Menyingkap Rahasia Tulisan Yohanes

October 23, 2012 - Steve Wholberg

Mari kita buka Mazmur  77:13 (King James Version): Thy way, O God, is in the sanctuary: who is so great a God as our God? Terjemahan Alkitab Bahasa Indonesianya kurang tepat, seharusnya “Ya Allah, Jalan-Mu ada di Bait Suci! Allah manakah yang begitu besar seperti Allah kami?” Bila kita ingin mengetahui jalan Tuhan, maka kita harus mempelajari Bait Suci. Pikiran manusia berdosa tidak dapat mengetahui jalan-jalan Tuhan, khususnya peristiwa akhir zaman. Oleh sebab itu Allah memberikan petunjuk mengenai hal ini melalui Bait Suci yang sangat penting bagi kita yang hidup pada akhir zaman. Mari kita belajar kembali struktur Bait Suci Duniawi, yaitu Bait Suci yang ada di padang gurun yang merupakan model mini dari Bait Suci Sorgawi.

Kalau orang Israel masuk ke pelataran Bait Suci, maka mereka akan melihat mezbah tempat korban bakaran, disamping mezbah ada wadah berisi air, tempat Imam membasuh kakinya. Kita tau bahwa Bait Suci terbagi dua, tempat yang kudus dan yang maha kudus, jadi ketika selesai dengan upacara korban, Imam akan masuk ke tempat yang kudus, dimana ditempat ini terdapat 7 kaki dian, meja roti sajian dan mezbah pembakaran ukupan. Ketika Imam Besar masuk ke tempat yang maha kudus, dia akan melihat tabut perjanjian dengan tutup perdamaian/mercy seat, lalu ada kerub kemuliaan disamping kiri dan kanan tabut/cheribium, lalu ada cahaya diatas penutup tabut yang disebut sebagai shakina dan didalam tabut inilah disimpana 2 loh batu/10 hukum Allah.

Apa yang akan saudara baca berikut ini  adalah menyangkut rahasia yang sangat menakjubkan, jarang sekali disinggung dalam KKR-KKR dan seminar-seminar Alkitab.  Mari kita baca ayat-ayat berikut ini:

Yohanes 1:29 Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: “Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia. Yesus adalah Anak Domba = Mezbah Korban Bakaran (= baca paralel). Yohanes 4:14 tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal.” Yesus adalah air kehidupan kekal= Air pada wadah pencuci kaki. Yohanes 6:35 Kata Yesus kepada mereka: “Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi. Yesus adalah roti hidup=Meja Sajian Roti Yohanes 8:12 Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: “Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.” Yesus adalah terang dunia=7 kaki dian emas. Yohanes 14:15 “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku”. Kasih akan Aku, turut segala hukum-Ku=Tabut Perjanjian.

Sudahkah saudara menemukan rahasianya? Ya, benar! Buku Yohanes ditulis mengikuti pola kemah suci, mulai dari domba, air, roti, terang, hukum Allah (lihat urutan pasalnya). Baca kembali ayat inti kita diatas, Mazmur 77:13. Desain Bait Suci mengacu kepada Yesus Kristus dari awal hingga bagian akhir. Dia adalah anak domba Allah, Dia adalah air kehidupan, Dia adalah terang dunia dan karakter-Nya tersirat dalam 10 hukum. Banyak sekali orang Kristen yang bingung, mereka bertanya, hukum yang mana yang harus kita turut? Bukankah banyak hukum dalam Alkitab? Disini, semua itu dengan jelas terjawab. Yesus menunjuk kepada hukum yang terdapat dalam tabut perjanjian di Bait Suci Allah yaitu 10 hukum, yang ditulis dengan jari tangan Allah sendiri yang diberikan kepada Musa di bukit Sinai.

Bukan cuma di buka Yohanes saja terdapat rahasia Bait Suci, masih ada lagi, teruslah membaca hingga akhir. Yang ini juga jarang dibahas, barangkali seumur hidup baru sekarang saudara mengetahui tentang hal ini. Ini adalah wahyu yang diberikan Allah kepada Yohanes yakni ada dalam buku Wahyu. Perhatikan pola dan urutan wahyunya.

Wahyu 1:5 dan dari Yesus Kristus, Saksi yang setia, yang pertama bangkit dari antara orang mati dan yang berkuasa atas raja-raja bumi ini. Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya- Wahyu 1:12 Lalu aku berpaling untuk melihat suara yang berbicara kepadaku. Dan setelah aku berpaling, tampaklah kepadaku tujuh kaki dian dari emas.Wahyu 4:5 Dan dari takhta itu keluar kilat dan bunyi guruh yang menderu, dan tujuh obor menyala-nyala di hadapan takhta itu: itulah ketujuh Roh Allah.Wahyu 8:3         Maka datanglah seorang malaikat lain, dan ia pergi berdiri dekat mezbah dengan sebuah pedupaan emas. Dan kepadanya diberikan banyak kemenyan untuk dipersembahkannya bersama-sama dengan doa semua orang kudus di atas mezbah emas di hadapan takhta itu.Wahyu 8:5 Lalu malaikat itu mengambil pedupaan itu, mengisinya dengan api dari mezbah, dan melemparkannya ke bumi. Maka meledaklah bunyi guruh disertai halilintar dan gempa bumi. Wahyu 9:13 Lalu malaikat yang keenam meniup sangkakalanya, dan aku mendengar suatu suara keluar dari keempat tanduk mezbah emas yang di hadapan Allah,Wahyu 11:19 Maka terbukalah Bait Suci Allah yang di sorga, dan kelihatanlah tabut perjanjian-Nya di dalam Bait Suci itu dan terjadilah kilat dan deru guruh dan gempa bumi dan hujan es lebat.

Yohanes mendapatkan wahyu tentang Bait Suci Surgawi dimana tabut perjnjian berada, jadi ini menyangkut tempat yang maha kudus! Kalau saudara membaca dan memperhatikan dengan baik, tampak akselerasi kedasyatan kuasa Allah, dari dua, lalu tiga, dan kemudian empat tanda alam: kilat, deru guruh, gempa bumi, hujan es lebat!

Apa makna semua ini? Buku Wahyu juga mengikuti pola urutan desain kemah suci. Semakin kedalam Bait Suci Surgawi, tampak kuasa Allah semakin besar ditunjukkan. Tahukah saudara bahwa Bait Suci Surgawi ini mengungkapkan sejarah dan kondisi spiritual gereja dari zaman ke zaman? Tahukah saudara apakah maksudnya peningkatan kuasa Allah semakin kita masuk kedalam Bait Suci? Jelas ini berarti bahwa Allah mau agar kita jangan mengabaikan 10 hukum Allah yang tersimpan dalam tabut perjanjian yang tersimpan di tempat yang maha kudus Bait Suci Surgawi. Ironisnya, saat ini, sebagian besar umat Kristen melupakannya. Mengapa? Oleh karena 10 hukum adalah cerminan karakter Allah. Dia telah mati dikayu salib agar kita boleh selamat. Pekabaran ini kiranya bisa mempersiapkan kita bagi kedatangan-Nya.

Narasumber: Audio “Endtime Insights” Steve Wohlberg, www.whitehorsemedia.com

› tags: rahasia tulisan yohanes /

Leave a Reply