Wanita Hamil Disarankan Tidak Melakukan Perjalanan ke Negara Asia Tenggara termasuk Indonesia karena Potensi Infeksi Virus Zika

A Cambodian health official shows a bottle containing mosquitoes caught for testing in efforts to stem any outbreak of the Zika virus in Phnom Penh on February 4, 2016. Cambodia health officials have been monitoring the Zika virus, although the country has not seen any cases so far. Neighbouring Thailand confirmed on February 2 that a man contracted the mosquito-borne infection, blamed for a surge in the number of brain-damaged babies in South America, while Indonesia has also reported a domestic case. AFP PHOTO / TANG CHHIN SOTHY / AFP / TANG CHHIN SOTHY        (Photo credit should read TANG CHHIN SOTHY/AFP/Getty Images)

Foto: Seorang pejabat kesehatan Kamboja menunjukkan botol yang berisi nyamuk tertangkap untuk pengujian dalam upaya untuk membendung setiap wabah virus Zika di Phnom Penh pada 4 Februari 2016.

Para pejabat kesehatan AS pada Kamis menyarankan wanita hamil untuk menghindari perjalanan yang tidak penting ke Asia Tenggara dan Maladewa karena potensi risiko infeksi Zika, yang dapat menyebabkan cacat lahir parah.

Centers for Disease Control (CDC) dikhususkan 11 negara di penasehat terbaru: Brunei, Burma (Myanmar), Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Maldives, Philippines, Thailand, Timor-Leste (Timor Timur) dan Vietnam.

tentang risiko potensial di Asia Tenggara sejauh ini hanya merekomendasikan menunda perjalanan yang tidak penting. CDC mengatakan wisatawan telah terinfeksi dengan virus di bagian Asia Tenggara, di mana Zika adalah endemik dan telah hadir selama bertahun-tahun. Banyak penduduk setempat diyakini kebal, meskipun wisatawan kemungkinan besar tidak.

“Wanita hamil bepergian ke Asia Tenggara bisa menjadi terinfeksi dengan virus Zika,” kata CDC. “Tingkat risiko ini tidak diketahui dan kemungkinan lebih rendah daripada di daerah di mana virus Zika baru saja diperkenalkan dan menyebar secara luas.”

Zika adalah penyakit terutama nyamuk, tetapi juga dapat menular seksual. Itu diidentifikasi di Brazil tahun lalu dan sejak menyebar secara global. Infeksi tidak selalu gejala, tetapi dapat menyebabkan demam yang mirip dengan demam berdarah. Infeksi Zika selama kehamilan dapat menyebabkan kelainan otak serius seperti microcephaly dan cacat lahir lainnya.

CDC telah menyarankan wanita hamil untuk menghindari hampir 60 negara atau wilayah di seluruh dunia karena penyebarannya yang cepat Zika ini.
sumber: time.com

Leave a Reply