Penampian

June 19, 2017 - Roh Nubuat

Keanggotaan Jemaat Tidak Menjamin Keselamatan
Sebuah pernyataan serius saya sampaikan kepada jemaat, bahwa tidak ada satu di antara dua puluh nama-nama yang tercatat dalam buku jemaat yang bersedia untuk mengakhiri sejarah mereka di dunia ini, bahkan sama saja seperti orang-orang berdosa umumnya yang tidak ber-Tuhan dan tanpa pengharapan di dunia ini. -ChS 41 (1893).

Mereka yang sudah mendapat kesempatan untuk mendengar dan menerima kebenaran dan telah bergabung dengan GMAHK, menyebut diri mereka umat Allah yang memelihara hukum, namun tidak lagi mempunyai kekuatan hidup serta pengabdian kepada Allah lebih dari gereja-gereja lainnya, akan mendapat malapetaka-malapetaka dari Allah sebagaimana halnya gereja-gereja yang menolak Hukum Allah. -19MR 176 (1898)

Sekam Dipisahkan dari Gandum
Gereja akan terbagi. Akan berkembang dua kelompok. Gandum dan lalang bertumbuh bersama-sama sampai musim panen. -2SM 114 (1896)

Akan terjadi suatu penampian. Pada saatnya nanti sekam harus dipisahkan dari gandum. Akibat merajalelanya kejahatan maka kasih banyak orang akan menjadi dingin. Pada saat itulah yang asli akan menjadi yang terkuat. -Surat 46, 1887.

Riwayat pemberontakan Datan dan Abiram terulang, dan akan terus berulang sampai masa kesudahan. Siapakah yang akan berada di pihak Tuhan? siapa mereka yang bakal tertipu, dan pada gilirannya menjadi penipu-penipu? Surat 15, 1892

Tuhan akan segera datang. Harus terjadi suatu proses pemurnian dan penampian di setiap jemaat, karena di antara kita ada orang-orang jahat yang tidak menyukai kebenaran atau menghormati Allah. -RH, 19 Maret 1895.

Kita berada dalam masa penampian, waktu di mana segala sesuatu yang bisa diguncang akan tergoncang. Tuhan tidak akan memaafkan orang-orang yang mengenal kebenaran jika mereka tidak menurut perintah-perintah-Nya baik dalam perkataan maupun perbuatan. -6T 332 (1900)

Penganiayaan Membersihkan Jemaat
Kemakmuran melipat gandakan jumlah orang-orang yang mengaku (sebagai anggota-anggota jemaat). Kesengsaraan akan menggusur mereka keluar dari gereja. -4T 89 (1876)

Waktunya tidak akan lama bilamana ujian akan menimpa setiap jiwa. Tanda binatang itu akan dipaksakan kepada kita. Mereka yang selangkah demi selangkah telah menyerah kepada tuntutan-tuntutan duniawi dan menyesuaikan diri dengan tata cara duniawi tidak akan merasa sulit untuk menyerah kepada kuasa tersebut, daripada menjadi korban ejekan, hinaan, terancam dipenjarakan dan kematian. Pertarungan itu adalah antara hukum-hukum Allah melawan undang-undang manusia. Pada waktu itu emas akan dipisahkan dari barang rongsokan di dalam gereja. -5T 81 (1882).

Di masa tidak ada penganiayaan, ke dalam barisan kita sudah masuk orang-orang yang kelihatannya baik dan kekristenan mereka tidak disangsikan, tetapi jika timbul penganiayaan mereka akan meninggalkan kita. -Ev 360 (1890).

Bilamana Hukum Allah dihinakan gereja akan ditampi dengan ujian-ujian yang berat, dan bagian yang lebih besar daripada yang kita perkirakan sekarang akan mendengarkan roh-roh penggoda dan ajaran-ajaran si jahat. -2SM 368 (1891)

Orang-Orang Percaya yang Dangkal Akan Menyangkal Iman
Pekerjaan yang telah gagal dilakukan gereja pada masa damai dan makmur terpaksa harus dilaksanakannya pada masa krisis yang dahsyat di dalam keadaan-keadaan yang paling menciutkan hati dan menakutkan. Amaran-amaran yang telah dibungkam atau dihalangi akibat sikap kompromi dengan dunia harus disampaikan di bawah tantangan paling hebat dari musuh-musuh iman. Pada waktu itu golongan yang dangkal dan kolot yang pengaruhnya terus-menerus menghalangi kemajuan pekerjaan ini akan menolak iman. -5T 463 (1885).

Kalau Setan melihat bahwa Tuhan memberkati umat-Nya serta menyiapkan mereka menyadari penipuannya maka dia akan bekerja dengan kuasa utamanya untuk menanamkan kefanatikan di satu pihak dan formalitas yang kaku di pihak lain, sehingga dia bisa panen jiwa. -2SM 19 (1890).

Mereka yang mempunyai kesempatan dan peluang untuk menjadi cakap dalam menanggapi kebenaran namun terus melawan pekerjaan yang Allah hendak selesaikan akan disingkirkan, karena Allah tidak menerima pelayanan orang yang perhatiannya terbagi. -Ms 64, 1898.

Sementara cobaan-cobaan semakin bertambah di sekitar kita maka baik pemisahan maupun persatuan akan terlihat di kalangan kita. Sebagian orang yang sekarang ini siap memanggul senjata perang pada saat-saat yang genting akan menyatakan bahwa mereka itu tidak berdiri di atas batu karang; mereka akan menyerah kepada penggodaan. Mereka yang telah memiliki terang besar dan kesempatan berharga akan tetapi tidak memanfaatkannya akan keluar dari antara kita dengan satu dan lain alasan. -6T 400 (1900)

Kesaksian yang Tulus Menghasilkan Goncangan
Saya bertanya makna dari penampian yang telah saya lihat, dan ditunjukkan bahwa itu disebabkan oleh kesaksian tulus yang diserukan atas nasihat Saksi yang Benar itu kepada umat Laodikia. Hal ini akan berpengaruh di hati si pendengar, dan akan menuntun dia meninggikan standar dan mengemukakan kebenaran yang sesungguhnya. Sebagian orang tidak akan mendengarkan kesaksian yang tulus ini. Mereka akan bangkit menentangnya, dan ini akan menyebabkan suatu penampian di antara umat Allah. -1T 181 (1857).

Akan ada di antara kita yang, seperti halnya Akhan, hendak memberi pengakuan tetapi sudah terlambat untuk menyelamatkan diri mereka. . . . Mereka itu tidak selaras dengan yang benar. Mereka mengabaikan kesaksian yang tulus yang menyentuh hati itu, dan akan bersuka melihat setiap orang yang menyampaikan teguran itu terdiam. -3T 272 (1873)

Tuhan menyerukan pembaruan akan kesaksian yang tulus dari bertahun-tahun yang lalu. Ia menyerukan suatu pembaruan kehidupan rohani. Tenaga-tenaga kerohanian umat-Nya sudah lama tak berdaya, tetapi akan ada kebangkitan dari keadaan yang seolah-olah mati itu. Dengan doa dan pengakuan dosa kita harus membersihkan jalan bagi Raja. -8T 297 (1904).

Kritikan yang Tidak Adil Menyebabkan Hilangnya Jiwa-Jiwa
Di zaman kita ini pun sudah dan akan terus terjadi bahwa seluruh keluarga-keluarga yang tadinya bersuka di dalam kebenaran tetapi akan kehilangan iman karena fitnahan dan kebohongan yang disampaikan kepada mereka mengenai orang-orang yang telah mereka kasihi dan dengan siapa mereka mendapatkan nasihat yang manis. Mereka membuka hati mereka kepada ditaburnya lalang, lalang-lalang itu tumbuh subur di antara gandum-gandum, Lalang-lalang itu menjadi kuat, sedangkan gandum itu makin bertambah lemah. dan kebenaran yang berharga itu kehilangan Kuasa atas mereka.-TM 411 (1898).

Ajaran-Ajaran Palsu Menyesatkan Sebagian Orang
Apa yang disebut ilmu pengetahuan dan agama akan ditempatkan saling bertentangan karena manusia yang fana tidak memahami kuasa dan kebesaran Allah. Kata-kata dari Nas yang Suci ini dihadapkan kepada saya, Bahkan dari antara kamu akan muncul beberapa orang yang dengan ajaran palsu mereka berusaha menarik murid-murid dari jalan yang benar untuk mengikut mereka (Kisah 20:50). lni pasti akan terlihat di antara umat Allah.–Ev 593 (1890).

Bilamana penampian itu tiba, dengan diperkenalkannya teori-teori palsu, para pembaca yang hanya sambil lalu serta dan tidak bertumpu pada sesuatu apa pun adalah bagaikan pasir yang berpindah-pindah. Mereka menyelinap ke satu pendirian untuk menyesuaikan suasana perasaan mereka yang getir.-TM 112 (1897).

Karena tidak menerima kasih kebenaran maka mereka akan ditipu oleh musuh itu; mereka akan menaruh perhatian kepada roh-roh yang menggoda serta ajaran-ajaran yang jahat dan akan meninggalkan iman.-6T 401 (1900). Musuh itu akan membawa teori-teori palsu, misalnya ajaran tentang tidak adanya kaabah. lnilah salah satu dari hal-hal yang menimbulkan orang berpaling dari iman.–Ev 224 (1905).

Penolakan Terhadap Kesaksian-Kesaksian ltu Mengakibatkan Kemurtadan
Satu hal yang pasti: Orang-orang Advent yang berdiri di bawah panji Setan pertama-tama akan meninggalkan iman mereka karena amaran dan teguran yang terdapat di dalam kesaksian-kesaksian Roh Allah.-3SM 84 (1903).

Penipuan Setan yang paling terakhir adalah membuat kesaksian Roh Allah itu tidak berarti. Bila tidak ada wahyu, menjadi liarlah rakyat (Amsal 29:18). Setan akan bekerja dengan banyak akal, dalam berbagai cara dan melalui kaki-tangan yang berbeda-beda, untuk menggoyahkan keyakinan umat Allah yang sisa terhadap kesaksian yang benar.-1SM 48 (1890).

Musuh telah mengerahkan segenap tenaga untuk menggoyahhan iman anggota-anggota kita terhadap kesaksian-kesaksian itu. . . . Beginilah yang direncanakan Setan, dan mereka yang sudah menyediakan jalan bagi umat itu supaya tidak mempedulikan amaran dan teguran dari Kesaksian Roh Allah itu akan melihat bahwa segala bentuk kesalahan akan melanda kehidupan.-3SM 83 (1890).

Adalah rencana Setan untuk melemahkan iman umat Allah terhadap kesaksian-kesaksian itu. Kemudian akan menyusul keragu-raguan akan dasar-dasar utama dari iman kita, tonggak-tonggak pendirian kita, lalu meragukan Kitab Suci, dan selanjutnya menuju kepada pendurhakaan. Apabila kesaksian-kesaksian yang tadinya dipercaya itu disangsikan dan ditinggalkan, Setan mengetahui bahwa orang-orang yang telah tertipu itu tidak hanya akan berhenti sampai di sini; dan dia akan melipatgandakan usaha-usahanya sampai mendorong mereka ke dalam pemberontakan yang tidak dapat disembuhkan lagi dan berakhir dengan kebinasaan.-4T 211.

Cacat di Antara Para Pemimpin Gereja
Banyak bintang yang pernah kita kagumi Karena kecakapannya belakangan akan lenyap dalam kegelapan. PK 188 (c.1914).

Orang-orang yang sangat dihormati-Nya pada babak-babak terakhir dari sejarah dunia ini akan mengikuti contoh Israel purba. . . . Penyimpangan dari prinsip-prinsip besar yang Kristus telah letakkan dalam pengajaran-pengajaran-Nya, melaksanakan rancangan-rancangan manusia, menggunakan Kitab Suci untuk membenarkan tindakan yang salah di bawah pekerjaan Lusifer yang jahat, akan memperkuat manusia dalam ketidak mengertiannya, dan kebenaran yang mereka perlukan untuk mencegah mereka dari perbuatan-perbuatan yang salah akan mengalir keluar dari jiwa seperti air yang mengalir keluar dari bejana yang bocor. 13MR 379, 381 (1904).

Banyak orang akan menunjukkan dirinya tidak menyatu dengan Kristus, bahwa mereka tidak mati terhadap dunia ini supaya mereka hidup bersama Dia; dan sering akan terjadi kemurtadan dari orang-orang yang menduduki jabatan- jabatan yang bertanggung jawab.-RH 11 September 1888.

Pendeta-Pendeta yang Tidak Disucikan Akan Dicabut
Masalah besar yang sudah sangat dekat (yaitu pemaksaan undang-undang hari Minggu) akan mencabut keluar mereka yang tidak ditunjuk oleh Allah, dan la akan menyiapkan pelayan yang murni, sejati, dan disucikan untuk hujan akhir itu.-3SM 385 (1886).

Banyak yang akan berdiri di mimbar kita dengan obor nubuatan yang palsu di tangan mereka, yang dinyalakan dari obor jahanam Setan. . . .

Sebagian akan meninggalkan kita yang tidak lagi mengusung tabut perjanjian itu. Tetapi orang-orang inl tidak dapat membangun tembok untuk menghalangi kebenaran; Karena kebenaran itu akan terus maju dan naik sampai kesudahan.- -TM 409, 411 (1898).

Para pendeta dan dokter-dokter bisa meninggalkan lman, sebagaimana Firman itu menyatakannya demikian, dan sebagaimana pekabaran-pekabaran yang Allah berikan kepada hamba-hamba-Nya itu menyatakan bahwa mereka akan berbuat demikian.–7MR 192 (1906).

Gereja Mungkin Saja Kelihatan Seperti Hendak Runtuh
Goncangan dari Allah akan meniup banyak orang bagaikan daun-daun yang kering.-4T 89 (1876).

Sekam bagaikan awan akan beterbangan oleh angin, bahkan dari tempat-tempat di mana kita melihat lantainya penuh dengan gandum.-5T 81 (1882).

Segera umat Allah akan diuji dengan cobaan-cobaan yang hebat, dan sebagian besar dari mereka yang sekarang ini kelihatan asli dan sejati akan terbukti hanya logam biasa saja.

Bilamana agama Kristus sangat diremehkan, apabila Hukum-Nya begitu disepelekan, maka hendaklah semangat kita berada pada suhu paling panas, dan keberanian serta keteguhan kita di titik paling tak tergoyahkan. Berdiri mempertahankan kebenaran dan kesalehan ketika umumnya orang mengabaikan kita, berjuang dalam pertarungan Tuhan tatkala para pejuang hanya sedikit inilah yang menjadi ujian kita. Pada saat ini kita harus menghimpun kehangatan dari kesejukan orang-orang lain, keberanian dari kekecutan hati mereka, dan kesetiaan dari pengkhianatan mereka.-5T 136 (1882).

Gereja bisa saja kelihatan seperti hendak runtuh, tetapi itu tidak runtuh. Gereja tetap berdiri, sementara orang-orang berdosa di Sion akan ditampi – sekam akan dipisahkan dari gandum yang berharga. lni merupakan suatu siksaan yang mengerikan, namun demikian itu harus terjadi.-2SM 380 (1886).

Sementara badai itu mendekat sekelompok besar orang-orang yang mengaku beriman kepada pekabaran malaikat yang ketiga, tetapi belum disucikan melalui penurutan akan kebenaran, meninggalkan tempat mereka dan bergabung dengan barisan penentang.-CG 608 (1911).

Umat Allah yang Setia Akan Dinyatakan
Tuhan mempunyai hamba-hamba yang setia yang pada masa penampian dan ujian akan dimunculkan. Ada orang- orang berharga yang kini bersembunyi yang tidak menyembah Baal. Mereka belum memiliki terang yang memancar atasmu dengan cahaya yang benderang. Tetapi bisa saja dengan penampilan luar yang kasar dan tidak menarik, tabiat Kristiani yang jernih dan asli akan dinyatakan. Pada siang hari kita menatap langit tetapi tidak melihat bintang. Bintang-bintang itu ada di sana. terdapat dicakrawala, tetapi mata tidak dapat melihatnya. Pada malam hari kita memandang kemilaunya yang sesungguhnya.–5T 80, 81 (1882).

Pada setiap peristiwa terjadinya penganiayaan saksi-saksi itu mengambil keputusan, apakah memihak Kristus atau melawan Dia. Mereka yang menunjukkan simpati kepada orang-orang yang diperlakukan dengan tidak adil, yang tidak kejam terhadap mereka, menunjukkan hubungan mereka pada Kristus.-ST, 20 Februari 1901.

Biarlah timbul pertentangan, biarlah kefanatikan dan kekerdilan jiwa merajalela, biarlah penganiayaan disulut, sehingga orang yang setengah-setengah hati dan munaik goyah dan meninggalkan iman; tetapi orang Kristen yang sejati akan berdiri teguh bagaikan batu karang, imannya bertambah kokoh, pengharapannya makin cerah ketimbang pada masa kemakmuran.—GC 602 (1911).

Jiwa-Jiwa yang Baru Bertobat Akan Menggantikan Mereka yang Murtad
Sebagian orang telah tersingkir keluar dan ditinggalkan di pinggir jalan. Orang yang ceroboh dan lalai, yang tidak bergabung dengan mereka yang cukup menghargai kemenangan dan keselamatan sehingga memohonnya serta merindukannya dengan iba dan sungguh-sungguh, tidak mendapatkannya, mereka ditinggalkan dalam kegelapan, dan tempat-tempat mereka langsung diisi oleh orang-orang lain yang memegang teguh kebenaran lalu masuk ke dalam barisan kita.—EW 271 (1858).

Lowongan yang kosong akan diisi oleh mereka yang disebutkan Kristus sebagai orang yang bergabung pada jam sebelas. Ada banyak orang dengan siapa Roh Allah bekerja keras. Waktu penghakiman Allah yang membinasakan ltu merupakan waktu kemurahan bagi mereka yang (sekarang) tidak mempunyai kesempatan untuk belajar apa itu kebenaran. Dengan perasaan sendu Tuhan akan memandang mereka. Hati-Nya yang berkemurahan itu terjamah, lengan-Nya tetap terkedang untuk menyelamatkan, sedangkan pintu sudah tertutup bagi mereka yang tidak mau masuk. Sejumlah besar orang akan diizinkan, yang baru pertama kalinya mendengar tentang kebenaran pada hari-hari terakhir ini.-Surat 103, 1903.

Standar demi standar ditinggalkan dalam debu di jalanan, sementara rombongan demi rombongan dari pasukan Tuhan menggabungkan diri dengan musuh, dan suku demi suku dari barisan musuh itu bergabung dengan umat Allah yang memelihara hukum.-8T 41 (1904).

akhirzaman.org

Leave a Reply