Rangkuman Nubuatan Antikristus

October 17, 2012 - Steve Wholberg

 

Siapa sebetulnya Antikristus itu? Ini adalah nubuatan yang terbesar dan paling mengejutkan dalam Alkitab. Sama dengan jigsaw puzzle, kita harus bisa menggabungkan bagian-bagian gambar menjadi satu, baru kita bisa melihat gambar yang seutuhnya. Demikian juga dengan nubuatan Antikristus, kita harus menggabungkan ayat-ayat  dari buku Daniel, 2 Tesalonika 2, Johanes 1,2 dan banyak ayat-ayat dari buku Wahyu untuk bisa melihat gambar apa yang akan muncul dari sosok Antikristus ini!

Coba kita baca Daniel 7:1,3.5,6,7,8,23: Pada tahun pertama pemerintahan Belsyazar, raja Babel, bermimpilah Daniel dan mendapat penglihatan-penglihatan di tempat tidurnya. Lalu dituliskannya mimpi itu, dan inilah garis besarnya: 7:3       dan empat binatang besar naik dari dalam laut, yang satu berbeda dengan yang lain. 7:5    Dan tampak ada seekor binatang yang lain, yang kedua, rupanya seperti beruang; ia berdiri pada sisinya yang sebelah, dan tiga tulang rusuk masih ada di dalam mulutnya di antara giginya. Dan demikianlah dikatakan kepadanya: Ayo, makanlah daging banyak-banyak. 7:6 Kemudian aku melihat, tampak seekor binatang yang lain, rupanya seperti macan tutul; ada empat sayap burung pada punggungnya, lagipula binatang itu berkepala empat, dan kepadanya diberikan kekuasaan. 7:7 Kemudian aku melihat dalam penglihatan malam itu, tampak seekor binatang yang keempat, yang menakutkan dan mendahsyatkan, dan ia sangat kuat. Ia bergigi besar dari besi; ia melahap dan meremukkan, dan sisanya diinjak-injaknya dengan kakinya; ia berbeda dengan segala binatang yang terdahulu; lagipula ia bertanduk sepuluh. 7:8 Sementara aku memperhatikan tanduk-tanduk itu, tampak tumbuh di antaranya suatu tanduk lain yang kecil, sehingga tiga dari tanduk-tanduk yang dahulu itu tercabut; dan pada tanduk itu tampak ada mata seperti mata manusia dan mulut yang menyombong.7:23 Maka demikianlah katanya: Binatang yang keempat itu ialah kerajaan yang keempat yang akan ada di bumi, yang akan berbeda dengan segala kerajaan dan akan menelan seluruh bumi, menginjak-injaknya dan meremukkannya. Ini adalah nubuatan.  Ayat 8 adalah Antikristus yang dinubuatkan. Apa arti binatang di ayat 23? Ahli-ahli Alkitab sepanjang sejarah mengartikan bahwa binatang Singa, beruang, macan tutul, naga dengan 10 tanduk ini, mewakili bangsa besar seperti Babilon, Persia, Grika, Roma dan kalau kita lihat sejarah, hal ini memang benar terjadi. 10 tanduk adalah 10 bangsa besar yang muncul setelah kerjajaan Roma jatuh yaitu 10 bangsa Eropah saat ini. Lalu kemudin tanduk kecil muncul dari 10 tanduk ini. Kalau kit abaca dengan seksama, tanduk kecil ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Keluar dari biantangyangke-4 yaitu kerajaan Roma (ayat 19)
  2. Muncul disekitar Eropah barat (keluar dari 10 tanduk)
  3. Muncul pada saat 10tanduk itu sudah berkuasa (ayat 8,20)
  4. Muncul setelah runtuhnya kerajaan Roma yaitu pada abad 5,6
  5. Akan ada mata dan mulut yang menyombong (ayat 8,20)
  6. Akan menganiaya umat Allah (ayat 21)

Jadi itulah bagian dari jigsaw puzzle pada buku Daniel.

Mari kita lihat bagian lain dari jigsaw puzzle yang terdapat di 2 Tesalonika 2 tentang Antikristus misterius ini. Kita baca 2 Tesalonika 2:1-8. Tentang kedatangan Tuhan kita Yesus Kristus dan terhimpunnya kita dengan Dia kami minta kepadamu, saudara-saudara,2:2 supaya kamu jangan lekas bingung dan gelisah, baik oleh ilham roh, maupun oleh pemberitaan atau surat yang dikatakan dari kami, seolah-olah hari Tuhan telah tiba.2:3 Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa, 2:4 yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah.2:5 Tidakkah kamu ingat, bahwa hal itu telah kerapkali kukatakan kepadamu, ketika aku masih bersama-sama dengan kamu?2:6     Dan sekarang kamu tahu apa yang menahan dia, sehingga ia baru akan menyatakan diri pada waktu yang telah ditentukan baginya.2:7 Karena secara rahasia kedurhakaan telah mulai bekerja, tetapi sekarang masih ada yang menahan. Kalau yang menahannya itu telah disingkirkan,2:8 pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulut-Nya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang kembali.  Ini sudah kita bahas pada video-video sebelumnya. Jadi saya akan meringkaskannya saja: Antikristus (walaupun Paulus tidak menggunakan istilah itu, tapi pengertiannya sama saja) akan muncul sebelum Yesus datang. Yesus menggunakan istilah manusia durhaka yang mengacu kepada Yudas. Kemurtadan model Yudas adalah kemurtadan yang muncul dari dalam gereja,  yang akan melahirkan Antikristus. Antikristus disini parallel dengan tanduk kecil dalam Daniel 7, yang menyombongkan diri dan memiliki mata dan mulut seperti manusia. Antikristus akan duduk di bait Allah, yang kalau kita lihat kata aslinya adalah Naos, oleh Paulus diartikan sebagai gereja dalam Efesus 2:19-21. Dalam ayat 7, Antikristus sudah dimulai sejak zaman Paulus dan akan terus berlangsung sepanjang sejarah hingga kedatangan Kristus yang akan membinasakannya.

Mari kita lihat bagian lain dari jigsaw puzzle yang terdapat di buku Wahyu: Wahyu 13:1,5,7 Dan ia tinggal berdiri di pantai laut. (13-1) Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat. 13:5      Dan kepada binatang itu diberikan mulut, yang penuh kesombongan dan hujat; kepadanya diberikan juga kuasa untuk melakukannya empat puluh dua bulan lamanya.13:7 Dan ia diperkenankan untuk berperang melawan orang-orang kudus dan untuk mengalahkan mereka; dan kepadanya diberikan kuasa atas setiap suku dan umat dan bahasa dan bangsa.  ini adalah binatang yang diartikan sama oleh semua ahli-ahli Alkitab, dengan manusia durhaka versi Paulus , juga sama dengan tanduk kecil versi Daniel yang tidak lain adalah Antikristus. Wahyu 13:5, sama dengan Daniel 7:8,20. Wahyu 13:7 sama dengan Daniel 7:21. Binatang atau kekuasaanini akan memiliki pengaruh global/mengendalikan dunia.

Jadi kesimpulan dari gabungan Daniel 7, 2 Tesalonika 2:2, dan Wahyu 13 adalah:

  1. Antikristus sudah mulai sejak zamannya Paulus
  2. Antikristus lahir akibat dari kemurtadan didalam gereja, mengacu kepada kemurtadan model Yudas, dimana Yesus menggunakan istilah manusia durhaka, sama sepeti yang diistilahkan oleh Paulus.
  3. Antikristus akan duduk dalam bait Allah, yang artinya, dia akan memiliki posisi kekuasaan yang akan melawan kekuasaan Yesus Kristus.
  4. Antikristus mucul dari kerjaaan Roma, binatang ke-4
  5. Antikristus muncul setelah kerajaan Roma jatuh.
  6. Antikristus muncul setelah 10 tanduk berkuasa
  7. Antikristus mucul di Eropah Barat dimana 10 kerajaan ini muncul.
  8. Antikristus akanmenjadi suatu kekuasaan yang menyombongkan diri
  9. Antikristus akan memerangi orang-orang Kristen/umat Allah dan mengalahkan mereka
  10. Antikristus disebut sebagai binatang dalam buku Wahyu yang berarti kerajaan/bangsa, bangsa yang sangat berkuasa.
  11. Antikristus akan terus berkuasa hingga kedatangan Kristus
  12. Anti kristus memiliki kekuasaan global/pengaruh global sesuai dengan wahyu 13:7,8

Inilah fakta Alkitab, apa artinya semua ini? Saya tau ini adalah kesimpulan yang kontroversial dan bukan sesuatu yang populer. Yang saya berikan adalah fakta-fakta Alkitab dan berdasarkan dokumen-dokumen sejarah. Saya menantang saudara memperlajari  sendiri topik ini dengan seksama. Interpretasi populer saat ini adalah Antikristus itu mengacu pada 1 orang jahat yang akan menucul di masa yang akan datang setelah rapture, setelah kita tidak  lagi berada di dunia ini, menjelang kedatangan Kristus yang kedua kali. Namun kalau kita membaca majalah Newsweek edisi 1 November 1959, hal 71, yang sebetulnya hanya menyatukan apa yang Martin Luther dan reformer protestan telah simpulkan selama 400 tahun, maka kita akan mendapati bahwa:  Martin Luther adalah orang yang pertama yang mengindikasikan bahwa kepausan adalah Antikristus itu. Ini adalah pandangan yang menjadi dogma semua gereja protestan. Umat protestan sepanjang sejarah sangat jelas mengacu kepada Kepausan sebagai Antikristus. Dalam buku “All Roads Lead to Rome” yang dikarang oleh Michael Desemlven, cetakan 91, dia membagikan fakta sejarah yang mana Wycliff, Tyndale, Luther, Calvin, Cranmer, para penerjemah Alkitab King James, juga mereka yang mempublikasikan Westminster dan Batis Confession of Faith, Sir Isaac Newton, John Wesley (pendiri gereja Methodist), Witfild, Jonathan Edwards, Spurgeon (Baptist Preacher), Bishop Relly, Dr. Martin Loyd Jones dan masih banyak lagi yang tidak terhitung jumlahnya, semua mengartikan kekuasaan kepausan adalah Antikristus. Apakah orang-orang Protestan di era reformasi itu benar dalam mengartikan nubuatan? Saya mau saudara mempelajarinya sendiri. Sebagai penutup, mari kita baca Johanes 8:31,32. Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: “Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku 8:32 dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.”

 

› tags: rangkuman antikristus /

Leave a Reply