan pemerintah untuk menanamkan microchip komputer dibawah kulit tangan dan dahi. Apa benar demikian? Lalu apa artinya mendapatkan tanda pada dahi dan tangan? Mari kita mulai.
Kata “tanda binatang” hanya ditulis 8x dalam Alkitab dan semua ada di buku Wahyu pasal 13-20. Satu hal yang penting dari tanda binatang ini terdapat dalam Wahyu 19:20, yaitu mereka yang telah menerimanya telah disesatkan. Apa artinya disesatkan? Artinya adalah “tanda binatang” ini tidak akan diumumkan pada saat dipaksakan pelaksanaannya, karena kalau diumumkan maka itu tidak lagi menyesatkan. Lebih istimewa lagi, tanda binatang ini adalah suatu sandi yang diberikan bagi kita umat Kristen, supaya kalau itu terjadi, kita sudah tau apa yang harus kita lakukan. Dunia tidak akan tahu, pemerintahanpun tidak akan sepenuhnya sadar dan jelas hal ini tidak akan disebutkan sebagai “tanda binatang.” Apapun tanda itu, itu adalah tanda yang akan menyesatkan.
Pekabaran malaikat yang ketiga yang terdapat dalam Wahyu 14:9-12 adalah sebagai berikut:
(9) Dan seorang malaikat lain, malaikat ketiga, menyusul mereka, dan berkata dengan suara nyaring: ”Jikalau seorang menyembah binatang dan patungnya itu, dan menerima tanda pada dahinya atau pada tangannya, (10) maka ia akan minum dari anggur murka Allah, yang disediakan tanpa campuran dalam cawan murka-Nya; dan ia akan disiksa dengan api dan belerang di depan mata malaikat-malaikat kudus dan di depan mata Anak Domba. (11) Maka asap api yang menyiksa mereka itu naik ke atas sampai selama-lamanya, dan siang malam mereka tidak henti-hentinya disiksa, yaitu mereka yang menyembah binatang serta patungnya itu, dan barangsiapa yang telah menerima tanda namanya.” (12) Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang kudus, yang menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus.Ini adalah amaran agar kita tidak mendapatkan tanda itu oleh karena bila kita mendapatkan tanda itu, maka kita akan meminum anggur murka Allah dan akan binasa.
Apa arti “dahi” dan “tangan” pada Wahyu 14:9? Apakah itu berarti akan ditanamkannya mikrochip komputer dibawah kulit dahi dan tangan, seperti yang dipercayai sebagian besar umat Kristen saat ini?
Wahyu 14:1 Dan aku melihat: sesungguhnya, Anak Domba berdiri di bukit Sion dan bersama-sama dengan Dia seratus empat puluh empat ribu orang dan di dahi mereka tertulis nama-Nya dan nama Bapa-Nya.
Pada dahi 144.000 orang yang selamat, ada tertulis nama Yesus dan nama Bapa. Kontras dengan ayat diatas, Wahyu 14:9 menjelaskan bahwa orang yang mendapatkan “tanda binatang” itu akan binasa.
Wahyu 17:5 Dan pada dahinya tertulis suatu nama, suatu rahasia: ”Babel besar, ibu dari wanita-wanita pelacur dan dari kekejian bumi.
Di dahi perempuan Babel itu ada tulisan “ibu dari wanita-wanita pelacur”
Wahyu 22:3,4 Maka tidak akan ada lagi laknat. Takhta Allah dan takhta Anak Domba akan ada di dalamnya dan hamba-hamba-Nya akan beribadah kepada-Nya, (4) dan mereka akan melihat wajah-Nya, dan nama-Nya akan tertulis di dahi mereka.
Nama Yesus tertulis di dahi hamba-hamba-Nya.
Jadi, pada akhirnya semua orang akan mendapatkan sesuatu di dahi mereka entah itu nama Allah bagi yang selamat atau tanda binatang bagi yang binasa. Kalau kita melihat lebih jauh kebelakang, sebetulnya istilah dahi dan tangan sudah ada sejak perjanjian lama.
Coba kita lihat Ulangan 6:4-8 Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa! (5) Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu. (6) Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan,(7) haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.(8) Haruslah juga engkau mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu,
dan Ulangan 11:18. Tetapi kamu harus menaruh perkataanku ini dalam hatimu dan dalam jiwamu; kamu harus mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu.
Jelas sekali kata dahi dan tangan adalah lambang. Dahi melambangkan pikiran dan tangan melambangkan perilaku. Allah mau agar perkataan-Nya masuk dalam pikiran, itulah arti nama-Nya tertulis di dahi dan tidak berhenti disitu, Allah mau agar apa yang ada dalam pikiran itu dihidupkan/dilakukan, itulah arti nama-Nya ada tertulis di tangan. Dengan kata lain, Dia mau agar kebenaran yang kita tau itu dipraktekkan dalam tingkah laku kita.
Sebaliknya, bagi yang menerima tanda binatang pada dahi dan tangan mereka, itu berarti bahwa mereka telah disesatkan/ ditipu/ diperdaya oleh ajaran-ajaran yang menyimpang/ tidak sesuai dengan Alkitab dan tidak sampai disitu, merekapun tidak segan-segan untuk menurutinya/ mempraktekkannya.
Kesimpulannya, kita sebenarnya tidak berhadapan dengan masalah microchip komputer, melainkan kita berhadapan dengan masalah pikiran dan perilaku. Harapan dan doa kami agar kiranya Yesus boleh menanamkan kebenaran-Nya dalam pikiran kita, agar kita boleh menghidupkannya dalam tingkah laku kita. Minggu depan kita akan melihat lebih dekat lagi tentang tanda binatang ini. Selamat tahun baru 2014! (bersambung)

Leave a Reply