Simak Perbandingan Pandangan tentang Armageddon!

June 10, 2015 - Sammy Lee

ARMAGEDDON MENURUT PANDANGAN ORANG KRISTEN PADA UMUMNYA

Armageddon disebutkan sebagai PERANG DUNIA YANG TERAKHIR. Perang ini akan terjadi di Israel sehubungan dengan kedatangan Tuhan Yesus yang ke 2. Ayat 2 yang menjelaskan Perang Dunia Terakhir ini adalah:

Daniel 11:50-45

Joel 3:9-17

Zacharia 14:1-3

Wahyu 16:14-16.

Lokasi ini ada di Israel Utara kira2 38 KM sebelah tenggara kota Haifa dan 90 KM sebelah utara kota Jerusalem.Lokasi ini pernah tercatat di Alkitab sebagai lokasi pertempuran Barak vs Kanaan (Hakim-hakim 4 ) dan Gideon vs Midian (Hakim-hakim 7 ).

APAKAH ARMAGEDDON ITU?

Kata “Armageddon” berasal dari bahasa Ibrani yaitu Har Mageddon. “Har” artinya Bukit. “M ageddon” artinya reruntuhan kota kuno bernama Megiddo yang berada di Lembah Esdraelon disebelah utara Israel.

Manurut Alkitab,sejumlah pasukan dalam kekuatan yang besar dari barat dan timur Jerusalem akan bersatu untuk menyerang Jerusalem.Antichrist akan menghancurkan tentara dari selatan yang mengancam kekuasaan Antichrist dan Antichrist ini juga akan menghancurkan Babylon di timur sebelum

Antichrist sendiri yang akhirnya akan mengerahkan kekuatannya ke Jerusalem.Pada saat Antichrist pengerahkan kekuatannya menuju Jerusalem,Tuhan Yesus sendiri yang akan datang dan menghancurkan Antichrist,menolong bangsa Israel .Wahyu 19:11-21.

APAKAH TUJUAN ARMAGEDDON?

Mempersiapkan Kerajaan 1000 tahun di bumi yang akan dipimpin oleh Tuhan Yesus sendiri. Wahyu 20:1-6.

KAPAN PERANG ARMAGEDDON AKAN TERJADI?

Alkitab mengatakan bahwa perang ini akan terjadi SETELAH RAPTURE paramempelai Kristus dan PADA AKHIR 7 TAHUN TRIBULATION.Jadi sebelum Perang Armageddon harus terjadi dulu RAPTURE.Setelah RAPTURE,Israel akan mengadakan Perjanjian Damai dengan Antichrist selama 7 tahun.Dan pada pertengahan 7 tahun ( 3,5 tahun yang kedua Antichrist akan menindas Israel,dan akhir dari 7 tahun akan terjadi Perang Armageddon.Perang dalam Wahyu 16:14 dalam bahasa Yunani adalah POLEMOS yang artinya adalah perang yang panjang,bukan perang 1 atau 2 hari.

SIAPAKAH YANG AKAN TERLIBAT DALAM PERANG ARMAGEDDON?

Alkitab mengatakan semua bangsa dunia akan bersatu untuk melawan Israel.

Zacharia 12:3

Zacharia 14:2

Wahyu 16:14

Salah satu bangsa yang disebutkan di Alkitab adalah raja2 dari timur,Wahyu 16:12,yang akan menyeberangi sungai Euphrat.Banyak yang mengartikan kekuatan dari timur ini adalah Cina dan India.Karena saat ini perekonomian mereka saat ini sedang meledak dan untuk menggerakkan perekonomian ini dibutuhkan 1 hal yaitu MINYAK.Dan hanya satu tempat di dunia ini yang kaya akan minya yaitu Timur Tengah.

APAKAH TAHAPAN2 NYA DALAM PERANG ARMAGEDDON?

Ada 8 tahap.

  1. Pengumpulan kekuatan Antichrist.Yoel 3:9-11,Mazmur 2:1-6,Wahyu 16:12-16.
  2. Penghancuran kota Babylon,Yesaya 13-14,Yeremia 50-51,Wahyu 17-18.
  3. Jerusalem jatuh,Mika 4:11-5:1,Zacharia 12-14.
  4. Kekuatan Antichrist di Bozrah,Yeremia 49:13-14.
  5. Regenerasi Israel,Mazmur 79:1-13,Yesaya 64:1-12,Hosea 6:1-13, Yoel 2:28-32,Zacharia 12:10,Zacharia 13:7-9,Roma 11:25-27.
  6. Kedatangan Tuhan Yesus yang ke 2,Yesaya 34:1-7,Yesaya 63:1-3, Habakuk 3:3,Mika 2:12-13.
  7. Perang dari Bozrah sampai ke Lembah Jehoshaphat, Yeremia 49:20-22, Zacharia 14:12-15, Yoel 3:12-13.
  8. Kemenangan di Bukit Zaitun,Zacharia 14:3-5,Yoel 3:14-17, Matius 24:29-31,Wahyu 16:17-21,Wahyu 19:11-21.

APA YANG TERJADI SETELAH PERANG ARMAGEDDON?

Tuhan Yesus akan menghancurkan kekuatan2 dunia yang ingin melawan Tuhan dan setelah itu Tuhan sendiri yang akan memerintah di bumi ini dari Jerusalem untuk 1000 tahun.

BIBLIOGRAPHY

Dyer Charles,World News and Bible

Prophecy;Tyndale House,1991.

Feinberg Paul,The Mideast March to

Megiddo;Harvest House Publisher,1997.

Fruchtenbaum Arnold,Footstep of The Messiah;Ariel Press,2003.

Hindson Ed,Approaching Armageddon;Harvest House Publisher,1997.

Jeffrey Grant,Armageddon,Appointment with Destiny;Bantam Books,1991.

 

Mengenai apa yang terjadi setelah RAPTURE dan sebelum Perang Armageddon adalah perang antara Israel melawan Gog,Yehezkiel 38-39.

Dari pasal ini dapat kita pelajari bahwa:

Rosh = Russia,lihat terjemahan New American

Standard Bible.

Magog = Asia Tengah

Mesech = Turki

Tubal = Turki

Persia = Iran

Ethiopia ( Cush ) = Sudan

Put = Libya

Gomer = Turki

Beth Togarma = Turki

Yang menjadi pimpinan dari Gog ini adalah Russia bersama sekutu terdekatnya yaitu Iran.Kalau kita melihat situasi terakhir ini,Hezbollah merupakan partai yang berkiblat pada Islam Shiah didikan rezim Teheran Iran.Jadi secara tidak langsung,Iran sedang menguji kekuatan Israel sebelum nanti bersama

Russia mereka akan menginvasi Israel. Tetapi bagaimana nasib bangsa Israel? Tuhan Yesus sendiri yang akan menyelamatkan Israel.Dapat dibaca di Yehezkiel 38:18-18-23. Tuhan sendiri yang melawan bangsa Russia dan sekutu2 Islamnya dan perlu waktu 7 bulan untuk membersihkan sisa2 perang ini,Yehezkiel 39:12. Perang ini adalah Perang Dunia ke 3 yang akan terjadi sesudah RAPTURE.Setelah Perang Dunia ke 3 ini,dunia masih akan menghadapi perang besar yang terakhir yaitu Perang Armageddon.

Jadi masihkah kita suam2 kuku ikut Kristus?

Persiapkan diri kita menjadi mempelaiNya yang bijaksana,BACK TO BIBLE,karena kita tidak tahu kapan RAPTURE itu. Tuhan Yesus berkata tentang Hukum yang terutama di Matius 22:37-39.

Nomor 1 adalah Kasih kita kepada Tuhan dengan segenap hati,jiwa dan akal budi.

Nomor 2 adalah Kasih kita kepada sesama manusia seperti kita mengasihi diri kita sendiri.

 

ARMAGEDDON MENURUT PANDANGAN ADVENT:

Salam kasih dalam Yesus Kristus,

Sejauh saya tahu, hanya Advent yang menyatakan bahwa Israel dalam nubuatan akhir zaman tidak berkenaan dengan bangsa Israel fisik, tapi Israel Rohani (Umat Allah).  Dan hanya Advent yang meyakini bahwa masa 1000 tahun adalah waktu umatNya ada di surga, sedang gereja lain menyatakan 1000 tahun adalah di bumi ini.

Kepercayaan tentang rapture ini banyak dianut oleh orang aliran Pentakosta bahkan mereka ada yang disebut dengan secret rapture.

Banyak Kristen lain yang mengetahui nubutan 70 minggu di Daniel 9, tapi ada sedikit perbedaan yaitu pada masa 3 1/2 tahun terakhir, setelah penyaliban Yesus, dibuang ke masa yang akan datang dan mereka hubungkan dengan Wahyu 12 dan 13 mengenai 42 bulan.  Oleh sebab itu bagi mereka Israel yang sekarang masih umat Tuhan, sedangkan di Advent, 3 1/2 tahun itu berlanjut dan jatuh tahun 34 dimana terjadi peristiwa Stefanus di rajam batu, dan ini menandai masa berakhirnya masa nubuatan 70 minggu, berarti berakhir masa Israel menjadi umat Allah, sebab mereka tidak dapat menggenapi perintah/ syarat yang Tuhan berikan di Daniel 9:24, guna menyambut Mesias.  Kemudian Tuhan memilih umat yang percaya kepada Yesus Kristus sebagai umatNya (I Petrus 2:9).

Dalam keyakinan kita, Armagedon bukanlah perang fisik antara Israel dengan lawannya, tapi perang yang bersifat rohani yaitu Umat Allah yang di tindas oleh Antikristus.

Mengapa digunakan istilah armagedon, sebab memang di sekitar lembah megido itulah terjadi beberapa peristiwa menentukan mengenai peperangan umat Tuhan melawan umat ular tua, dimana nama Tuhan dipertaruhkan,  misalnya peristiwa Elia, dan raja Yosafat.  Dimana dalam peristiwa tersebut dinyatakan bagaimana Tuhan menyatakan kebenaran dan kuasaNya.

 

Demikian pula peperangan akhir zaman, bukan lagi masalah keselamatan pribadi umat Allah yang akan menjadi pertaruhan, walaupun kita terlibat di dalamnya tetapi masalah kebesaran nama Allah. Umat yang mengalami peristiwa itu adalah umat Allah yang istimewa dimana disebut sebagai umat 144.000.

Bambang Purnomo

 

Apa yang dikatakan oleh Sdr. Bambang Purnomo memang benar.  Perang Armagedon mempunyai arti utama adalah perang antara Tuhan melawan kejahatan atau tentera kejahatan yang dipimpin oleh setan sendiri.  Tapi kita tidak boleh menutup kemungkinan pengertian bahwa yang akan memicu kepada dianiayakannya umat Tuhan dan dilaksanakannya Undang-undang Hari Minggu, adalah konflik di Timur Tengah.  Kalau sampai konflik itu tidak teratasi sehingga Irak, Iran, Syria, dan negara-negara Islam lainnya bersatu untuk menggempur Israel dengan peluru kendali nuklir, maka itu akan mengakibatkan kehancuran yang parah yang akan dirasakan seluruh dunia.  Atau sebaliknya akan memberikan suatu alasan bagi USA dan Vatikan untuk menyerukan usaha perdamaian bagi seluruh dunia dengan menganjurkan Pemeliharaan Hari Minggu, sebagai satu-satunya wayout yang logis, membendung perang total dan menghindarkan bencana-bencana alam yang makin marak dan dahsyat, dengan alasan “Tuhan Allah marah akibat manusia menolak untuk menghormati Dia dan berbakti pada “Hari Tuhan” atau Hari Minggu”

Jadi konflik di Palestina mungkin bukan yang dimaksudkan dengan Perang Armagedon dalam kitab Wahyu, tapi hanya merupakan “pemicu” untuk mencetuskan Perang Armagedon yang sebenarnya yang kita percayai sebagai umat Advent.

Semoga menjadi berkat dan semoga Roh Kudus menguatkan iman kita serta mempersiapkan kita untuk apa pun yang akan terjadi.

Sammy Lee

 

 

 

 

› tags: advent / ARMAGEDDON / kristen / NON ADVENT /

Leave a Reply