WALIKOTA RESMIKAN UNIT HEMODIALISIS RSA MANADO, MANADO MENUJU KOTA WISATA KESEHATAN

1 1 AA HEMODIALISIS

 

 

“Selamat melayani, Kota Kita semakin diberkati” adalah pernyataan terakhir dari Walikota Manado Dr. Ir. G. S. Vicky Lumentut S.H, M.Si, DEA, saat memberi sambutan Peresmian Unit Hemodialisis, Blessing Cafe & Lahan Parkir Rumah Sakit Advent Manado (RSAM), pada Senin (8/8) hari ini. Rencana ini sudah ditunggu sejak lama, dan waktu Tuhan saja hal itu bergulir tadi siang.

1 1 AA HEMODIALISIS2

Sebelumnya,  suami dari Prof. Dr. Julyeta Paula P. Runtuwene, M.Si yang baru-baru ini terpilih sebagai Rektor Universitas Negeri Manado (Rektor Perempuan UNIMA I), menyatakan bahwa dirinya sangat senang karena dirinya merupakan salah satu saksi sejarah berdirinya Rumah Sakit tersebut, baik sosialisasi dan meminta dukungan di dikalangan umat Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) di Amerika Serikat, peletakan batu pertama sampai saat ini. Hal itu dikarenakan Walikota terpilih dua kali ini adalah birokrat.

 

Salah satu kebanggaannya dan jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, adalah pelayanan total kepada Masyarakat Kota Manado yang diberikan RSAM lewat program Universal Coverage (UC) yang membuat Manado mendapatkan penghargaan sebagai Kota/Kabupaten terbaik dalam pelayanan publik beberapa waktu lalu. Sekitar 5 bulan lamanya kewajiban Pemkot Manado tidak diberikat, tapi institusi RSAM tetap konsisten melayani. “Iya, ditinggalkan Pemkot selama 5 bulan, tapi RSAM tetap melayani pasien UC”, katanya.

 

Sejalan dengan Visi dan Misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara yang telah banyak menggebrak khususnya dalam bidang Pariwisata, maka Orang Nomor 1 di Kota Manado itu optimis Manado akan menjadi salah satu destinasi wisata kesehatan. “Saat ini ada banyak orang di Manado (turis Tiongkok). Orang akan makin banyak datang di Kota Manado karena butuh layanan kesehatan”, paparnya.

 

Karenanya, pria murah senyum ini dalam perencanaan pembangunan telah memprioritaskan layanan kesehatan untuk pencapaian kunjungan tamu di daerah ini selain wisata Taman laut Bunaken. Banyak kalangan menggangap dirinya terlalu bermimpin untuk menjadikan Manado Kota Wisata Kesehatan. “Tapi kami bertekad dengan tulus. Ada banyak peluang”, katanya sembari mengutip juga tulisan Pena Inspirasi yang menyatakan bahwa pekerjaan misionaris medis (Rumah Sakit) adalah sebagai jalan masuk kebenaran”.

z hemodialisa6

Direktur RSAM Dr. Jay Tombokan, MBA mengungkap bahwa Lumentut tidak hanya sekadar menghadiri dan meresmikan 3 proyek tersebut tetapi secara nyata memberikan bantuan bersama jajajaran pemerintahan. Menurutnya, pria asal Remboken itulah yang terus mendorong pembangunan  fisik dan peralatan RSAM. “Beliau adalah penyumbang (Pemerintah dan DPR Kota Manado)”, sembari menyatakan besaran hibah bantuan alat kesehatan dialisis sebesar 2 Milyar Rupiah yang dianggarkan lewat APBD Kota Manado.

 

Menurut suami dari Mrs. Elisabeth Taliwongso yang percaya bahwa momen itu adalah karena perkenaan Tuhan, didirikannya Unit Hemodialisis (berawal dengan 5 unit mesin hemodialisi) adalah untuk menjawab kebutuhan tindakan medis. Sebab, data statistik menunjukkan bahwa angka kesakitan kegagalan ginjal kronis semakin meningkat.

 

Dokter yang setengah Pendeta ini, juga mengungkap bahwa Blessing Cafe yang didirikan untuk mempromosikan reformasi kesehatan. Kisaran biaya pembangunan adalah 600 Juta Rupiah, yang merupakan sumbangsih rekanan yang bekerja sama dengan RSAM selama ini, termasuk salah satu perbankan. Selanjutnya, lahan parkir sendiri menghabiskan anggaran 120 Juta Rupiah, yang dibangun oleh pengelola parkir di RSAM.

 

Kemudian, rencana strategis RSAM untuk jangka pendek juga dinyatakan, diantaranya menambah lebih kurang 30 Tempat Tidur (Bed) Pasien, baik kelas 1, 2 dan 3, untuk memenuhi kebutuhan Pasien BPJS dan UC. Jadi total RSAM dapat mengoperasikan 200 TT. “Kita tidak perlu khawatir menghadapi masa depan, kecuali kita melupakan Pimpinan Tuhan di masa lalu”, katanya mengutip tulisan Mrs. Ellen G. White.

z hemodialisa4

Ketua 1 Yayasan Rumah Sakit Advent Manado Pr. Novry Kaumpungan berterima kasih kepada Walikota Manado yang tidak pandang agama dan latar belakang tetapi membantu semua lembaga kesehatan dan pendidikan juga sosial. Ketua GMAHK Daerah Misi Bolaang Mongondow, Modoinding dan Gorontalo (BMG) ini mengurai pelayanan kasih yang diutamakan Yesus, dalam penyembuhan secara total, baik fisik, mental dan spiritual. “Yesus saat ini tidak ada. Karenanya RSAM punya tugas melanjutkan pelayanan kasih. Tidak ada pasien yang pulang karena tidak dapat pelayanan. Kalau demikian maka Direktur yang akan pulang duluan” katanya sembari mewanti-wanti.

z hemodialisa7

Kalau Ketua GMAHK Uni Konferens Indonesia Kawasan Timur (UKIKT) sekaligus sebagai Ketua Dewan Pembina Yayasan RSAM Pr. Semuel Y. Bindosano juga berharap agar semua khalayak pelayan di RSAM bisa total dalam pelayanan. “Lakukan yang terbaik dalam memenuhi kebutuhan kesehatan di Kota Manado”, katanya sambil tersenyum.

z hemodialisa3

Unit Hemodialisis dioperasikan oleh tenaga profesional yakni Prof. Dr. dr. Emma Syarifih Moeis Sp.PD-KGH, FINASIM (Ketua Perhimpunan Nefrologi Republik Indonesia – Pernefri Cabang Sulawesi Utara), Dr. Stella Pallar Sp.PD-KGH, Dr. Ventje Kawengian, Sp.PD (K) yang juga adalah Ketua IDI Kota Manado, Dr. Merry Rawung-Togalami (Sertifikasi) dan 8 Tenaga Perawat.

 

Kegiatan peresmian dihadiri juga oleh Muspida Kota Manado, Ketua DPR Kota Manado Nortje Henny Van Bone, Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado. Dr. Robby Mottoh, Rektor Universitas Klabat (Unklab) Airmadidi Pr. Amelius Tommy Mambu, Ph.D, Prof. Daniel C. Kambey, MA, Ph.D, Direktur BPJS Cabang Manado dan Dr. Greisty E. L. Borortoding.

z hemodialisa5 yes

Ini Informasi sebelum :

 

https://beritaadventtercepat.blogspot.co.id/2016/06/haemodialysis-unit-rsa-manado-segera.html

 

 

 

HAEMODIALYSIS UNIT RSA MANADO SEGERA BEROPERASI

Menjawab kebutuhan masyarakat Kota Manado dan Provinsi Sulawesi Utara pada umumnya akan layanan Uni Hemodialisis, maka Rumah Sakit Advent (RSA) Manado yang diarsiteki Direktur Dr. Jay Tombokan, MBA segera mengoperasikan Instalasi tersebut dalam waktu dekat, dibuktikan oleh kehadiran Prof. Dr. dr. Emma Sy Moeis Sp.PD-KGH, FINASIM selaku Ketua Perhimpunan Nefrologi Republik Indonesia (Pernefri) Cabang Sulawesi Utara, yang langsung melakukan survei dan observasi, pada Senin (27/6).

 

Kunjungan itu disaksikan langsung Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Manado Dr. Ventje Kawengian, Sp.PD (K). Rekomendasi adalah Unit Hemodialisis layak untuk melayani. Tampak hadir Wakil Direktur (Wadir) Umum dan Keuangan Mr. Herry Sumanti, MBA, Wadir Pelayanan Medis Dr. Alwin Langingi. Sukacita tampak melingkupi Kepala Unit Hemodialisis RSA Manado Dr. Merry R-Togalami dan Kepala Ruangan Ners. Astri Manoppo yang telah berjuang atas kepercayaan Manajemen dan Yayasan RSA Manado.

 

DARI RS ADVENT MANADO, WANITA INI IKUT JEJAK MANIS WADIRYANMED RS ADVENT BANDUNG

Dr. Charles Suoth adalah Wakil Direktur Bidang Pelayanan Medis (Yanmed) Rumah Sakit (RS) Advent Bandung yang mengalami banyak sekali kemajuan, tetap kompetitif dan berhasrat Lulus Paripurna untuk Program Akreditasi (sebagai bentuk kontrol mutu dan menjawab kebutuhan jasa kesehatan masyarakat). Sebelum berkiprah di struktural, alumni SMA Pioneer Manado itu, adalah Kepala Instalasi Hemodialisa (HD), sebagai tempat perawatan pasien yang butuh cuci darah – biasanya karena gangguan fungsi ginjal.

Kali ini, giliran RS Advent Manado yang bakal mengoperasikan Instalasi HD. Karenanya, pimpinan menugaskan Dr. Merry I. Togalami bersama dua tenaga Paramedis Astri Manoppo dan Jaqline Walandow mengikuti Pelatihan Dialisis Angkatan XXVI di RS Khusus Ginjal Ny. R. A. Habibie Bandung, yang bekerjasama dengan Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri). Jayalah RS Advent Manado.

 

 

ALL OF YOU MUST JOIN TOGETHER / DAPATKAN BERITA SERU & EXCLUSIVE LAINNYA HANYA DI GROUP FACEBOOK : BERITA ADVENT TERCEPAT DENGAN ALAMAT LINK  :

https://www.facebook.com/groups/BeritaAdventTercepat/

Or

Klik Like/Suka FANPAGE BAT :
https://www.facebook.com/Berita-Advent-Tercepat-BAT-852848894735856/

INFORMASI HEBAT DI : www.beritaadventtercepat.blogspot.co.id

 

 

 

Leave a Reply