Sudah Tiba Saat Penghakiman-Nya

November 7, 2012 - Steve Wholberg

Tahukah Saudara sementara injil disampaikan keseluruh dunia, pada saat yang sama itu juga penghakiman Allah tengah berlangsung?
Coba kita baca Wahyu 14:6,7. Ayat 6 menjelaskan tentang pekabaran malaikat pertama tentang injil yang kekal ke seluruh dunia dan ayat 7 menyatakan bahwa penghakiman-Nya telah tiba! Kapankah kedua hal ini berlangsung? Baca Wahyu 14:14, yaitu menjelang peristiwa kedatangan Yesus yang kedua kali! Kalau kita baca dengan baik Pasal 14 dari buku Wahyu ini, maka pasal ini diawali dengan Pekabaran Tiga Malaikat yang terdiri dari pekabaran injil yang kekal, pemberitahuan bahwa masa penghakiman-Nya telah tiba dan peringatan tentang bahayanya menyembah binatang dan patungnya dan diakhiri dengan kedatangan Yesus yang kedua kali.
Pertanyaan, siapa yang dihakimi dalam ayat diatas? Coba baca 1 Petrus 4:17. Penghakiman akan dimulai pada rumah Allah sendiri. Apa artinya rumah Allah? Baca 1 Timotius 3:15. Rumah Allah adalah jemaat Allah yang hidup. Jadi penghakiman dimulai dari gereja Allah sendiri, yang terdiri dari orang-orang yang percaya pada Yesus Kristus. Mereka inilah yang lebih dahulu dihakimi.
Pertanyaan, keselamatan berdasarkan iman kepada Yesus Kristus, mengapa harus ada penghakiman? Kalau kita perhatikan bagian terakhir dari 1 Petrus 4:17, maka penghakiman dilakukan untuk memisahkan mereka yang percaya dan yang tidak percaya pada injil Allah. Kalau saudara baca ayat berikutnya, yaitu 1 Petrus 4:18, maka pada akhirnya ada 3 kelompok manusia, kelompok orang benar, orang fasik dan orang berdosa. Perhatikan, orang-orang benar dikatakan hampir-hampir tidak diselamatkan!
Pertanyaan, apa arti “telah tiba saat penghakiman-Nya” dalam Wahyu 14:7? Sebelum kedatangan Yesus yang kedua kali, Allah akan memeriksa terlebih dahulu mereka yang mengaku sebagai umat-umatNya, melihat kehidupan mereka, apakah mereka percaya pada injil dan menurutinya? Apakah kehidupan mereka sesuai dengan kepercayaan mereka? Atau hanya mengaku percaya tapi perbuatan mereka bertentangan dengan apa yang mereka percayai. Inilah tujuan penghakiman. Coba pikir, berapa banyak orang Kristen di dunia saat ini? 33% atau sekitar 2,1 milyar dari total 7 milyar penduduk dunia. Apakah 2,1 milyar orang Kristen ini adalah pengikut Yesus Kristus sejati? Tentu tidak, itu sebabnya perlu ada penghakiman untuk melihat apakah mereka betul-betul percaya dan menurut pada injil.
Tantangan bagi kita, apakah kita melakukan apa yang kita ucapkan? Apakah kita mengaku pengikut Kristus tapi perilaku kita mengingkari hal itu? 1 Petrus 4:18 menyatakan, orang-orang benar saja hampir tidak diselamatkan! Itu sebabnya perlu penghakiman untuk memisahkan orang-orang ini sehingga terbentuklah 3 kelompok manusia, seperti yang dijelaskan oleh 1Petrus 4:18, yaitu mereka yang selamat, yang fasik dan yang berdosa!
Allah sedang menghakimi gereja-Nya saat ini, oleh karena kita hidup pada hari-hari terakhir menjelang kedatangan Yesus Kristus yang kedua kali. Kalau kita baca Ibrani 10:30, dikatakan, Tuhan akan menghakimi umat-Nya, bukankah ayat ini sama dengan 1 Petrus 4:17, yaitu hari penghakiman-Nya telah tiba dan akan dimulai dari rumah Allah sendiri? Yesus sendiri memberikan perumpamaan tentang adanya penghakiman sebelum memasuki kerajaan-Nya. Coba saudara baca Matius 22:2,10,11. Banyak yang dipanggil tapi sedikit yang terpilih. Jadi bukan sekedar percaya saja tapi harus diikuti oleh penurutan.
Wahyu 14:7 adalah pekabaran malaikat pertama yang sangat penting. Orang-orang yang mengaku sebagai pengikut Kristus, merekalah yang akan dihakimi terlebih dahulu. Saya percaya penghakiman sementara berlangsung saat ini. Saya percaya pekabaran tiga malaikat sedang dikabarkan saat ini oleh umat-umat Tuhan diseluruh dunia. Saya percaya orang-orang yang mengaku Kristen namun tidak mengikuti perintah Allah, tidak akan dikenal bahkan diusir oleh Allah. Marilah kita benar-benar bertobat, memilih iman yang hidup agar jubah kebenaran-Nya yang sudah kita peroleh , dapat terus kita pakai hingga kedatangan Raja Alam Semesta nanti. (bersambung)

Leave a Reply